Pelatihan Pembuatan Media Evaluasi Daring untuk Penilaian Tengah Semester

Authors

  • Jayanti Yusmah Sari Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Rasmiati Rasyid
  • Suharsono Bantun Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Fathur Rahman Rustan Universitas Sembilanbelas November Kolaka

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i3.6413

Keywords:

Blended Learning, Google Form, Penilaian Tengah Semester (PTS)

Abstract

Upaya dalam mengatasi kendala yang dihadapi oleh Sekolah Dasar Negeri (SDN) 105 Kendari dalam mengadopsi evaluasi daring yang efektif dan interaktif pasca-pandemi, sebuah kegiatan pengabdian masyarakat dilaksanakan. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam penilaian berbasis Google Form. Proses kegiatan melibatkan empat tahap, yaitu persiapan, pelaksanaan, evaluasi, dan umpan balik. Sebanyak 18 peserta dari Tim PKM terlibat aktif dalam mengembangkan media evaluasi daring berbasis Google Form, terutama untuk Penilaian Tengah Semester (PTS). Hasil dari kegiatan ini mendapat respons positif dari pihak sekolah, yang menganggapnya sebagai alternatif berpotensi untuk meningkatkan pembelajaran di era pasca-pandemi. Implikasi dari kegiatan PKM ini adalah memberikan kontribusi positif pada peningkatan kualitas pendidikan dengan menyediakan solusi inovatif dalam penggunaan teknologi evaluasi daring yang efektif dan interaktif.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Jayanti Yusmah Sari, Universitas Sembilanbelas November Kolaka

Fakultas Teknologi Informasi

Suharsono Bantun, Universitas Sembilanbelas November Kolaka

Fakultas Teknologi Informasi

Fathur Rahman Rustan, Universitas Sembilanbelas November Kolaka

Fakultas Sains dan Teknologi

References

Amalia, D. Y., & Julia, J. (2022). Transisi Pendidikan Era New normal: Analisis Penerapan Blended Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 1618–1628.

Anjani, A., Fitriani, D., Kaputri, M. D., & Mahmudah, I. (2021). Efektivitas Penggunaan Google Form sebagai Media Evaluasi saat Penilaian Tengah Semester (PTS). E-Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Jurusan Tarbiyah FTIK IAIN Palangka Raya, 1(1).

Elfira, I., Syamsurizal, S., & Lufri, L. (2023). Systematic Literature Review: Efektivitas Penggunaan Google Form untuk Evaluasi Pembelajaran. MATHEMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 5(2), 93–109.

Elyas, A. H. (2018). Penggunaan model pembelajaran e-learning dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Warta Dharmawangsa, 56.

Hidayah, N. (2021). Manajemen Strategi Pembelajaran Berbasis ICT Di Masa New normal Pada Paud Abaca Laren Bumiayu Brebes. UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

Kuntarto, E., & Asyhar, R. (2017). Pengembangan model pembelajaran blended learning pada aspek learning design dengan platform media sosial online sebagai pendukung perkuliahan mahasiswa. Repository Unja.

Kurniati, T., & Wiyani, N. A. (2022). Pembelajaran Berbasis information and communication technology pada era revolusi industri 4.0. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 182–192.

Melianti, E. O. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Linktree, Google form, dan Youtube Pada Materi Perkuliahan Gizi, Kesehatan dan Personality. JAVIT: Jurnal Vokasi Informatika, 116–123.

Safi’i, I., Sobri, S., Rukmana, M., & Tarmini, W. (2023). Menumbuhkan Literasi Menuju Masyarakat Cerdas: Pengabdian untuk Peningkatan Kesadaran dan Kompetensi Literasi. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 611–622.

Syazali, M., Iqoh, U., Mufty, V. F., & Rahmawati, Y. (2021). Auditory intellectually repetition learning model and trade a problem learning model on row and series algebraic material: The influences on numerical skills. Journal of Physics: Conference Series, 1796(1), 12104.

Downloads

Published

2023-12-02

How to Cite

Sari, J. Y., Rasyid, R., Bantun, S., & Rustan, F. R. (2023). Pelatihan Pembuatan Media Evaluasi Daring untuk Penilaian Tengah Semester. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(3), 1121–1033. https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i3.6413