Lokakarya Desain Latihan Keterampilan Menyimak dan Menulis Bahasa Mandarin untuk Guru Sekolah Menengah Atas
DOI:
https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i3.6463Keywords:
Desain latihan, keterampilan menyimak, keterampilan menulis, guru bahasa Mandarin SMAAbstract
Seiring dengan kebutuhan penguasaan Bahasa Mandarin yang semakin tinggi, maka kebutuhan terhadap guru Bahasa Mandarin yang memiliki kompetensi keguruan juga semakin tinggi. Namun, faktanya jumlah guru Bahasa Mandarin yang berlatar belakang pendidikan keguruan masih terbatas. Untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru pada kompetensi assessment, Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin (PSPBM) Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menyelenggarakan kegiatan pengabdian pada masyarakat berbasis penelitian. Kegiatan telah diselenggarakan secara bertahap selama dua tahun berturut-turut. Tahun 2023 adalah lokakarya tahap kedua mengenai bentuk latihan keterampilan menyimak dan keterampilan menulis bahasa Mandarin. Kegiatan dihadiri 78 peserta yang terdiri dari guru Bahasa Mandarin di tingkat SMA sederajat serta calon guru Bahasa Mandarin dari berbagai daerah di Indonesia. Melalui kegiatan lokakarya peserta lokakarya mendapatkan pengetahuan mengenai tren bentuk latihan menyimak dan menulis Bahasa Mandarin. Selain itu, peserta lokakarya juga memperoleh ruang diskusi untuk berbagi informasi tentang bentuk-bentuk latihan menyimak dan menulis serta tantangan yang dihadapi guru di sekolah saat memberikan latihan bahasa Mandarin tersebut.
Downloads
References
Amanda, G. (2021, October). 4 Bahasa Asing Paling Banyak Dicari di Dunia Kerja. Republika. Retrieved from https://news.republika.co.id/berita//r0dsul423/4-bahasa-asing-paling-banyak-dicari-di-dunia-kerja?
Chen, C. (2005). Duiwai Hanyu Jiaoxue Gailun. Shanghai: Fudan Daxue Chubanshe.
Cui, Y., & Yang, J. (2005). Hanyu Ketang Jiaoxue Jiqiao. Beijing: Beijing Yuyan Daxue Chubanshe.
Haryono, I. C. (2008, April 10). Hanyu Shuiping Kaoshi. Kompas.
Liu, R., & Hao, W. (2010). San Tao Chuji Hanyu Zongheke Jiaocai Lianxi Fangshi Kaocha. Journal of Educational Institute of Jilin Province, 26(11), 201–203.
Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Qu, W. (2017). Fazhan Hanyu Chuji Zonghe 1 Yufa Lianxi Sheji Yanjiu. Jilin Daxue.
Sutami, H. (2007). Kekhasan Pengajaran Bahasa Mandarin di Indonesia. Wacana, 9(2), 222–237.
Trihardini, A. (2017). Strategi Pengembangan Bahan Ajar Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin UNJ. In A. Ridho, Irsyad; Ismail, Subur; Supriyana (Ed.), Monograf II: Refleksi Standar Pembelajaran di Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta. Jakarta: Fakultas Bahasa dan Seni.
Trihardini, A., Andriani, S., Reswara, E. K., Aviani, A., & Putri, A. A. (2023). Lokakarya Desain Latihan Tata Bahasa, Keterampilan Berbicara, Membaca Bahasa Mandarin Guru SMA. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia, 5(2), 109–115. http://doi.org/http://dx.doi.org/10.36722/jpm.v5i2.1897
Yang, H. (2015). Duiwai Hanyu Jiaoxue Chuji Jieduan Kecheng Guifan. Beijing: Beijing Language and Culture University.
Zhao, J. (2008). Hanyu Keyi Zheyang Jiao: Yuyan Jineng Pian. Beijing: Shangwu Yinshuguan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ayu Trihardini, Susi Andriani, Annisa Aulia Putri, Aisyah Sekarwangi, Latifa Hanum
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by GERVASI prior to the publication.