Peningkatan Pengetahuan Investasi di Pasar Modal pada Komunitas Muda Yasmin
DOI:
https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i3.6308Keywords:
School, Market, Capital, Share, Young GenerationAbstract
Investasi di pasar modal saat ini menunjukkan kecenderungan peningkatan pada anak muda di Indonesia. Namun, tak banyak yang memiliki pengetahuan yang memadai mengenai investasi pasar modal, bahkan banyak pula yang menganggap transaksi di pasar modal adalah sesuatu yang rumit dan membutuhkan modal yang besar. Untuk itu, kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada generasi muda mengenai mekanisme bertransaksi di pasar modal, analisis fundamental dan teknik yang harus dipahami dalam berinvestasi, serta mendorong untuk mulai bertransaksi langsung di pasar modal. Adapun metode yang digunakan adalah ceramah, diskusi, latihan, dan praktik langsung bekerja sama dengan perwakilan dari sekuritas. Sasaran dalam kegiatan ini adalah generasi muda, khususnya generasi Z dan milenial yang tergabung dalam komunitas bisnis. Terdapat peningkatan secara kognitif berdasarkan hasil evaluasi pre-test dan posttest yang dilakukan. Secara praktis, semua peserta juga sudah mampu praktik bertransaksi langsung di pasar modal. Perlu dikembangkan lebih lanjut kegiatan serupa pada berbagai elemen masyarakat untuk memperkenalkan secara luas investasi di pasar modal yang cermat dan bijak sehingga membuka peluang lain untuk mendapatkan keuntungan jangka panjang di luar sektor riil dan menghilangkan pemahaman di masyarakat mengenai kompleks dan rumitnya berinvestasi di pasar modal.
Downloads
References
Akhtar, F., & Das, N. (2019). Predictors of investment intention in Indian stock markets: Extending the theory of planned behaviour. International Journal of Bank Marketing, 37(1), 97–119. https://doi.org/10.1108/IJBM-08-2017-0167.
Fizriyani, W. 11 Januari, (2023). Gen z marak investasi saham, pertanda bagus kah?. Republika. Diakses dari https://rejogja.republika.co.id/berita/roakdj291/gen-z-marak-investasi-saham-pertanda-bagus-kah.
Hasanah, H. (2016). Teknik-teknik observasi. Jurnal at-Taqaddum, 8(1), 21-46.
Hetika, I. F., & Sari, Y. P. (2020). Meningkatkan kesadaran investasi bagi generasi milenial “SMK Muhammadiyah Lebaksiu.†Abdimas Unwahas, 5(1), 52–54.
Hidayat, W. W. Konsep dasar investasi dan pasar modal (1st ed.). Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.
Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. (2018). Profil generasi milenial Indonesia. Jakarta: Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.
Nilamsari, N. (2014). Memahami studi dokumen dalam penelitian kualitatif. Wacana, XIIII(2), 177-181.
Onasie, V., & Widoatmodjo, S. (2020). Niat investasi generasi milenial di pasar modal. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 2(2), 318. https://doi.org/10.24912/jmk.v2i2.7924.
Ramyakin, R. M., & Widyasari, A. 9 Juli, (2022). Didominasi milenial dan gen z, jumlah investor saham tembus 4 juta. Jakarta: KSEI. Diakses dari https://www.ksei.co.id/files/uploads/press_releases/press_file/id-id/208_berita_pers_didominasi_milenial_dan_gen_z_jumlah_investor_saham_tembus_4_juta_20220725182203.pdf.
Rijali, A. (2018). Analisis data kualitatif. Jurnal Alhadharah, 17(33), 81-95.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jeni Wulandari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by GERVASI prior to the publication.