Peningkatan Penguasaan Vocabulary dan Pronunciation dengan Media Game Happy Clothespin pada Siswa Kelas VI Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i3.6330Keywords:
peningkatan vocabulary, pronunciation, game, “happy clothespinâ€.Abstract
Penguasaan kosakata (vocabulary) serta pengucapan (pronunciation) yang benar merupakan hal yang cukup penting dalam pembelajaran Bahasa Inggris bagi pemula. Untuk meningkatkan motivasi peserta didik khususnya SD, media game dapat menjadi pilihan yang cermat, salah satunya yaitu happy clothespin game. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PkM) ini bertujuan untuk memudahkan siswa-siswi dalam memahami, mengingat, mengucapkan dan menggunakan kosakata Bahasa Inggris dengan benar. Partisipan PkM ini adalah seluruh siswa kelas VI-A dan VI-B SDN Lamreung, Aceh Besar. Sesuai dengan topik “My Breakfast”, kosakata yang diajarkan merupakan jenis-jenis makanan dan minuman. Metode PkM meliputi tiga tahap yaitu persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Hasil menunjukkan kemampuan penguasaan kosakata siswa-siswi SDN Lamreung meningkat berdasarkan tes lisan. Selain itu, motivasi belajar Bahasa Inggris para siswa meningkat karena game ini mudah dan menyenangkan sehingga kegiatan ini dapat menjadi bekal pengetahuan dan pengalaman untuk lebih baik dalam penguasaan bahasa inggris khususnya kosakata.
Downloads
References
Agung, I. G. A. M., Skolastika, I. M. P., Damayanti, N. L. P. T., & Wisanta, P. A. (2023). Peningkatan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Games Bagi Siswa SMA Negeri 1 Penebel. Madani : Indonesian Journal Of Civil Society, 5(1), 28–34. https://doi.org/10.35970/madani.v1i1.1705
Cesare Ardaya, A., Annisa Rahmadani, S., & Alfarisy, F. (2022). Penerapan Pembelajaran Bahasa Inggris Berdasarkan Kebijakan Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Negeri 155 Gresik. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(01), 25–33. https://doi.org/10.59141/japendi.v3i01.481
Fatima, W. Q., Khairunisa, L., Priatna, D. C., & Prihatminingtyas, B. (2019). Pembelajaran bahasa inggris melalui media game pada panti asuhan al maun di desa ngajum. Seminar Nasional Sistem Informasi, September, 1725–1739.
Rintaningrum, R. (2015). Bahasa Inggris Tidak Perlu Dihapus dari Kurikulum 2013 Sekolah Dasar. Proceeding Seminar Nasional ADPISI, October 2018, 1–10.
Rohimajaya, N. A., Hartono, R., Yuliasri, I., & Fitriati, W. (2022). Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka dalam Perkembangan Bahasa Inggris untuk SMA di Era Digital: Sebuah Analisis Konten. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 825–829.
Sahrawi, S., Hafis, M., Sari, D. S., Astuti, D. S., & Wiyanti, S. (2018). Pengajaran Kosakata Bahasa Inggris Menggunakan Games Untuk Menarik Minat Belajar Siswa Smp Awaluddin. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 166. https://doi.org/10.31571/gervasi.v2i2.1005
Siregar, A. G., Handini, F. D., Mauluddya, T., Laia, W., & Gultom, W. G. M. (2023). Penggunaan Game Bahasa Inggris untuk Meningkatkan Vocabulary Siswa 1 Abdi Parahita. Jurnal Pengabdian Masyarakat – Universitas Quality, 2(1), 1–9.
Sopiana, Salija, K., & Dollah, S. D. (2023). Efektifitas Permainan Bahasa Dalam Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas Satu di Sekolah Dasar. 3(3), 105–112.
Widyahening, C. E. ., & Sufa, F. . (2022). Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris dengan Media Bingo Game bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1135–1145. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1341
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Naria - Fitriani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by GERVASI prior to the publication.