PENDAMPINGAN PEMASARAN DIGITAL USAHA RUMAH TANGGA GERABAH DI DESA GENDANGAN MADURAN MELALUI PENGGUNAAN MARKETPLACE

Authors

  • Sholihul Amri universitas islam lamongan
  • Rio Rahma Dhana Universitas Islam Lamongan
  • M. Ghofar Rohman Universitas Islam Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v8i1.6527

Keywords:

pemasaran digital, usaha rumah tangga, marketplace

Abstract

Gedangan Maduran merupakan sebuah desa yang memiliki usaha keluarga yang memproduksi gerabah tradisional. Permasalahan yang dihadapi oleh industri rumah tangga di Desa Gedangan muncul dari kurang maksimalnya penjualan dan perputaran permintaan serta cara pemasaran yang masih konvensional. Tujuan dari dukungan ini adalah: 1) memperluas pengetahuan tentang pendirian dan pengelolaan usaha ritel di pasar; dan 2) meningkatkan keterampilan dalam mengatur dan mengelola operasional penjualan di pasar. Tujuan dari layanan ini terdiri dari dua bagian: 1) pemahaman dan praktik langsung pembuatan akun di pasar bagi peserta perdagangan; 2) pemahaman langsung dan praktis dalam mengelola pemesanan produk pada akun. Pendekatan yang digunakan adalah Asset-Based Community Development (ABCD) yang meliputi lima fase: Definisi, Penemuan, Impian, Desain, dan Takdir. Hasil penelitian ini memungkinkan para pelaku industri lokal di Desa Gedangan memahami pemasaran digital, marketplace dan penjualan produk melalui marketplace. Mereka juga mempunyai peluang untuk menciptakan pasar, mempromosikan produknya di pasar dan meningkatkan penjualan gerabah.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-07-24

How to Cite

Amri, S., Dhana, R. R., & Rohman, M. G. (2024). PENDAMPINGAN PEMASARAN DIGITAL USAHA RUMAH TANGGA GERABAH DI DESA GENDANGAN MADURAN MELALUI PENGGUNAAN MARKETPLACE . GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(1), 220–232. https://doi.org/10.31571/gervasi.v8i1.6527