Pelatihan Sumber Daya Manusia Melalui Pendidikan dan Keterampilan dalam Pelaksanaan Kegiatan Gerakan Desa Membangun (GERDEMA)

Authors

  • Dwi Irnawati Universitas Bojonegoro
  • Nurul Cholifah Universitas Bojonegoro
  • Fera Nurlaila Safitri Universitas Bojonegoro

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i3.6489

Abstract

Tujuan dari pengabdian ini untuk meningkatkan pemahaman, pengetahuan, dan keterampilan bagi masyarakat maupun anak-anak setempat memahami pentingnya pendidikan dan keterampilan dalam pelaksanaan kegiatan Gerakan Desa Membangun (GERDERMA). Metode pengabdian diawali dengan observasi, kemudian sosialisasi, pendampingan, dan terakhir evaluasi menggunakan pre-test dan posttest. Pengabdian dilakukan melalui kegiatan optimalisasi gubuk milik Kepala Desa dengan menggunakan sistem GUBBER (Gubuk Bermain, Berkarya, & Belajar) dan pendampingan Usaha Kecil dan Menengah. Selain itu terdapat beberapa program kerja pendamping diantaranya yaitu berupa pembuatan papan gang dan peta rawan bencana, lingkungan bersih, posyandu balita & lansia serta event peringatan HUT RI. Mitra yang dilibatkan dalam pengabdian ini yaitu masyarakat di Desa Tengger Kecamatan Ngasem Kabupaten Bojonegoro. Hasil yang didapat dari pengabdian ini yaitu masyarakat setempat memiliki pengetahuan mengenai pentingnya pendidikan dan juga keterampilan dalam pelaksanaan kegiatan Gerakan Desa Membangun (GERDERMA) dengan adanya GUBBER, kemudian pemilik usaha kacang dan kerupuk telah memiliki sertifikat halal dan NIB, tersedia papan nama gang dan tercipta lingkungan yang bersih, serta adanya rutinitas posyandu balita dan lansia di Desa Tengger.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Dwi Irnawati, Universitas Bojonegoro

Manajemen Retail, Ekonomi, Universitas Bojonegoro

Nurul Cholifah, Universitas Bojonegoro

Ekonomi Pembangunan, Ekonomi, Universitas Bojonegoro

Fera Nurlaila Safitri, Universitas Bojonegoro

Ekonomi Pembangunan, Ekonomi, Universitas Bojonegoro

Downloads

Published

2023-12-05

How to Cite

Irnawati, D., Cholifah, N., & Safitri, F. N. (2023). Pelatihan Sumber Daya Manusia Melalui Pendidikan dan Keterampilan dalam Pelaksanaan Kegiatan Gerakan Desa Membangun (GERDEMA). GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(3), 1181–1191. https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i3.6489