Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah

Authors

  • Ardiansyah Ardiansyah Universitas Negeri Gorontalo
  • Meyko Panigoro
  • Nurul Maulida Alwi

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i3.6036

Keywords:

Karya Tulis Ilmiah, Penelitian Tindakan Kelas

Abstract

Kegiatan pengabdian dilaksanakan untuk menjawab permasalahan yang dihadapi oleh para guru dalam menyusun karya tulis ilmiah. Kegiatan ini memberikan dampak hasil yang memuaskan atas pelaksanaan kegiatan pelatihan penulisan karya tulis ilmiah. Tujuan pengabadian ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman guru menyusun karya tulis ilmiah dalam bentuk penelitian tindakan kelas. Pengabdian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar 06 Popayato Barat, Kecamatan Popato Kabupaten Pahuwato dan diikuti oleh 30 guru. Metode pengabdian ini menggunakan metode ceramah, pelatihan, diskusi dan tanya jawab. Kegiatan pengabdian dimulai dengan tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Hasil posttest menunjukkan pencapaian pengetahuan peserta mengalami peningkatan sebesar 87,6%. Kegiatan pengabdian ini memberikan wawasan pengetahuan bagi guru-guru dalam menyusun karya tulis ilmiah khususnya penelitian tindakan kelas (PTK).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amrin, B., & Hidayat, A. G. (2022). Peran Guru IPS dalam Pembentukan Karakter Siswa melalui 4 Pilar Pendidikan di SDN Padende Kecamatan Donggo Kabupaten Bima. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(4), 1293–1299. https://doi.org/https://doi.org/10.54371/jiip.v5i4.561

Azizah, A. (2021). PENTINGNYA PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAGI GURU DALAM PEMBELAJARAN20210508. Jurnal Auladuna, 3(1), 15–22. https://doi.org/https://doi.org/10.36835/au.v3i1.475

Dariyanto, D., Suharjuddin, S., & Awiria, A. (2021). Pelatihan Pengembangan Kompetensi Pedagogik Guru Melalui Penelitian Tindakan Kelas di SDN Teluk Pucung I Kota Bekasi. Jurnal Ipmas, 1(2), 59–66.

Darmadi, H. (2015). TUGAS, PERAN, KOMPETENSI, DAN TANGGUNG JAWAB MENJADI GURU PROFESIONAL. Edukasi : Jurnal Pendidikan, 13(2), 161–174. https://doi.org/https://doi.org/10.31571/edukasi.v13i2.113

Ermiana, I., Hamdian Affandi, L., & Suliya Hangesti Mandra Kusuma, A. (2019). WORKSHOP IMPLEMENTASI PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) BERBASIS LESSON STUDY (LS) DI SD NEGERI 15 CAKRANEGARA. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 2(1), 2614–7947.

Fitria, H., Kristiawan, M., & Rahmat, N. (2019). UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU MELALUI PELATIHAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS. Abdimas Unwahas, 4(1), 14–25.

Kia, A. D. (2019). KAJIAN PEDAGOGIS TENTANG TANGGUNG JAWAB GURU PAK SECARA PROFESIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK. Jurnal Shanan, 3, 77–94.

Pratama, D. (2021). PROFESIONALITAS GURU MELALUI PENDEKATAN EMPAT PILAR PENDIDIKAN DALAM MENGEMBANGKAN NILAI-NILAI KARAKTER SISWA. Jurnal Paris Langkis, 1(2), 126–139. https://e-journal.upr.ac.id/index.php/parislangkis

Sukanti. (2008). MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU MELALUI PELAKSANAAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 6(1), 1–11. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpai.v6i1.1786

Susilowati, D. (2018). PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) SOLUSI ALTERNATIF PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN. Edunomika, 02(01), 26–48. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29040/jie.v2i01.175

SK Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No. 16 Tentang Jabatan Fungional Guru dan Angka Kreditnya.

Yustitia, V., Fanani, A., Kusmaharti, D., Rosidah, C. T., & Susiloningsih, W. (2020). PERENCANAAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAGI GURU SEKOLAH DASAR. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 33–37.

Downloads

Published

2023-12-01

How to Cite

Ardiansyah, A., Panigoro, M., & Alwi, N. M. (2023). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(3), 1111–1119. https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i3.6036