Optimalisasi Tata Kelola Perpustakaan Masa Post Pandemi dalam Meningkatkan Sumber Informasi Madrasah Aliyah Negeri Kabupaten Bogor
DOI:
https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i2.5952Keywords:
tata kelola perpustakaan, pemasaran, digital perpustakaanAbstract
Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mendukung peningkatan akses sumber informasi pada masa post pandemi perpustakaan MAN se-Kabupaten Bogor. Adapun bentuk kegiatannya dengan melakukan FGD (Focus Group Discussion), pelatihan dan coaching (pendampingan) secara langsung maupun online dalam menerapkan sistem SLiMS. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa program pengabdian berlangsung dengan baik dan lancar. Program ini mampu memberi tambahan pengetahuan dan peningkatan akses sumber informasi pada masa post pandemi perpustakaan MAN se-Kabupaten Bogor dengan menggunakan aplikasi SLiMS sebesar 70% dan sebesar 30% mampu mendorong pustakawan untuk melakukan inovasi dalam pemasaran perpustakaan dengan memanfaatkan media sosial. Kelemahan dari pelatihan ini adalah peserta kurang puas karena waktu yang cukup singkat sehingga menghambat dalam menerapkan SLiMS pada perpustakaan.
Downloads
References
Azwar, M. (2013). Membangun sistem otomasi perpustakaan dengan senayan library management system (slims). Khizanah Al-Hikmah: Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan, 1(1), 19.
Cullinane, C., & Montacute, R. (2020). COVID-19 and social mobility impact brief # 1 : school closures. April, 1–11, (Online) (https://www.suttontrust.com/wp-content/uploads/2021/01/School-Shutdown-Covid-19.pdf).
Haq, R. S. I. F. A. A. U. (2006). Pengantar manajemen perpustakaan madrasah (Sudarnoto Abdul Hakim (ed.)). Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Igiriza, M., Fadhli, R., Adamy, Z., Ibrahim, C., & Diana, M. (2021). School library service challenges to support distance learning in the pandemic: Experiences from High School Libraries in Yogyakarta, Indonesia.
Indonesia. (2007). Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan, (Online), (https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/39968/uu-no-43-tahun-2007).
Joseph, T. (2011). Apps-the spirit of digital marketing 3.0. Jakarta: Elex Media Komputindo, 32.
Kamińska, A., Książczak-Gronowska, A., & Wiorogórska, Z. (2020). The use of information and communication technologies in academic libraries in a crisis situation. Zagadnienia Informacji Naukowej-Studia Informacyjne, 58(2A (116A)), 44-60.
Lasa H.S. (2009). Manajemen perpustakaan sekolah. Pinus Book Publisher.
Muliasari, A., Danim, S., & Anwar, S. (2018). Tata kelola perpustakaan sekolah di smp negeri 1 dan smp negeri 2 muara pinang. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 12(3).
Rahma, E. (2018). Akses dan layanan perpustakaan teori dan aplikasi. Prenada Media.
Sanjaya, R. J. (2009). Creative digital marketing. Elex Media Komputindo.
Sari, D. N., Suprayogi, M., & Azwar, M. (2021). Analysis of the technology acceptance model on the union catalog server based the senayan library management system within the library of the ministry of marine affairs and Fisheries of Indonesia. Library Philosophy and Practice, 2021, 1–18.
Syahdan, S., Ridwan, M. M., Ismaya, I., Aminullah, A. M., & Elihami, E. (2021). peranan perpustakaan dalam mendukung proses pembelajaran siswa madrasah aliyah ma’had manailil ulum pondok pesantren guppi samata. Maktabatun: Jurnal Perpustakaan dan Informasi, 1(2), 48–65.
Wijaya, A., Fathurrohman, Y. E., Sisca, S., Mathory, E. A. S., Ernanda, R., Purnomo, Y. J., ... & Hendra, H. (2021). Ilmu manajemen pemasaran: Analisis dan strategi. Yayasan Kita Menulis.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by GERVASI prior to the publication.