Lokakarya Desain Latihan Keterampilan Menyimak dan Menulis Bahasa Mandarin untuk Guru Sekolah Menengah Atas

Authors

  • Ayu Trihardini Universitas Negeri Jakarta
  • Susi Andriani Universitas Negeri Jakarta
  • Annisa Aulia Putri Universitas Negeri Jakarta
  • Aisyah Sekarwangi Universitas Negeri Jakarta
  • Latifa Hanum Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i3.6463

Keywords:

Desain latihan, keterampilan menyimak, keterampilan menulis, guru bahasa Mandarin SMA

Abstract

Seiring dengan kebutuhan penguasaan Bahasa Mandarin yang semakin tinggi, maka kebutuhan terhadap guru Bahasa Mandarin yang memiliki kompetensi keguruan juga semakin tinggi. Namun, faktanya jumlah guru Bahasa Mandarin yang berlatar belakang pendidikan keguruan masih terbatas. Untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru pada kompetensi assessment, Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin (PSPBM) Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menyelenggarakan kegiatan pengabdian pada masyarakat berbasis penelitian. Kegiatan telah diselenggarakan secara bertahap selama dua tahun berturut-turut. Tahun 2023 adalah lokakarya tahap kedua mengenai bentuk latihan keterampilan menyimak dan keterampilan menulis bahasa Mandarin. Kegiatan dihadiri 78 peserta yang terdiri dari guru Bahasa Mandarin di tingkat SMA sederajat serta calon guru Bahasa Mandarin dari berbagai daerah di Indonesia. Melalui kegiatan lokakarya peserta lokakarya mendapatkan pengetahuan mengenai tren bentuk latihan menyimak dan menulis Bahasa Mandarin. Selain itu, peserta lokakarya juga memperoleh ruang diskusi untuk berbagi informasi tentang bentuk-bentuk latihan menyimak dan menulis serta tantangan yang dihadapi guru di sekolah saat memberikan  latihan bahasa Mandarin tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amanda, G. (2021, October). 4 Bahasa Asing Paling Banyak Dicari di Dunia Kerja. Republika. Retrieved from https://news.republika.co.id/berita//r0dsul423/4-bahasa-asing-paling-banyak-dicari-di-dunia-kerja?

Chen, C. (2005). Duiwai Hanyu Jiaoxue Gailun. Shanghai: Fudan Daxue Chubanshe.

Cui, Y., & Yang, J. (2005). Hanyu Ketang Jiaoxue Jiqiao. Beijing: Beijing Yuyan Daxue Chubanshe.

Haryono, I. C. (2008, April 10). Hanyu Shuiping Kaoshi. Kompas.

Liu, R., & Hao, W. (2010). San Tao Chuji Hanyu Zongheke Jiaocai Lianxi Fangshi Kaocha. Journal of Educational Institute of Jilin Province, 26(11), 201–203.

Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Qu, W. (2017). Fazhan Hanyu Chuji Zonghe 1 Yufa Lianxi Sheji Yanjiu. Jilin Daxue.

Sutami, H. (2007). Kekhasan Pengajaran Bahasa Mandarin di Indonesia. Wacana, 9(2), 222–237.

Trihardini, A. (2017). Strategi Pengembangan Bahan Ajar Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin UNJ. In A. Ridho, Irsyad; Ismail, Subur; Supriyana (Ed.), Monograf II: Refleksi Standar Pembelajaran di Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta. Jakarta: Fakultas Bahasa dan Seni.

Trihardini, A., Andriani, S., Reswara, E. K., Aviani, A., & Putri, A. A. (2023). Lokakarya Desain Latihan Tata Bahasa, Keterampilan Berbicara, Membaca Bahasa Mandarin Guru SMA. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia, 5(2), 109–115. http://doi.org/http://dx.doi.org/10.36722/jpm.v5i2.1897

Yang, H. (2015). Duiwai Hanyu Jiaoxue Chuji Jieduan Kecheng Guifan. Beijing: Beijing Language and Culture University.

Zhao, J. (2008). Hanyu Keyi Zheyang Jiao: Yuyan Jineng Pian. Beijing: Shangwu Yinshuguan.

Downloads

Published

2023-12-02

How to Cite

Trihardini, A., Andriani, S., Putri, A. A., Sekarwangi, A., & Hanum, L. (2023). Lokakarya Desain Latihan Keterampilan Menyimak dan Menulis Bahasa Mandarin untuk Guru Sekolah Menengah Atas. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(3), 1092–1106. https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i3.6463