Pembinaan Dan Pembekalan Komunitas Muda-Mudi Menginspirasi (M3) dalam Melakukan Pengajaran kepada Anak Rumah Tahfidz Pinggiran
DOI:
https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i2.5926Keywords:
pembinaan, komunitas muda-mudi menginspirasi, pengajaranAbstract
Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan komunitas muda-mudi menginspirasi (M3) dalam melakukan pengajaran kepada anak rumah tahfidz pinggiran. Kegiatan ini dilakukan melalui lima tahapan yaitu: (1) menjalin hubungan kerja sama dengan komunitas M3; (2) melakukan observasi kegiatan belajar mengajar; (3) pelaksanaan pembinaan dan pembekalan; (4) pendampingan pembuatan media pembelajaran saat pembelajaran yang sesuai dengan tingkatan peserta didik; dan (5) pemantauan implementasi media dan pembelajaran berdiferensiasi serta melakukan evaluasi dan tindak lanjut. Sasaran kegiatan adalah komunitas M3 Evaluasi kegiatan dilakukan dengan menggunakan observasi meningkatkan keterampilan komunitas M3 dalam melakukan pengajaran kepada anak rumah tahfidz pinggiran. Hasil dari kegiatan proyek kepemimpinan ini menunjukkan bahwa: (1) terjadi peningkatan keterampilan komunitas M3 dilihat dari hasil observasi pada pertemuan pertama hingga kelima; dan (2) komunitas M3 sudah mampu membuat media dan menerapkan pembelajaran berdiferensiasi dengan menyesuaikan kebutuhan belajar peserta didik.
Downloads
References
Adawiyah, A. (2015). Implikasi pendidikan nonformal pada remaja. Equilibrium Pendidikan Sosiologi, IV(1), 1–8.
Arwandi, T. (2022). Strategi kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di man kepulauan selayar kabupaten kepulauan selayar. Disertasi tidak diterbitkan. Makasar: Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Setiyanti, S. W. (2012). Membangun kerja sama tim (kelompok). Jurnal STIE Semarang, 4 (3).
Diantoro, F., & Purwati, E. (2021). Upaya pencapaian tujuan pendidikan islam dalam pendidikan nasional dimasa pandemi covid-19. Islam, 2, 1–12.
Hajar, I., & Kharina, E. N. (2022). Peran pemuda karo dalam membangun komunitas belajar untuk memenuhi kebutuhan belajar anak usia 7-12 tahun di desa samura. Jendela PLS, 7(1), 24–40.
Kholik, E. N. (2021). Persiapan pendidikan menghadapi era merdeka belajar. Prosiding Seminar Nasional Manajemen Pendidikan, 2(1), 1299–1307.
Sunariati, R. (2022). Kolaboratif apresiatif: mengembangkan kompetensi it guru professional di era merdeka belajar. Seminar Nasional Pembelajaran Matematika, 106–117. https://proceedings.ums.ac.id
Susanti, E., Alfiandra, A., Ramadhan, A. R., Nuriyani, R., Dameliza, O., & Sari, Y. K. (2023). Optimalisasi pembelajaran berdiferensiasi konten dan proses pada perencanaan pembelajaran ppkn. Educatio, 18(1), 143-153.
Profil Pelajar Pancasila. (Online) (http://ditpsd.kemendikbud.go.id, diakses pada tanggal 10 Juni 2023)
Nada, A. A. R. (2021). Usaha pemberian layanan yang optimal guru bk pada masa pandemi covid-19 (Antologi Esai Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by GERVASI prior to the publication.