Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Alat Peraga Matematika bagi Kelompok Belajar

Authors

  • Yusak I Bien Institut Pendidikan Soe
  • Urni Babys Institut Pendidikan Soe
  • Yabes Olbata Institut Pendidikan Soe
  • Imanuel Y Faot Institut Pendidikan Soe

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i3.6361

Keywords:

pelatihan, pendampingan, pembuatan, alat peraga

Abstract

Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa (kelompok belajar) melalui perancangan dan penyediaan alat peraga matematika. Metode pelaksanaan kegiatan PkM ini berupa pelatihan dan pendampingan pembuatan alat peraga melalui empat tahapan kegiatan yaitu: perencanaan, tindakan, observasi serta evaluasi dan refleksi. Kegiatan pengabdian ini melibatkan pengelola Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Cendekiawan Soe dan kelompok belajar sebanyak 23 orang. Kegiatan pelatihan dan pendampingan ini mendapat respon yang sangat positif dari kelompok belajar yang ada. Hal ini ditandai dengan keterlibatan kelompok belajar dalam memproduksi alat peraga matematika. Alat peraga yang dihasilkan dalam kegiatan ini berupa: mistar hitung, papan logika, bangun datar dan bangun ruang pada materi geometri. Untuk mengukur tingkat kreativitas siswa diberikan kuesioner yang ditekankan pada ciri kreativitas itu sendiri berupa kelancaran, keluwesan, keaslian, penguraian dan perumusan kembali. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah meningkatnya kreativitas kelompok belajar di TBM Cendekiawan Soe dalam mempersiapkan media pembelajaran berupa alat peraga pada setiap jenjang pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Annisah, S. (2014). Alat Peraga Pembelajaran Matematika. Tarbawiyah, 11 (1): 1 – 15.

Ernalis. (2019). Upaya Meningkatkan Keterampilan Mengajar Guru Matematika SD dalam Merancang Pembelajaran Berbantuan Alat Peraga Melalui Bimbingan Berkelompok. Jurnal PAJAR, 3 (4): 847-858.

Kumala, S dkk. (2022). Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Alat Peraga Edukatif Pada Mata Pelajaran Fiqih di MI Plus Al Falah Sungai Lulut Banjarmasin Timur. Jurnal Vokasi. 6 9(3): 206 – 211.

Lestari, D. 2015. Penerapan Teori Bruner untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Simetri Lipat di Kelas IV SDN 02 Makmur Jaya Kabupaten Mamuju Utara. Jurnal Kreatif Tadulako, 3 (2): 129 – 41.

Riki, A dan Sutisna, A. (2020). Penggunaan Alat Peraga Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Lensa Pendas, 5 (2): 24-28.

Taneo, P. N. L., Daniel, F., & Bien, Y. I. (2018). Pendampingan Pembuatan dan Penerapan Alat Peraga Matematika bagi Guru SD Gugus II Kecamatan Amanuban Barat. Publikan: Jurnal Publikasi Pendidikan, 8 (3): 229 – 233.

Downloads

Published

2024-01-17

How to Cite

Bien, Y. I., Babys, U., Olbata, Y., & Faot, I. Y. (2024). Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Alat Peraga Matematika bagi Kelompok Belajar. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(3), 1418–1427. https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i3.6361