Platform Penerbitan Digital: Kemudahan Akses dan Publikasi Buku Digital
DOI:
https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i2.5704Keywords:
platform penerbitan, buku digital, pelatihanAbstract
Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang buku digital, serta meningkatkan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk mengoptimalkan pemanfaatan buku digital dalam proses pembelajaran. Pelatihan buku digital telah menjadi sebuah kegiatan yang penting dalam konteks pengembangan pendidikan modern. Dalam era digital saat ini, buku digital telah menjadi alat pembelajaran yang inovatif dan efektif. Peserta kegiatan PkM ini adalah guru-guru SMK Avicenna Mandiri yang berjumlah 14 orang. Kegiatan PkM dilakukan dalam bentuk penyajian materi oleh narasumber dan pendampingan teknis bagi para peserta. Hasil kegiatan PkM ini menunjukkan bahwa peserta mengalami peningkatan pemahaman tentang konsep buku digital, keterampilan dalam menggunakan aplikasi penerbitan buku digital, dan peningkatan kemampuan dalam memanfaatkan buku digital dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, pelatihan buku digital memberikan landasan yang kuat bagi peserta untuk mengadopsi dan menerapkan buku digital dalam praktik pengajaran.
Downloads
References
Anwas, O. M. (2016). Model buku teks pelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 4(1), 17–32. https://118.98.226.30/index.php/jurnalkwangsan/article/view/32
Baro’ah, S. (2020). Kebijakan merdeka belajar sebagai strategi peningkatan mutu pendidikan. Jurnal Tawadhu, 4(1), 1063–1073. http://ejournal.iaiig.ac.id/index.php/TWD/article/view/225
Cahyaningtyas, A. P., Jupriyanto, J., Yustiana, S., & Kusumadewi, R. F. (2021). Online learning implementation training for teachers of sdn bangetayu kulon. International Journal of Community Service Learning, 5(1), 1-10.
Divayana, D. G. H., Suyasa, P. W. A., & Adiarta, A. (2018). Pelatihan pembuatan buku digital berbasis kvisoft flipbook maker bagi para guru di smk ti udayana. Abdimas Dewantara, 1(2), 31-44.
Handayani, D., Alperi, M., Ginting, S. M., & Rohiat, S. (2020, December). Pelatihan pembuatan buku digital kvisoft flipbook maker sebagai media pembelajaran bagi guru. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).
Harjono, H. S. (2018). Literasi digital: Prospek dan implikasinya dalam pembelajaran bahasa. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 8(1), 1-7.
Hidayat, M. T., Junaidi, T., & Effendi, D. I. (2020). Pelatihan blended learning melalui aplikasi mobile bagi guru smp pada masa pandemi covid-19. International Journal of Community Service Learning, 4(3), 200-208.
Jalal, F. (2007). Sertifikasi guru untuk mewujudkan pendidikan yang bermutu. Medan: Universitas Negeri Medan.
Junaidi, T., Hidayat, M. T., Effendi, D. I., Rizki, A., & Nuriana, N. (2022). Pelatihan pembuatan buku digital berbasis kvisoft flipbook maker sebagai media pembelajaran bagi guru smp. International Journal of Community Service Learning, 6(1), 78-86.
Limbong, T., & Simarmata, J. (2022). PKM: pelatihan pembuatan buku digital dan media pembelajaran berbasis multimedia pada smk negeri 1 pergetteng-getteng sengkut kabupaten pakpak bharat. ULEAD: Jurnal E-Pengabdian, 88-93.
Nilasari, S. (2020, May). Pendidikan di era revolusi industri 5.0 terhadap disiplin kerja guru. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.
Prabowo, A. B., & Rukiyah, R. (2020). Digitalisasi arsip foto indonesian visual art archive dalam rangka melestarikan arsip foto di indonesian visual art archive yogyakarta. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 8(2), 71-80.
Rahman, F. Y., Karyadiputra, E., Setiawan, A., & Purnomo, I. I. (2021). Pelatihan pembuatan media pembelajaran buku digital menggunakan flipbook pada sdit sullamul ‘ulum. ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 87-93.
Sudargini, Y., & Purwanto, A. (2020). Pendidikan pendekatan multikultural untuk membentuk karakter dan identitas nasional di era revolusi industri 4.0: a literature review. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 1(3), 299-305.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by GERVASI prior to the publication.