Pelatihan Pembuatan Ecoprint Hapazome untuk Siswa Madrasah Tsanawiyah

Authors

  • Zuni Mitasari Universitas Tribhuwana Tunggadewi
  • Yuswa Istikomayanti Universitas Tribhuwana Tunggadewi
  • Anis Samrotul Lathifah Universitas Tribhuwana Tunggadewi

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i3.6213

Keywords:

hapazome, STEAM, siswa

Abstract

Visi sekolah yaitu mewujudkan madrasah yang religius, humanis, dan berkemajuan dengan indikator berpikir kritis dan terbuka serta menguasai teknologi. Pembelajaran STEAM dapat menjadi salah satu alternatif untuk mengakomodasi ketercapaian indikator visi sekolah. Pembelajaran STEAM merupakan pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan lima bidang keahlian, yaitu science, technology, engineering, art, dan mathematics. Pembelajaran STEAM dapat diimplementasikan pada materi ecoprint. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini bertujuan untuk memberikan pelatihan ecoprint dengan teknik hapazome kepada siswa kelas VII MTs Muhammadiyah 1 Malang yang berjumlah 31 peserta pada tanggal 14 Juni 2023. Metode pengabdian yaitu memberikan pelatihan pembuatan ecoprint dengan teknik hapazome. Kegiatan pelatihan di MTs Muhammadiyah 1 Malang ini dilaksanakan melalui tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Kegiatan PKM ini dapat meningkatkan kemampuan dan pengetahuan siswa tentang pembuatan ecoprint dengan memanfaatkan bahan alam yang ada di lingkungan.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anizal, D.R. & Hartati, S. (2022). Penerapan PembelajaranBerbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, & Math) di Taman Kanak-kanan Hang Tuah. Padang. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 9(1): 33-45.

Arif, W. F., & Marsudi. (2019). Uji Coba Warna Daun Sirih Merah dengan Teknik Pounding dan Steam. Journal of Visual Languages & Computing, 7(2), 73–80. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/va/article/ view/29246

Asmara, D., A., & Meilani, S. (2020). Penerapan teknik ecoprint pada dedaunan. Jurnal Pengabdian Seni, 1(2), 16–26.

Fatmala, Y dan Hartati S. (2020). Pengaruh Membatik Ecoprint terhadap Perkembangan Kreativitas Seni Anak di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2): 1143-1155.

Fitinline. (2018). Cara Membuat Motif Pada Pakaian Dengan Teknik Hapazome. Retrieved from Fitinline: https://fitinline.com/article/read/ caramembuat-motifpada-pakaian-dengan-teknik-hapazome/

Flint, I. (2008). Eco coluor. Millers Point. Murdoch Books.

Hasmah, U. N. &. (2021). Penciptaan Tekstil Teknik Ecoprint Dengan Memanfaatkan Tumbuhan Lokal Gorontalo. Ilmu Seni, Karya, 23(1), 1–179.

Irdalisa, Ritonga, R.F., Elvianasti, M., Yarza, H.N. dan Hanum, E. (2023). Pelatihan Teknik Ecoprint sebagai Peluang Usaha Fashion yang Ramah Lingkungan bagi Ibu PKK Kelurahan Klapanunggal. Jurnal Pengabdian Masyarakat (Gervasi), 7(1): 12-22.

Kemendikbudristek. (2022). Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka. 1–37.

Kemdikbud. (2023). Kurikulum Merdeka. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/ kurikulum-merdeka/

Kharisma, V., & Septiana, U. (2019). Pelatihan Teknik Ecoprint untuk Guru PAUD. Prosiding: Seni, Teknologi, dan Masyarakat, 2, 183-187.

Octariza, S dan Mutmainah, S. (2021). Penerapan Ecoprint Menggunakan Teknik Pounding Pada Anak Sanggar Alang-Alang, Surabaya. Jurnal Seni Rupa, 9(2): 308-317.

Pancapalaga, W. (2022). Teknik Mordan dalam Pewarnaan Kulit Ecoprint (Vol. 1, Issue Juli).

Sardjono. 2010. Teknologi Pewarnaan Batik Zat Warna Alam. Yogyakarta: Balai Besar Kerajinan dan Batik.

Soffa, F. M., Pratama, H. Y., Saniyati, S. L., Yuginanda, A. S., & Tobia, M. I. (2023). Peningkatan Kreativitas Siswa dengan Pelatihan Pembuatan Tas Batik Ecoprint di SD Negeri Playen III. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 3(3), 921–930. https://doi.org/10.54082/jamsi.773

Susanto, N.C.A., Latief, M., Puspitasari, R.D., Bemis, R., dan Heriyanti. (2021). Pengenalan Ecoprint Guna Meningkatkan Keterampilan Siswa dalam Pemanfaatan Bahan Alam. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 4(1): 111-117.

Utami, S., Bayu, I., Ariesta, B., Ayu, N., & Dewi, P. (2022). Eco-Print Hapa Zome on Textiles As Antithesis Environmentally Unfriendly Textile Dyestuff. Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Karya Seni, 24(1), 2022. http://doi.org/10.26887/ekspresi.v24i1.1639http://creativecommons.org/licenses/by/4.0

Wirawan, B dan Alvin, M. (2019). Teknik Pewarnaan Alam Eco Print Daun Ubi dengan Penggunaan Fiksator Kapur, Tawas dan Tunjung. Jurnal Litbang Kota Pekalongan, Vol 17: 1-5.

Wulandari, S., & Ramadhan, B. G. (2023). Peningkatan Keterampilan Santri Melalui Kegiatan Pembuatan Batik Ecoprint Hapa Zome Media Totebag. Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni Dan Budaya, 5(2), 256–263. https://doi.org/10.30998/vh.v5i2.8224

Zulaikhah, S., Az-zahrah, N., Istiqomah, N., dan Irfiani, P. (2020). Kampanye Go Green Hapazome dari Gulma di Panti Pelayanan Sosial Anak Taruna Yodha Sukoharjo. National Conference PKM Center Sebelas Maret University. https://jurnal.uns.ac.id/pkmcenter/issue/view/3492

Downloads

Published

2023-12-02

How to Cite

Mitasari, Z., Istikomayanti, Y., & Lathifah, A. S. (2023). Pelatihan Pembuatan Ecoprint Hapazome untuk Siswa Madrasah Tsanawiyah. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(3), 1034–1043. https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i3.6213