Pelatihan Pemanfaatan Laboratorium Virtual pada Musyawarah Guru Mata Pelajaran IPA di Kecamatan Katingan Hilir

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i3.6384

Keywords:

guru, laboratorium virtual, pelatihan, pembelajaran IPA

Abstract

Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk pelatihan dilatarbelakangi oleh kesulitan guru-guru IPA di Kecamatan Katingan Hilir dalam melaksanakan praktikum. Kendala utama melaksanakan praktikum disebabkan oleh keterbatasan peralatan laboratorium di sekolah. Tujuan kegiatan pelatihan adalah untuk meningkatkan keterampilan guru-guru IPA dalam memanfaatkan sekaligus merancang LKPD berbantuan laboratorium virtual. Sasaran kegiatan adalah 15 orang guru IPA jenjang SMP yang tergabung dalam MGMP IPA Kecamatan Katingan Hilir Kabupaten Katingan. Seluruh kegiatan pelatihan dipusatkan di SMPN 4 Katingan Hilir. Kegiatan pelatihan dilaksanakan selama dua kali pertemuan pada bulan Agustus 2023. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa kegiatan pelatihan dapat memberikan hasil yang positif bagi peserta. Hasil positif dari kegiatan pelatihan ditunjukkan dengan hasil penilaian akhir pada LKPD yang disusun peserta dengan rata-rata skor LKPD sebesar 92,5 dalam kategori sangat baik. Seluruh peserta memiliki kemampuan menggunakan laboratorium virtual pada beberapa topik-topik IPA dan melaporkan hasil praktiknya. Seluruh peserta pelatihan memberikan respon positif terhadap kegiatan pelatihan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdjul, T., Ntobuo, N.E., & Payu, C. (2019). Development of virtual laboratory-based of learning to improve physics learning outcomes of high school students. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 15(2), 97-106. DOI: 10.15294/jpfi.v15i2.12367

Abiasen, J.T, & Reyes, G.A. (2021). Computer simulation integration in secondary physics: Understanding its nature, impacts, and challenges. International Journal of Asian Education, 2(4), 480-492. https://doi.org/10.46966/ijae.v2i4.185

Banda, H.J., & Nzabahimana, J. (2021). Effect of integrating physics education technology simulations on students’ conceptual understanding in physics: A review of literature. Physical Review Physics Education Research, 17, 023108. DOI: 10.1103/PhysRevPhysEducRes.17.023108

Erinosho, S. Y. (2013). How do students perceive the difficulty of physics in secondary school? An exploratory study in Nigeria. International Journal for Cross-Disciplinary Subjects in Education, 3(3), 1510- 1515. 10.20533/ijcdse.2042.6364.2013.0212

Gunawan, Harjono, A., Sahidu, H., & Herayanti, L. (2017). Virtual laboratory of electricity concept to improve prospective physics teachers’ creativity. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 13(2), 102-111. DOI: 10.15294/jpfi.v13i2.10152

Hartanto, T.J., Dinata, P.A.C., Azizah, N., Qadariah, A., & Pratama, A. (2023). Students' science process skills and understanding on Ohm's law and direct current circuit through virtual laboratory based predict-observe-explain model. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 11(1), 113-128. https://doi.org/10.24815/jpsi.v11i1.27477

Hartanto, T.J. (2017). Pembelajaran IPA pada konsep kalor yang berorientasi doing science. Jurnal Fisika Indonesia, 21(2). 12-19. https://doi.org/10.22146/jfi.42201

Istiyono, E., Setiawan, R., & Harun. (2020). Pelatihan penyusunan instrumen tes dan analisisnya secara modern bagi guru-guru IPA SMP. Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA, 4(2), 102-108. https://doi.org/10.21831/jpmmp.v4i2.37499

Iswatun, Mosik & Subali, B. (2017). Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan KPS dan hasil belajar peserta didik SMP kelas VIII. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(2), 150-160. DOI: 10.21831/jipi.v3i2.14871

Karamustafaoğlu, S., & Mamlok-Naaman, R. (2015). Understanding electrochemistry concepts using the predict-observe-explain strategy. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 11(5), 923–936. https://doi.org/10.12973/eurasia.2015.1364a

Lederman, N. G., & Lederman, J. (2014). Research on teaching and learning of nature of science. In N. G. Lederman, & S. K. Abell (Eds.), Handbook of research on science education, volume II (pp. 600–620). New York: Routledge. https://doi.org/10.4324/9780203097267.ch30

Lutfi, A. & Sukarmin. (2019). Efektifitas pelatihan laboratorium virtual sebagai media pembelajaran bagi guru kimia. Edusains, 11 (2), 303-309. http://doi.org/10.15408/es.v11i2.11222

Marcelina, S., & Hartanto, T. J. (2021). Correcting students’ understanding about simple direct current (dc) circuits through scientific approach. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 7(2), 153-160. https://doi.org/10.21009/1.07207

Maulidah, S. S., & Prima, E. C. (2018). Using physics education technology as virtual laboratory in learning waves and sounds. Journal of Science Learning, 1(3), 116-121. https://doi.org/10.17509/jsl.v1i3.11797

Price, A.M., Perkins, K.K., Holmes, N.G., & Wieman, C.E. (2018). How and why do high school teachers use PhET interactive simulations? Paper presented Physics Education Research Conference 2018, Washington, D.C. DOI: 10.1119/perc.2018.pr.Price

Sinulingga, P., Hartanto, T. J., & Santoso, B. (2016). Implementasi Pembelajaran Fisika Berbantuan Media Simulasi PhET untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Listrik Dinamis. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 2(1), 57 - 64. https://doi.org/10.21009/1.02109

Smetana, L.K., & Bell, R.L (2012). Computer simulations to support science instruction and learning: A critical review of the literature. International Journal of Science Education, 34 (9), 1337-1370. https://doi.org/10.1080/09500693.2011.605182

Syam, Y. R., & Kurniasih, S. (2023). Kebutuhan Terhadap Laboratorium Virtual Berbasis Masalah pada Materi Sistem Peredaran Darah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 166–172. https://doi.org/10.23887/jipp.v7i1.57970

Wieman, C. E., Adams, W. K., Loeblein, P., & Perkins, K. K. (2010). Teaching physics using PhET simulations. The Physics Teacher, 48(4), 225–227. https://doi.org/10.1119/1.3361987

Wijaya, P.A., Widodo, A., & Muslim. (2021). Virtual experiment of simple pendulum to improve student’s conceptual understanding. Journal of Physics: Conference Series, 1806 012133. doi:10.1088/1742-6596/1806/1/012133

Downloads

Published

2023-12-03

How to Cite

Hartanto, T. J., Dinata, P. A. C., Haryono, A., Hermansyah, M. A., Hutahaean, S. D., & Suhartono, S. (2023). Pelatihan Pemanfaatan Laboratorium Virtual pada Musyawarah Guru Mata Pelajaran IPA di Kecamatan Katingan Hilir. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(3), 1079–1091. https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i3.6384