Sosialisasi Pemanfaatan Artificial Intelligence kepada Siswa Sekolah Menengah Atas dalam Menghadapi Era Society 5.0
Keywords:
Artificial Intelligence, Era Society 5.0, TeknologiAbstract
Artificial Intelligence (AI) memiliki peran sentral dalam era society 5.0 yaitu konsep yang menggambarkan masyarakat yang terintegrasi secara sempurna dengan teknologi digital, di mana AI memainkan peran penting dalam meningkatkan kualitas hidup dan mencapai keberlanjutan sosial. Namun survei awal terhadap siswa SMA Swasta Sultan Agung bahwa hanya sekitar 18% siswa yang telah mengerti dan telah memanfaatkan teknologi AI. Pentingnya AI dalam mendukung era society 5.0 ini maka diadakan kegiatan sosialisasi. Tujuan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman siswa dalam pemanfaatan AI serta mampu mengadopsi dan memanfaatkan AI dalam berbagai aspek kehidupan dengan bijak dan sejalan dengan nilai-nilai kemanusiaan dalam mencapai tujuan keberlanjutan di era society 5.0. Sosialisasi dilakukan terhadap siswa kelas XII SMA Swasta Sultan Agung yang berjumlah 211 orang. Sosialisasi dilakukan pada tanggal 16 Maret 2023 di Aula Perguruan Sultan Agung. Pengabdian ini dilakukan melalui tahap persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Hasil dari pengabdian adalah 99% siswa mengenal dan memanfaatkan AI dalam kehidupan sehari-hari dalam mendukung kegiatan pembelajaran, siswa sangat puas terhadap pelaksanaan kegiatan sosialisasi karena membawa dampak positif dalam kehidupan mereka.
Downloads
References
Amartiwi, U. (2022). Pelatihan Artificial Intelligence for Social Impact untuk Mahasiswa Program Kampus Merdeka. Empowerment: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(6), 889–897.
Baihaqi, W.M., Sulistiyana, F. & Fadholi, A. (2021). Pengenalan Aritificial Intelligence untuk Siswa Dalam Menghadapi Dunia Kerja di Era Revolusi 4.0. Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 79–88.
Dumas, T. L., & Laux, J. M. (2013). Socialization and the Development of Knowledge. Review of General Psychology, 17(3), 237–249.
Ha, M. H., & Ahn, J. H. (2019). AI and Society 5.0: Implications and Challenges for Future Education. Journal of Educational Technology, 35(1), 1–25.
Husni, H. (2018). Strategi Persiapan Penyelenggaraan Seminar Nasional. Jurnal Teknologi Dan Sistem Komputer, 6(1), 1–7.
Kuhne, G. W., & Burt, C. D. B. (2018). Digital Literacy as an Enabler of Digital Citizenship. Educational Media International, 55(1), 1–14.
Lestari, E. & Sari, D. K. (2016). Persiapan Seminar Ilmiah: Suatu Kajian Terhadap Pelaksanaan Seminar di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(1), 105–114.
Margaryan, A., Littlejohn, A., & Vojt, G. (2011). Are Digital Natives a Myth or Reality?: University Students’ Use of Digital Technologies. Computers & Education, 56(2), 1–6.
Marwati, M. & Nurhayati, N. (2017). Persiapan Seminar Ilmiah: Peran dan Tanggung Jawab Panitia. Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 3(2), 154–160.
Nakamura, M., & Watanabe, C. (2019). Toward Society 5.0: Exploring Artificial Intelligence Applications for Sustainable Development Goals. Journal of Service Science Research, 11(1), 37–51.
Panetto, H., et al. (2018). Smart Services and Business Impact of AI in the Era of Society 5.0. IFIP International Conference on Advances in Production Management Systems, 441–449.
Rafiq, M. (2015). Training Evalution in an Organization using Kirkpatrick Model: A Case Study of PIA. Journal of Entrepreneurship & Organization Management, 4(3), 1–8.
Sasmito, G.W., Apriliani D. & Nishom, M. (2022). Studi Pengenalan Teknologi Aritificial Intelligence Bagi Guru dan Siswa SMK Nurul Islam Larangan. Jati Emas (Jurnal Aplikasi Teknik Dan Pengabdian Masyarakat), 6(1), 1–6.
Serdianus & Saputra T. (2023). Peran Artificial Intelligence ChatGPT dalam Perencanaan Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0. MASOKAN: Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 3(1), 1–18.
Setiawan, A & Luthfiyani, U. K. (2023). Penggunaan ChatGPT Untuk Pendidikan di Era Education 4.0: Usulan Inovasi Meningkatkan Keterampilan Menulis. Jurnal PETISI, 4(1), 49–58.
Suardipa, I.P. & Primayana, K. H. (2020). Peran Desain Evaluasi Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Widyacarya, 4(20), 88–100.
Usmaedi. (2021). Education Curriculum for Society 5.0 in the Next Decade. Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi, 4(2), 63–79.
Voogt, J., & Roblin, N. P. (2012). A Comparative Analysis of International Frameworks for 21st Century Competences: Implications for National Curriculum Policies. Journal of Curriculum Studies, 44(3), 299–321.
Widasari, E.R., dkk. (2023). Pelatihan Pengenalan dan Penerapan Teknologi Artificial Intelligence untuk Meningkatkan Kompetensi Guru SMK Negeri 5 Kota Malang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknologi Informasi Dan Informatika (DIMASLOKA), 2(1), 29–34.
Yulianti, Y. & Widodo, W. (2015). Pengelolaan Persiapan Seminar Nasional: Studi Kasus di Universitas Y. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis, 3(1), 1–12.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Sherly Sherly
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by GERVASI prior to the publication.