Pembinaan Dan Pembekalan Komunitas Muda-Mudi Menginspirasi (M3) dalam Melakukan Pengajaran kepada Anak Rumah Tahfidz Pinggiran

Penulis

  • Alfiandra Alfiandra
  • Mejika Adi Saputra
  • Yesi Kumala Sari Pendidikan Profesi Guru (PPG), FKIP, Universitas Sriwijaya
  • Indra Jaya
  • Ria Resti Fauzia
  • Dwi Ulfa Imaniar
  • Sukma Ningsih Eka Suci

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i2.5926

Kata Kunci:

pembinaan, komunitas muda-mudi menginspirasi, pengajaran

Abstrak

Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan komunitas muda-mudi menginspirasi (M3) dalam melakukan pengajaran kepada anak rumah tahfidz pinggiran. Kegiatan ini dilakukan melalui lima tahapan yaitu: (1) menjalin hubungan kerja sama dengan komunitas M3; (2) melakukan observasi kegiatan belajar mengajar; (3) pelaksanaan pembinaan dan pembekalan; (4) pendampingan pembuatan media pembelajaran saat pembelajaran yang sesuai dengan tingkatan peserta didik; dan (5) pemantauan implementasi media dan pembelajaran berdiferensiasi serta melakukan evaluasi dan tindak lanjut. Sasaran kegiatan adalah komunitas M3 Evaluasi kegiatan dilakukan dengan menggunakan observasi meningkatkan keterampilan komunitas M3 dalam melakukan pengajaran kepada anak rumah tahfidz pinggiran. Hasil dari kegiatan proyek kepemimpinan ini menunjukkan bahwa: (1) terjadi peningkatan keterampilan komunitas M3 dilihat dari hasil observasi pada pertemuan pertama hingga kelima; dan (2) komunitas M3 sudah mampu membuat media dan menerapkan pembelajaran berdiferensiasi dengan menyesuaikan kebutuhan belajar peserta didik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Adawiyah, A. (2015). Implikasi pendidikan nonformal pada remaja. Equilibrium Pendidikan Sosiologi, IV(1), 1–8.

Arwandi, T. (2022). Strategi kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di man kepulauan selayar kabupaten kepulauan selayar. Disertasi tidak diterbitkan. Makasar: Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Setiyanti, S. W. (2012). Membangun kerja sama tim (kelompok). Jurnal STIE Semarang, 4 (3).

Diantoro, F., & Purwati, E. (2021). Upaya pencapaian tujuan pendidikan islam dalam pendidikan nasional dimasa pandemi covid-19. Islam, 2, 1–12.

Hajar, I., & Kharina, E. N. (2022). Peran pemuda karo dalam membangun komunitas belajar untuk memenuhi kebutuhan belajar anak usia 7-12 tahun di desa samura. Jendela PLS, 7(1), 24–40.

Kholik, E. N. (2021). Persiapan pendidikan menghadapi era merdeka belajar. Prosiding Seminar Nasional Manajemen Pendidikan, 2(1), 1299–1307.

Sunariati, R. (2022). Kolaboratif apresiatif: mengembangkan kompetensi it guru professional di era merdeka belajar. Seminar Nasional Pembelajaran Matematika, 106–117. https://proceedings.ums.ac.id

Susanti, E., Alfiandra, A., Ramadhan, A. R., Nuriyani, R., Dameliza, O., & Sari, Y. K. (2023). Optimalisasi pembelajaran berdiferensiasi konten dan proses pada perencanaan pembelajaran ppkn. Educatio, 18(1), 143-153.

Profil Pelajar Pancasila. (Online) (http://ditpsd.kemendikbud.go.id, diakses pada tanggal 10 Juni 2023)

Nada, A. A. R. (2021). Usaha pemberian layanan yang optimal guru bk pada masa pandemi covid-19 (Antologi Esai Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia).

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-01

Cara Mengutip

Alfiandra, A., Saputra, M. A., Sari, Y. K., Jaya, I., Fauzia, R. R., Imaniar, D. U., & Suci, S. N. E. (2023). Pembinaan Dan Pembekalan Komunitas Muda-Mudi Menginspirasi (M3) dalam Melakukan Pengajaran kepada Anak Rumah Tahfidz Pinggiran. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 995–1007. https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i2.5926