Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Alat Peraga Matematika bagi Kelompok Belajar
DOI:
https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i3.6361Keywords:
pelatihan, pendampingan, pembuatan, alat peragaAbstract
Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa (kelompok belajar) melalui perancangan dan penyediaan alat peraga matematika. Metode pelaksanaan kegiatan PkM ini berupa pelatihan dan pendampingan pembuatan alat peraga melalui empat tahapan kegiatan yaitu: perencanaan, tindakan, observasi serta evaluasi dan refleksi. Kegiatan pengabdian ini melibatkan pengelola Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Cendekiawan Soe dan kelompok belajar sebanyak 23 orang. Kegiatan pelatihan dan pendampingan ini mendapat respon yang sangat positif dari kelompok belajar yang ada. Hal ini ditandai dengan keterlibatan kelompok belajar dalam memproduksi alat peraga matematika. Alat peraga yang dihasilkan dalam kegiatan ini berupa: mistar hitung, papan logika, bangun datar dan bangun ruang pada materi geometri. Untuk mengukur tingkat kreativitas siswa diberikan kuesioner yang ditekankan pada ciri kreativitas itu sendiri berupa kelancaran, keluwesan, keaslian, penguraian dan perumusan kembali. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah meningkatnya kreativitas kelompok belajar di TBM Cendekiawan Soe dalam mempersiapkan media pembelajaran berupa alat peraga pada setiap jenjang pendidikan.
Downloads
References
Annisah, S. (2014). Alat Peraga Pembelajaran Matematika. Tarbawiyah, 11 (1): 1 – 15.
Ernalis. (2019). Upaya Meningkatkan Keterampilan Mengajar Guru Matematika SD dalam Merancang Pembelajaran Berbantuan Alat Peraga Melalui Bimbingan Berkelompok. Jurnal PAJAR, 3 (4): 847-858.
Kumala, S dkk. (2022). Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Alat Peraga Edukatif Pada Mata Pelajaran Fiqih di MI Plus Al Falah Sungai Lulut Banjarmasin Timur. Jurnal Vokasi. 6 9(3): 206 – 211.
Lestari, D. 2015. Penerapan Teori Bruner untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Simetri Lipat di Kelas IV SDN 02 Makmur Jaya Kabupaten Mamuju Utara. Jurnal Kreatif Tadulako, 3 (2): 129 – 41.
Riki, A dan Sutisna, A. (2020). Penggunaan Alat Peraga Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Lensa Pendas, 5 (2): 24-28.
Taneo, P. N. L., Daniel, F., & Bien, Y. I. (2018). Pendampingan Pembuatan dan Penerapan Alat Peraga Matematika bagi Guru SD Gugus II Kecamatan Amanuban Barat. Publikan: Jurnal Publikasi Pendidikan, 8 (3): 229 – 233.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Yusak I Bien, Urni Babys, Yabes Olbata, Imanuel Y Faot
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by GERVASI prior to the publication.