PENDAMPINGAN PEMASARAN DIGITAL USAHA RUMAH TANGGA GERABAH DI DESA GENDANGAN MADURAN MELALUI PENGGUNAAN MARKETPLACE
DOI:
https://doi.org/10.31571/gervasi.v8i1.6527Keywords:
pemasaran digital, usaha rumah tangga, marketplaceAbstract
Gedangan Maduran merupakan sebuah desa yang memiliki usaha keluarga yang memproduksi gerabah tradisional. Permasalahan yang dihadapi oleh industri rumah tangga di Desa Gedangan muncul dari kurang maksimalnya penjualan dan perputaran permintaan serta cara pemasaran yang masih konvensional. Tujuan dari dukungan ini adalah: 1) memperluas pengetahuan tentang pendirian dan pengelolaan usaha ritel di pasar; dan 2) meningkatkan keterampilan dalam mengatur dan mengelola operasional penjualan di pasar. Tujuan dari layanan ini terdiri dari dua bagian: 1) pemahaman dan praktik langsung pembuatan akun di pasar bagi peserta perdagangan; 2) pemahaman langsung dan praktis dalam mengelola pemesanan produk pada akun. Pendekatan yang digunakan adalah Asset-Based Community Development (ABCD) yang meliputi lima fase: Definisi, Penemuan, Impian, Desain, dan Takdir. Hasil penelitian ini memungkinkan para pelaku industri lokal di Desa Gedangan memahami pemasaran digital, marketplace dan penjualan produk melalui marketplace. Mereka juga mempunyai peluang untuk menciptakan pasar, mempromosikan produknya di pasar dan meningkatkan penjualan gerabah.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 sholihul amri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by GERVASI prior to the publication.