Pelatihan Pembuatan Media Evaluasi Daring untuk Penilaian Tengah Semester
DOI:
https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i3.6413Keywords:
Blended Learning, Google Form, Penilaian Tengah Semester (PTS)Abstract
Upaya dalam mengatasi kendala yang dihadapi oleh Sekolah Dasar Negeri (SDN) 105 Kendari dalam mengadopsi evaluasi daring yang efektif dan interaktif pasca-pandemi, sebuah kegiatan pengabdian masyarakat dilaksanakan. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam penilaian berbasis Google Form. Proses kegiatan melibatkan empat tahap, yaitu persiapan, pelaksanaan, evaluasi, dan umpan balik. Sebanyak 18 peserta dari Tim PKM terlibat aktif dalam mengembangkan media evaluasi daring berbasis Google Form, terutama untuk Penilaian Tengah Semester (PTS). Hasil dari kegiatan ini mendapat respons positif dari pihak sekolah, yang menganggapnya sebagai alternatif berpotensi untuk meningkatkan pembelajaran di era pasca-pandemi. Implikasi dari kegiatan PKM ini adalah memberikan kontribusi positif pada peningkatan kualitas pendidikan dengan menyediakan solusi inovatif dalam penggunaan teknologi evaluasi daring yang efektif dan interaktif.
Downloads
References
Amalia, D. Y., & Julia, J. (2022). Transisi Pendidikan Era New normal: Analisis Penerapan Blended Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 1618–1628.
Anjani, A., Fitriani, D., Kaputri, M. D., & Mahmudah, I. (2021). Efektivitas Penggunaan Google Form sebagai Media Evaluasi saat Penilaian Tengah Semester (PTS). E-Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Jurusan Tarbiyah FTIK IAIN Palangka Raya, 1(1).
Elfira, I., Syamsurizal, S., & Lufri, L. (2023). Systematic Literature Review: Efektivitas Penggunaan Google Form untuk Evaluasi Pembelajaran. MATHEMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 5(2), 93–109.
Elyas, A. H. (2018). Penggunaan model pembelajaran e-learning dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Warta Dharmawangsa, 56.
Hidayah, N. (2021). Manajemen Strategi Pembelajaran Berbasis ICT Di Masa New normal Pada Paud Abaca Laren Bumiayu Brebes. UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.
Kuntarto, E., & Asyhar, R. (2017). Pengembangan model pembelajaran blended learning pada aspek learning design dengan platform media sosial online sebagai pendukung perkuliahan mahasiswa. Repository Unja.
Kurniati, T., & Wiyani, N. A. (2022). Pembelajaran Berbasis information and communication technology pada era revolusi industri 4.0. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 182–192.
Melianti, E. O. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Linktree, Google form, dan Youtube Pada Materi Perkuliahan Gizi, Kesehatan dan Personality. JAVIT: Jurnal Vokasi Informatika, 116–123.
Safi’i, I., Sobri, S., Rukmana, M., & Tarmini, W. (2023). Menumbuhkan Literasi Menuju Masyarakat Cerdas: Pengabdian untuk Peningkatan Kesadaran dan Kompetensi Literasi. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 611–622.
Syazali, M., Iqoh, U., Mufty, V. F., & Rahmawati, Y. (2021). Auditory intellectually repetition learning model and trade a problem learning model on row and series algebraic material: The influences on numerical skills. Journal of Physics: Conference Series, 1796(1), 12104.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jayanti Yusmah Sari, Qammaddin Qammaddin, Suharsono Bantun
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by GERVASI prior to the publication.