Pelatihan Pembuatan Konten Tiktok bagi Guru PPKn sebagai Sumber Belajar Peserta Didik

Authors

  • Alfiandra Alfiandra
  • Emi Susanti Universitas Sriwijaya
  • Anang Manangsang
  • Rezki Adila
  • Okta Dameliza
  • Sidrotun Nauval

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i2.5925

Keywords:

pelatihan pembuatan konten, TikTok, sumber belajar

Abstract

Pembelajaran saat ini tidak lepas dari pengaruh teknologi yang membawa pendidikan dapat dipelajari dimanapun tidak hanya terpaku pada buku mata pelajaran. Tujuan dari pengabdian ini adalah memberikan pelatihan dan pendampingan kepada guru PPKn di SMA Srijaya Negara dalam  memanfaatkan TikTok sebagai sumber belajar. Metode dan bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah pelatihan, dengan teknik sosialisasi secara luring yang divariasikan dengan praktik langsung dan tanya jawab serta didemonstrasikan berupa produk video materi PPKn. Sasaran pengabdian ini yaitu dua orang guru PPKn SMA Srijaya Negara. Kegiatan ini memperoleh hasil bahwa guru yang sebelumnya belum bisa memanfaatkan TikTok sebagai sumber belajar, sudah mampu membuat konten yang menarik di TikTok. Dibuktikan dengan selama kurang lebih 3 minggu, guru telah membuat konten PPKn yang kreatif dan disukai oleh peserta didik. Konten yang dibuat oleh guru telah di tonton lebih dari 500 viewers dan telah dikomentari oleh peserta didik. Kegiatan pelatihan dan pendampingan yang dilaksanakan telah memberikan dampak cukup signifikan bagi guru mengenai pemanfaatan TikTok sebagai sumber belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Emi Susanti, Universitas Sriwijaya

Pendidikan Profesi Guru (PPG), FKIP, Universitas Sriwijaya

References

Dewi, D. (2017). Pengembangan bahan ajar e-book interaktif materi jurnal khusus akuntansi perusahaan dagang berbasis scientific approach sebagai sumber belajar alternatif kelas xi smk negeri 2 buduran sidoarjo. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 5(2).

Dilon, C. (2020). TikTok influences on teenagers and young adults students: The common usages of the application TikTok. American Scientific Research Journal for Engineering. Technology, and Sciences, 68(1), 132–142.

Dopo, F. B., & Ismaniati. (2016). Persepsi guru tentang digital natives, sumber belajar digital dan motivasi memanfaatkan sumber belajar digital. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 3(1), 13–24.

Handy, M. R. N., Sari, D. N., Syaharuddin, S., Putra, M. A. H., & Putro, H. P. N. (2022). Penguatan nilai nasionalisme dalam sejarah perjuangan alri divisi iv kalimantan selatan sebagai sumber belajar ips. Candrasangkala: Jurnal Pendidikan dan Sejarah, 8(1), 37-46.

Hutamy, E. T., Swartika, F., Alisyahbana, A. N. Q. A., Arisah, N., & Hasan, M. (2021). Persepsi peserta didik terhadap pemanfaatan tik tok sebagai media pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian 2021, 1(1),1270–1281.

Ningsih, S. (2020). Persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 7(2), 124–132.

Nurdiansyah, E., Chotimah, U., & Faisal, E. (2023). Pendampingan pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran bagi guru ppkn sma di kabupaten ogan komering ilir. Diseminasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 5(1), 1-8.

Rahardaya, A. K., & Irwansyah, I. (2021). Studi literatur penggunaan media sosial tiktok sebagai sarana literasi digital pada masa pandemi covid-19. Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Bisnis, 3(2), 308–319.

Setiadi, E. F., Azmi, A., & Indrawadi, J. (2019). Youtube Sebagai Sumber Belajar Generasi milenial. Journal of Civic Education, 2(4), 313–323.

Sunarti. (2020). Meningkatkan hasil belajar mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan (pkn) melalui metode team games tournament (tgt) pada siswa kelas xii ips 2 semester ganjil sma negeri 2 pasuruan tahun pelajaran 2018/2019. Jurnal Profesi dan Keahlian Guru, 1(2), 42–49.

Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi pendidikan abad 21 sebagai tuntutan pengembangan sumber daya manusia di era global. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2016, 1, 263–278.

Yuliana, D. (2017). Studi analisis ketersediaan sumber belajar pada mata pelajaran pendidikanan pancasila dan kewarganegaraan di smk n 2 karanganyar. Prosiding Seminar Nasional PPKn, 1–9.

Downloads

Published

2023-08-01

How to Cite

Alfiandra, A., Susanti, E., Manangsang, A., Adila, R., Dameliza, O., & Nauval, S. (2023). Pelatihan Pembuatan Konten Tiktok bagi Guru PPKn sebagai Sumber Belajar Peserta Didik. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 899–909. https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i2.5925