Peningkatan Penguasaan Vocabulary dan Pronunciation dengan Media Game Happy Clothespin pada Siswa Kelas VI Sekolah Dasar

Authors

  • Naria Fitriani Politeknik Aceh https://orcid.org/0000-0002-7279-7755
  • Sabarniati Sabarniati Politeknik Aceh
  • Mislinawati Mislinawati Politeknik Aceh
  • Dewi Maya Sari Politeknik Aceh
  • Zaiturrahmi Zaiturrahmi Universitas Jabal Ghafur

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i3.6330

Keywords:

peningkatan vocabulary, pronunciation, game, “happy clothespin”.

Abstract

Penguasaan kosakata (vocabulary) serta pengucapan (pronunciation) yang benar merupakan hal yang cukup penting dalam pembelajaran Bahasa Inggris bagi pemula. Untuk meningkatkan motivasi peserta didik khususnya SD, media game dapat menjadi pilihan yang cermat, salah satunya yaitu happy clothespin game. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PkM) ini bertujuan untuk memudahkan siswa-siswi dalam memahami, mengingat, mengucapkan dan menggunakan kosakata Bahasa Inggris dengan benar. Partisipan PkM ini adalah seluruh siswa kelas VI-A dan VI-B SDN Lamreung, Aceh Besar. Sesuai dengan topik “My Breakfast”, kosakata yang diajarkan merupakan jenis-jenis makanan dan minuman. Metode PkM meliputi tiga tahap yaitu persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Hasil menunjukkan kemampuan penguasaan kosakata siswa-siswi SDN Lamreung meningkat berdasarkan tes lisan. Selain itu, motivasi belajar Bahasa Inggris para siswa meningkat karena game ini mudah dan menyenangkan sehingga kegiatan ini dapat menjadi bekal pengetahuan dan pengalaman untuk lebih baik dalam penguasaan bahasa inggris khususnya kosakata.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Naria Fitriani, Politeknik Aceh

english education

Sabarniati Sabarniati, Politeknik Aceh

Program Studi Teknologi Elektronika, Politeknik Aceh,

Mislinawati Mislinawati, Politeknik Aceh

Program Studi Akuntansi Sektor Publik, Politeknik Aceh

Dewi Maya Sari, Politeknik Aceh

Program Studi Akuntansi, Politeknik Aceh

Zaiturrahmi Zaiturrahmi, Universitas Jabal Ghafur

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Jabal Ghafur

References

Agung, I. G. A. M., Skolastika, I. M. P., Damayanti, N. L. P. T., & Wisanta, P. A. (2023). Peningkatan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Games Bagi Siswa SMA Negeri 1 Penebel. Madani : Indonesian Journal Of Civil Society, 5(1), 28–34. https://doi.org/10.35970/madani.v1i1.1705

Cesare Ardaya, A., Annisa Rahmadani, S., & Alfarisy, F. (2022). Penerapan Pembelajaran Bahasa Inggris Berdasarkan Kebijakan Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Negeri 155 Gresik. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(01), 25–33. https://doi.org/10.59141/japendi.v3i01.481

Fatima, W. Q., Khairunisa, L., Priatna, D. C., & Prihatminingtyas, B. (2019). Pembelajaran bahasa inggris melalui media game pada panti asuhan al maun di desa ngajum. Seminar Nasional Sistem Informasi, September, 1725–1739.

Rintaningrum, R. (2015). Bahasa Inggris Tidak Perlu Dihapus dari Kurikulum 2013 Sekolah Dasar. Proceeding Seminar Nasional ADPISI, October 2018, 1–10.

Rohimajaya, N. A., Hartono, R., Yuliasri, I., & Fitriati, W. (2022). Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka dalam Perkembangan Bahasa Inggris untuk SMA di Era Digital: Sebuah Analisis Konten. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 825–829.

Sahrawi, S., Hafis, M., Sari, D. S., Astuti, D. S., & Wiyanti, S. (2018). Pengajaran Kosakata Bahasa Inggris Menggunakan Games Untuk Menarik Minat Belajar Siswa Smp Awaluddin. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 166. https://doi.org/10.31571/gervasi.v2i2.1005

Siregar, A. G., Handini, F. D., Mauluddya, T., Laia, W., & Gultom, W. G. M. (2023). Penggunaan Game Bahasa Inggris untuk Meningkatkan Vocabulary Siswa 1 Abdi Parahita. Jurnal Pengabdian Masyarakat – Universitas Quality, 2(1), 1–9.

Sopiana, Salija, K., & Dollah, S. D. (2023). Efektifitas Permainan Bahasa Dalam Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas Satu di Sekolah Dasar. 3(3), 105–112.

Widyahening, C. E. ., & Sufa, F. . (2022). Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris dengan Media Bingo Game bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1135–1145. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1341

Downloads

Published

2023-12-16

How to Cite

Fitriani, N., Sabarniati, S., Mislinawati, M., Sari, D. M., & Zaiturrahmi, Z. (2023). Peningkatan Penguasaan Vocabulary dan Pronunciation dengan Media Game Happy Clothespin pada Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(3), 1231–1241. https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i3.6330