Optimalisasi Tata Kelola Perpustakaan Masa Post Pandemi dalam Meningkatkan Sumber Informasi Madrasah Aliyah Negeri Kabupaten Bogor

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i2.5952

Keywords:

tata kelola perpustakaan, pemasaran, digital perpustakaan

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mendukung peningkatan akses sumber informasi pada masa post pandemi perpustakaan MAN se-Kabupaten Bogor. Adapun bentuk kegiatannya dengan melakukan FGD (Focus Group Discussion), pelatihan dan coaching (pendampingan) secara langsung maupun online dalam menerapkan sistem SLiMS. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa program pengabdian berlangsung dengan baik dan lancar. Program ini mampu memberi tambahan pengetahuan dan peningkatan akses sumber informasi pada masa post pandemi perpustakaan MAN se-Kabupaten Bogor dengan menggunakan aplikasi SLiMS sebesar 70% dan sebesar 30% mampu mendorong pustakawan untuk melakukan inovasi dalam pemasaran perpustakaan dengan memanfaatkan media sosial. Kelemahan dari pelatihan ini adalah peserta kurang puas karena waktu yang cukup singkat sehingga menghambat dalam menerapkan SLiMS pada perpustakaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azwar, M. (2013). Membangun sistem otomasi perpustakaan dengan senayan library management system (slims). Khizanah Al-Hikmah: Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan, 1(1), 19.

Cullinane, C., & Montacute, R. (2020). COVID-19 and social mobility impact brief # 1 : school closures. April, 1–11, (Online) (https://www.suttontrust.com/wp-content/uploads/2021/01/School-Shutdown-Covid-19.pdf).

Haq, R. S. I. F. A. A. U. (2006). Pengantar manajemen perpustakaan madrasah (Sudarnoto Abdul Hakim (ed.)). Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Igiriza, M., Fadhli, R., Adamy, Z., Ibrahim, C., & Diana, M. (2021). School library service challenges to support distance learning in the pandemic: Experiences from High School Libraries in Yogyakarta, Indonesia.

Indonesia. (2007). Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan, (Online), (https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/39968/uu-no-43-tahun-2007).

Joseph, T. (2011). Apps-the spirit of digital marketing 3.0. Jakarta: Elex Media Komputindo, 32.

Kamińska, A., Książczak-Gronowska, A., & Wiorogórska, Z. (2020). The use of information and communication technologies in academic libraries in a crisis situation. Zagadnienia Informacji Naukowej-Studia Informacyjne, 58(2A (116A)), 44-60.

Lasa H.S. (2009). Manajemen perpustakaan sekolah. Pinus Book Publisher.

Muliasari, A., Danim, S., & Anwar, S. (2018). Tata kelola perpustakaan sekolah di smp negeri 1 dan smp negeri 2 muara pinang. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 12(3).

Rahma, E. (2018). Akses dan layanan perpustakaan teori dan aplikasi. Prenada Media.

Sanjaya, R. J. (2009). Creative digital marketing. Elex Media Komputindo.

Sari, D. N., Suprayogi, M., & Azwar, M. (2021). Analysis of the technology acceptance model on the union catalog server based the senayan library management system within the library of the ministry of marine affairs and Fisheries of Indonesia. Library Philosophy and Practice, 2021, 1–18.

Syahdan, S., Ridwan, M. M., Ismaya, I., Aminullah, A. M., & Elihami, E. (2021). peranan perpustakaan dalam mendukung proses pembelajaran siswa madrasah aliyah ma’had manailil ulum pondok pesantren guppi samata. Maktabatun: Jurnal Perpustakaan dan Informasi, 1(2), 48–65.

Wijaya, A., Fathurrohman, Y. E., Sisca, S., Mathory, E. A. S., Ernanda, R., Purnomo, Y. J., ... & Hendra, H. (2021). Ilmu manajemen pemasaran: Analisis dan strategi. Yayasan Kita Menulis.

Downloads

Published

2023-08-01

How to Cite

Munawwaroh, Z., Lolytasari, L., & Istiqoriyah, L. (2023). Optimalisasi Tata Kelola Perpustakaan Masa Post Pandemi dalam Meningkatkan Sumber Informasi Madrasah Aliyah Negeri Kabupaten Bogor. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 756–771. https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i2.5952