Penanaman Karakter Pada Siswa Melalui Pendidikan Karakter Berbasis Kartu Edukatif dan Teka Teki Silang

Authors

  • Ahbi Mahdianing Rum Universitas Pendidikan Indonesia http://orcid.org/0000-0003-3962-3240
  • Dwi Agusantia Universitas Pendidikan Indonesia
  • Freddy Prasetyo Universitas Pendidikan Indonesia
  • Imelda Verina Universitas Pendidikan Indonesia
  • Meicindy Jeny Klorina Universitas Pendidikan Indonesia
  • Bambang Avip Priatna Martadiputra Universitas Pendidikan Indonesia
  • Kusnandi Kusnandi Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i2.5982

Keywords:

kerja sama, pantang menyerah, pendidikan karakter, toleransi

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PkM) di Yayasan Daarul Husna Parongpong ini bertujuan untuk menanamkan pendidikan karakter kepada anak yang meliputi kerja sama, toleransi, dan pantang menyerah menggunakan kartu edukatif dan teka-teki silang (TTS). Materi yang disampaikan bertema NKRI dan Jawa Barat. Kegiatan ini dilaksanakan dalam tiga tahapan, yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Peserta dari kegiatan ini adalah 50 siswa sekolah dasar yang berada di Yayasan Daarul Husna Parongpong. Selama proses diskusi berlangsung, banyak anak yang mendapatkan informasi baru karena anak-anak saling bekerja sama untuk bertukar informasi. Anak-anak juga saling menghargai pendapat satu sama lain ketika terjadi perselisihan pendapat ketika mengerjakan TTS. Selain itu, anak-anak semangat berdiskusi untuk menentukan jawaban mana yang paling tepat untuk menjawab pertanyaan kuis karena anak-anak termotivasi untuk menjadi pemenang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cahyani, A. D., Lestari, P., & Martiana, A. (2019). Penguatan pendidikan karakter kerja keras pada anak melalui permainan tradisional engklek di dusun pule, tegalrandu, srumbung, magelang. Dimensia: Jurnal Kajian Sosiologi, 3(1), 47–60.

Dewi, L. S., & Lestari, S. (2022). Rumah belajar: sarana peningkatan motivasi belajar siswa. JCI Jurnal Cakrawala Ilmiah, 2(2). Retrieved from http://bajangjournal.com/index.php/JCI

Hidayat, A., Utami, I. S., Marasabessy, A. C., & Prastini, E. (2022). Implementasi pendidikan karakter melalui potensi peserta didik di sd swasta terpadu bina ilmu parung. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 195–203.

Ibrahim, A. R., & Susilo, S. V. (2019). Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe team games tournamen pada pembelajaran ips di sekolah dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 1397–1406.

Muhammad, F., & Yohana, Y. (2021). Peran kearifan lokal pada pendidikan karakter dimasa pandemi (suatu kajian studi literatur manajemen pendidikan & ilmu sosial). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 519–528.

Omeri, N., Negeri, S., & Makmur, A. (2015). Pentingnya pendidikan karakter dalam dunia pendidikan. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 9(3), 464-468.

Prabandari, I. R., & Fidesrinur. (2019). Meningkatkan kemampuan bekerjasama anak usia 5-6 tahun melalui metode bermain kooperatif. Jurnal AUDHI, 1(2), 96-105.

Santoso, M. P., Soetomo, D., & Cahyaningati, L. W. R. (2022). Paduan edukatif inspiratif aplikatif: bagimu indonesia kami mengabdi: menerapkan pancasila, bhinneka tunggal ika, uud’45 dan nkri bagi anak bangsa (first edition). Surabaya: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Petra Press Universitas Kristen Petra.

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi dan tujuan pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29-39.

Sukmawati, Jamaludin, Putri, W., Wanda, Fahril, Minarni, … Rahmayani, A. (2022). Pemanfaatan media ict “kahoot†sebagai inovasi media pembelajaran ppkn. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 770-777.

Wibowo, T. P. (2014). Perancangan permainan kartu edukatif untuk memperkenalkan sejarah dan pahlawan kemerdekaan indonesia pada anak usia 7-9 tahun. Jurnal DKV Adiwarna, 1(4), 1-13.

Downloads

Published

2023-08-01

How to Cite

Rum, A. M., Agusantia, D., Prasetyo, F., Verina, I., Klorina, M. J., Martadiputra, B. A. P., & Kusnandi, K. (2023). Penanaman Karakter Pada Siswa Melalui Pendidikan Karakter Berbasis Kartu Edukatif dan Teka Teki Silang. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 1028–1038. https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i2.5982