Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah
DOI:
https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i3.6036Keywords:
Karya Tulis Ilmiah, Penelitian Tindakan KelasAbstract
Kegiatan pengabdian dilaksanakan untuk menjawab permasalahan yang dihadapi oleh para guru dalam menyusun karya tulis ilmiah. Kegiatan ini memberikan dampak hasil yang memuaskan atas pelaksanaan kegiatan pelatihan penulisan karya tulis ilmiah. Tujuan pengabadian ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman guru menyusun karya tulis ilmiah dalam bentuk penelitian tindakan kelas. Pengabdian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar 06 Popayato Barat, Kecamatan Popato Kabupaten Pahuwato dan diikuti oleh 30 guru. Metode pengabdian ini menggunakan metode ceramah, pelatihan, diskusi dan tanya jawab. Kegiatan pengabdian dimulai dengan tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Hasil posttest menunjukkan pencapaian pengetahuan peserta mengalami peningkatan sebesar 87,6%. Kegiatan pengabdian ini memberikan wawasan pengetahuan bagi guru-guru dalam menyusun karya tulis ilmiah khususnya penelitian tindakan kelas (PTK).
Downloads
References
Amrin, B., & Hidayat, A. G. (2022). Peran Guru IPS dalam Pembentukan Karakter Siswa melalui 4 Pilar Pendidikan di SDN Padende Kecamatan Donggo Kabupaten Bima. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(4), 1293–1299. https://doi.org/https://doi.org/10.54371/jiip.v5i4.561
Azizah, A. (2021). PENTINGNYA PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAGI GURU DALAM PEMBELAJARAN20210508. Jurnal Auladuna, 3(1), 15–22. https://doi.org/https://doi.org/10.36835/au.v3i1.475
Dariyanto, D., Suharjuddin, S., & Awiria, A. (2021). Pelatihan Pengembangan Kompetensi Pedagogik Guru Melalui Penelitian Tindakan Kelas di SDN Teluk Pucung I Kota Bekasi. Jurnal Ipmas, 1(2), 59–66.
Darmadi, H. (2015). TUGAS, PERAN, KOMPETENSI, DAN TANGGUNG JAWAB MENJADI GURU PROFESIONAL. Edukasi : Jurnal Pendidikan, 13(2), 161–174. https://doi.org/https://doi.org/10.31571/edukasi.v13i2.113
Ermiana, I., Hamdian Affandi, L., & Suliya Hangesti Mandra Kusuma, A. (2019). WORKSHOP IMPLEMENTASI PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) BERBASIS LESSON STUDY (LS) DI SD NEGERI 15 CAKRANEGARA. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 2(1), 2614–7947.
Fitria, H., Kristiawan, M., & Rahmat, N. (2019). UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU MELALUI PELATIHAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS. Abdimas Unwahas, 4(1), 14–25.
Kia, A. D. (2019). KAJIAN PEDAGOGIS TENTANG TANGGUNG JAWAB GURU PAK SECARA PROFESIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK. Jurnal Shanan, 3, 77–94.
Pratama, D. (2021). PROFESIONALITAS GURU MELALUI PENDEKATAN EMPAT PILAR PENDIDIKAN DALAM MENGEMBANGKAN NILAI-NILAI KARAKTER SISWA. Jurnal Paris Langkis, 1(2), 126–139. https://e-journal.upr.ac.id/index.php/parislangkis
Sukanti. (2008). MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU MELALUI PELAKSANAAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 6(1), 1–11. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpai.v6i1.1786
Susilowati, D. (2018). PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) SOLUSI ALTERNATIF PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN. Edunomika, 02(01), 26–48. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29040/jie.v2i01.175
SK Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No. 16 Tentang Jabatan Fungional Guru dan Angka Kreditnya.
Yustitia, V., Fanani, A., Kusmaharti, D., Rosidah, C. T., & Susiloningsih, W. (2020). PERENCANAAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAGI GURU SEKOLAH DASAR. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 33–37.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ardiansyah Ardiansyah, Meyko Panigoro, Nurul Maulida Alwi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by GERVASI prior to the publication.