Sosialisasi Pembelajaran Berbasis Augmented Reality (AR) bagi Guru Ilmu Pengetahuan Alam

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i3.6296

Keywords:

Augmented Reality (AR), Guru IPA, PCK, TPACK

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PkM) berupa sosialisasi pembelajaran IPA berbasis Augmented Reality (AR) bagi guru bertujuan untuk menambah pengetahuan guru terkait pembelajaran berbasis AR. Target kegiatan PkM ini antara lain: (1) diikuti oleh minimal 30 guru bidang IPA dan (2) memperoleh respon sangat baik dari peserta atas kegiatan yang telah dilakukan. Kegiatan PkM dilakukan selama 8 JP pada 11 Maret 2023 melalui Zoom meeting dengan jumlah peserta sebanyak 73 guru IPA. Metode PkM yaitu metode ceramah, diskusi dan tanya jawab. Materi-materi yang disajikan pada PkM tentang profesi guru, Pedagogical Content Knowledge (PCK) dan Technological Pedagogical Content and Knowledge (TPACK), serta materi dan tutorial pembuatan media AR. Setelah kegiatan, peserta diminta kesediaannya untuk mengisi angket respon. Hasil analisis angket respon menunjukkan sebagian besar guru setuju bahwa kegiatan ini membuat guru dapat lebih memahami materi tentang PCK, TPACK, dan pembelajaran berbasis AR. Respon guru berada pada kategori sangat baik dengan persentase sebesar 85%. Guru sangat tertarik mengikuti PkM dan berharap akan ada kegiatan pelatihan lanjutan. Berdasarkan hasil ini, dapat disimpulkan bahwa kegiatan PkM dapat memenuhi target dalam hal penambahan pengetahuan guru terkait pembelajaran berbasis AR.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmed, S., Shehata, M., & Hassanien, M. (2020). Emerging Faculty Needs for Enhancing Student Engagement on a Virtual Platform. MedEdPublish, 9, 75. https://doi.org/10.15694/mep.2020.000075.1

Alizkan, U., Wibowo, F. C., Sanjaya, L., Kurniawan, B. R., & Prahani, B. K. (2021). Trends of augmented reality in science learning: A review of the literature. Journal of Physics: Conference Series, 2019(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/2019/1/012060

Alsubaie, M. A. (2016). Teacher Involvement in Curriculum Development. Journal of Education and Practice, 7(9), 106–107.

Ariningsih, K. A. (2019). AUGMENTED REALITY DALAM MULTIMEDIA

PEMBELAJARAN. https://www.researchgate.net/publication/334362261

Bakri, F., Ambarwulan, D., & Muliyati, D. (2018). Pengembangan Buku Pembelajaran Yang Dilengkapi Augmented Reality Pada Pokok Bahasan Gelombang Bunyi Dan Optik. Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Fisika, 4(2). https://doi.org/10.30870/gravity.v4i2.4032

Efwinda, S., & Mannan, M. N. (2021). Technological pedagogical and content knowledge (TPACK) of prospective physics teachers in distance learning: Self-perception and video observation. Journal of Physics: Conference Series, 1806(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1806/1/012040

Efwinda, S., Qadar, R., Rananda, N., Mabrurah, F. F., & Setiyawan, R. (2021). Pelatihan Pembelajaran STEAM bagi Guru IPA SMP di Kalimantan Timur. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(4), 447. https://doi.org/10.20527/btjpm.v3i4.4074

Haryanto, E. V., Lubis, E. L., Saleh, A., Fujiati, & Lubis, N. I. (2019). Implementation of Augmented Reality of Android Based Animal Recognition using Marker Based Tracking Methods. Journal of Physics: Conference Series, 1361(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1361/1/012019

Hazliansyah. (2015). Augmented Reality Efektif Bantu Pengembangan Pelaku UKM.

Jan, H. (2017). Teacher of 21 st Century: Characteristics and Development. Research on Humanities and Social Sciences, 7(9), 1–6.

Jiang, S., Tatar, C., Huang, X., Sung, S. H., & Xie, C. (2022). Augmented Reality in Science Laboratories: Investigating High School Students' Navigation Patterns and Their Effects on Learning Performance. Journal of Educational Computing Research, 60(3), 777–803. https://doi.org/10.1177/07356331211038764

Johnson, D. (2017). The Role of Teachers in Motivating Students to Learn Davion Johnson. Journal of Graduate Studies in Education, 9(1), 46–49.

Marini, A., Nafisah, S., Sekaringtyas, T., Safitri, D., Lestari, I., Suntari, Y., Umasih, Sudrajat, A., & Iskandar, R. (2022). Mobile Augmented Reality Learning Media with Metaverse to Improve Student Learning Outcomes in Science Class. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 16(7), 99–115. https://doi.org/10.3991/ijim.v16i07.25727

Mashuri, S. (2023). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pembuatan Instrumen Evaluasi Online. 7(1), 1–11.

Maulana, I., Suryani, N., & Asrowi, A. (2019). Augmented Reality: Solusi Pembelajaran IPA di Era Revolusi Industri 4.0. Proceedings of The ICECRS, 2(1), 19–26. https://doi.org/10.21070/picecrs.v2i1.2399

Mustaqim, I., Pd, S. T., & Kurniawan, N. (n.d.). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY. http://journal.uny.ac.id/index.php/jee/

Putri, A. F., Hana, A., Siti, K. R., & Imam, G. (2019). Teacher Function in Class: A Literature Review. 382(Icet), 5–9. https://doi.org/10.2991/icet-19.2019.2

Rahmawati, A. Z., Haryanto, Z., & Sulaeman, N. F. (2021). Digital literacy of indonesian prospective physics teacher: Challenges beyond the pandemic. Journal of Physics: Conference Series, 2104(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/2104/1/012004

Rejekiningsih, T., Maulana, I., Budiarto, M. K., & Qodr, T. S. (2023). Android-based augmented reality in science learning for junior high schools: Preliminary study. International Journal of Evaluation and Research in Education, 12(2), 630–637. https://doi.org/10.11591/ijere.v12i2.23886

Sarwa, Simaremare, A., Hasibuan, N. I., & Priyadi, M. (2020). Teacher readiness in accommodating the TPACK framework to meet teacher competence the 21st Century. Journal of Physics: Conference Series, 1511(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1511/1/012041

Tiawan, Tamsir, A., Nugroho, E. A., & Kurnia, D. (2020). Webinar Penggunaan Moodle Sebagai Media E-Learning Untuk Guru-Guru Di Jawa Barat. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 500–505. https://doi.org/10.31949/jb.v1i4.418

Yanwastika Ariyana, R., Lestari, U., & Nurnawati, E. K. (n.d.). Nomor 2 Tahun 2022 Halaman 147-154 JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT Research & Learning in Faculty of Education. In ABDIRA (Vol. 2).

Downloads

Published

2023-12-03

How to Cite

Anggraeni, B., Efwinda, S., Haryanto, Z., Sholeh, M., & Armelia, A. (2023). Sosialisasi Pembelajaran Berbasis Augmented Reality (AR) bagi Guru Ilmu Pengetahuan Alam. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(3), 1066–1078. https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i3.6296