Pelatihan Penggunaan Liveworksheets Sebagai Salah Satu Media Pembelajaran Inovatif Bagi Guru Sekolah Menengah Kejuruan

Authors

  • Asih Miatun Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
  • Syafika Ulfah Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
  • Hikmatul Khusna Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i2.5728

Keywords:

inovatif, Liveworsheets, media, pembelajaran

Abstract

Salah satu media pembelajaran inovatif adalah e-LKPD. Penggunaan e-LKPD sebagai salah satu respon guru terhadap perkembangan teknologi. Tujuan kegiatan ini adalah untuk menambah wawasan, pengetahuan, dan keterampilan guru dalam menggunakan aplikasi e-LKPD khususnya aplikasi Liveworksheets. Bertempat di SMK Muhammadiyah 11 Jakarta, Program studi Pendidikan Matematika, FKIP, UHAMKA melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa pelatihan penggunaan Liveworsheets. Sebanyak 19 peserta mengikuti kegiatan pelatihan ini. Kegiatan pengabdian ini menggunakan metode ceramah, tanya jawab, dan pembelajaran langsung. Hasil dari kegiatan ini peserta sudah mempunyai akun Liveworksheets, dapat membuat grup kelas, menyusun e-LKPD, membuat workbook, dan men-dowload hasil pengerjaan e-LKPD siswa. Hasil angket kepuasan menunjukkan bahwa 50% peserta merasa puas dan 50% lainnya merasa sangat puas terhadap kebermanfaatan kegiatan, kepuasan pelaksanaan kegiatan oleh tim pengabdian, dan kepuasan penyampaian materi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariyanti, I., & Yunus, M. (2021). Pelatihan dan pendampingan guru smp dalam penyusunan lembar kerja peserta didik menggunakan liveworksheets. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(4), 1397–1407.

Bombang, V., Fayeldi, T., Ika, Y., & Pranyata, P. (2022). Pengembangan lkpd elektronik materi bangun ruang sisi datar menggunakan aplikasi live worksheet pada siswa kelas viii smp negeri 17 malang. Jurnal Terapan Sains & Teknologi , 4(1), 2022.

Endah, A. P., & Hidayat, S. (2022). Analisis kebutuhan e-lkpd berbasis hots bermuatan karakter. PEDADIDAKTIKA; Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), 175–185.

Fauzi, A., Rahmatih, A. N., Indraswati, D., & Sobri, M. (2021). Penggunaan situs liveworksheets untuk mengembangkan lkpd interaktif di sekolah dasar. Mitra Mahajana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 232–240. h

Fredlina, K. Q., Werthi, K. T., & Astuti, H. W. (2021). Literasi digital bagi pendidik indonesia dan implementasinya dalam proses pembelajaran pasca pandemi. Jurnal Abdi Masyarakat Saburai (JAMS), 2(2).

Fuada, S., & Fajriati, N. F. (2021). Pelatihan pembuatan modul interaktif menggunakan aplikasi Liveworksheet bagi guru di SDN Wiwitan Bandung. Community Empowerment, 6(11), 2010–2021.

Herlina, S., Istikomah, E., Yolanda, F., Rezeki, S., Amelia, S., & Widiati, I. (2021). Pelatihan desain lkpd dalam pembelajaran matematika terintegrasi karakter positif bagi guru-guru sekolah menengah/madrasah di pekanbaru. Community Education Engagement Journal, 2(2).

Maghfiroh, R. L., Zawawi, I., Suryanti, S., & Gresik, U. M. (2022). Pengembangan e-lkpd berbasis etnomatematika menggunakan aplikasi anyflip materi segiempat dan segitiga. DIDAKTIKA, 28(2).

Mahsunah, E. (2021). Pembelajaran bahasa inggris berbasis literasi digital pada masa pandemi covid-19. Qalamuna- Jurnal Pendiidkan, Sosial, Dan Agama, 13(2).

Nurbayani, A., Rahmawati, E., Inayah Nurfaujiah, I., Dinda Putriyanti, N., Fitria Fajriati, afni, Safira, Y., Ruswan, A., & Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, P. (2021). Sosialisasi Penggunaan aplikasi liveworksheets sebagai lkpd interaktif bagi guru-guru sd negeri 1 tegalmunjul purwakarta. IJOCSEE, 1(2), 126–133.

Nurulia, G. S., & Qomariah, N. (2022). Pengembangan e-lkpd berbasis learning cycle 5e materi sistem pencernaan untuk meningkatkan keterampilan proses terintegrasi peserta didik kelas xi smA. BIOEDU Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 11(2), 285–293.

Rusyada, H., & Nasir, M. (2022). Efektivitas penerapan hybrid learning pasca pandemi covid-19 di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 1714–1723.

Setiyanigrum, R. (2020). Penggunaan media pop up book untuk menghadapi pembelajaran era pascapandemi covid-19. Seminar Nasional Pascasarjana UNNES.

Susilawati, Asyiah, N., & Nur Iskandar, M. (2022). Pelatihan penyusunan lembar kerja peserta didik interaktif menggunakan aplikasi liveworksheet bagi guru sekolah dasar. Jurnal Warta LPM, 25(3), 388–396.

Gusteti, M. U., Martin, S. N., Indriani, N., Monalisa, R. S., Miftahurrisqi, U., & Permatasari, P. (2022). Peningkatan kompetensi guru dalam membuat media pembelajaran berbasis teknologi informasi di masa pandemi. PANRITA_ABDI Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2).

Yuzan, I. F., & Jahro, I. S. (2022). Pengembangan e-lkpd berbasis inkuiri terbimbing pada pokok bahasan ikatan kimia untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa. Ensiklopedia: Jurnal Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Saburai, 2(01), 54–65.

Zahroh, D. A., & Yuliani. (2021). The Development of scientific literacy based e-lkpd to train student’s critical thinking skills in growth and development materials. Bioedu: Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 10(3).

Downloads

Published

2023-08-01

How to Cite

Miatun, A., Ulfah, S., & Khusna, H. (2023). Pelatihan Penggunaan Liveworksheets Sebagai Salah Satu Media Pembelajaran Inovatif Bagi Guru Sekolah Menengah Kejuruan. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 975–984. https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i2.5728