Pelatihan Perancangan Artificial Intelligence: Chatbot bagi Guru-Guru Sekolah Dasar dalam Menghadapi Tantangan Era Digitalisasi
DOI:
https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i3.6580Keywords:
Artificial Intelligence, ChatRobot, PelatihanAbstract
Tujuan pengabdian kepada masyarakat (PkM) ini adalah untuk meningkatkan keterampilan guru-guru sekolah dasar dalam membuat dan mengembangkan media pembelajaran Chatbot. Mitra dalam PkM ini adalah SDN 011 Samarinda Kota. Pelatihan dilakukan selama tiga hari dimulai pada tanggal 13-15 September 2023.Tim pengabdian terdiri dari dua dosen dan enam mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan, mendampingi sebanyak 33 guru SDN 011 Samarinda Kota. Kegiatan terbagi menjadi tiga tahap yaitu persiapan, pelatihan, dan evaluasi. Pada tahap persiapan, tim berkomunikasi dengan sekolah mitra, menentukan kebutuhan, dan menerima daftar peserta. Pelaksanaan kegiatan melibatkan penyampaian materi oleh dua dosen, praktik, dan pendampingan desain media pembelajaran menggunakan chatbot. Evaluasi dilakukan terhadap hasil chatbot yang dibuat peserta dan melibatkan tanggapan dari peserta melalui kuesioner setelah pelatihan berakhir. Didapatkan hasil bahwa 84.8% peserta telah mampu membuat media pembelajaran chatbot berdasarkan materi pelatihan yang disiapkan oleh tim pengabdian. Hasil pengisian kuesioner dari peserta menunjukkan tingkat kepuasan berada pada rata-rata persentase 95.17 %. Dapat disimpulkan bahwa peserta mampu membuat chatbot dan merasa sangat puas dengan kegiatan pelatihan pembuatan media berbasis chatbot.
Downloads
References
Abilowo, K., Santoni, M. M., & Muliawati, A. (2020). Perancangan Chatbot Sebagai Pembelajaran Dasar Bahasa Jawa Menggunakan Artificial Intelligence Markup Language. Informatik: Jurnal Ilmu Komputer, 16(3), 139–147.
Al Darayseh, A. (2023). Acceptance of artificial intelligence in teaching science: Science teachers’ perspective. Computers and Education: Artificial Intelligence, 4(October 2017), 100132. https://doi.org/10.1016/j.caeai.2023.100132
Alifandra, D., & Wijirahayu, I. S. (2022). Pengenalan Chatbot Sebagai Media Pembelajaran Moderen Bagi Pelajar Di Lingkungan Masyarakat.
Anggreini, D., & Priyojadmiko, E. (2022). Peran Guru dalam Menghadapi Tantangan Implementasi Merdeka Belajar untuk Meningkatkan Pembelajaran Matematika pada Era Omricon dan Era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2022, 75–87.
Anshari, R., Akmam, A., & Octova, A. (2019). Upaya Peningkatan Kemampuan Guru Fisika SMK Sumatera Barat dalam Merancang Media Pembelajaran Non-Cetak Terintegrasi Pendekatan Saintifik. SEMESTA: Journal of Science Education and Teaching, 2(1), 19–25.
Ardini, P. P. (2021). Book Chapter : Pedagogi dalam Perspektif Pembelajaran di Era Society 5 . 0.
Budiarti, R. P. N., Rulyansah, A., Rihlah, J., Mardhotillah, R. R., & Nurfaiza, Y. I. (2023). Pelatihan Pembelajaran Aktif di Sekolah Dasar: Sebuah Experiential Learning sebagai Upaya Mewujudkan Potensi Pembelajaran Aktif. Indonesia Berdaya, 4(1), 77–84.
Chodzirin, M. (2016). Pemanfaatan Information and Communication Technology bagi Pengembangan Guru Madrasah Sub Urban. Dimas: Jurnal Pemikiran Agama untuk Pemberdayaan, 16(2), 309. https://doi.org/10.21580/dms.2016.162.1095
Cukurova, M., Khan-Galaria, M., Millán, E., & Luckin, R. (2022). A learning analytics approach to monitoring the quality of online one-to-one tutoring. Journal of Learning Analytics, 9(2), 105–120.
D’Mello, S., & Graesser, A. (2012). Dynamics of affective states during complex learning. Learning and Instruction, 22(2), 145–157.
Demirci, N., & Yavuz, G. (2009). The effect of constructive teaching approach on pupils’ science achievement in buoyancy force. e-Journal of. New World Sciences Academy, 4(2), 508–519.
Deveci Topal, A., Dilek Eren, C., & Kolburan Geçer, A. (2021a). Chatbot application in a 5th grade science course. Education and Information Technologies, 26(5), 6241–6265.
Deveci Topal, A., Dilek Eren, C., & Kolburan Geçer, A. (2021b). Chatbot application in a 5th grade science course. Education and Information Technologies, 26(5), 6241–6265. https://doi.org/10.1007/s10639-021-10627-8
Dewi, D. A., Julia, J., & Jonathan, C. (2022). Digital Training in Building Chatbot-based Online Learning Media : Action Research for Teachers in Semarang City through the " Train The Teachers " Training. 9(1), 188–208. https://doi.org/10.53400/mimbar-sd.v9i1.44460
Durall, E., & Kapros, E. (2020). Co-design for a competency self-assessment chatbot and survey in science education. Learning and Collaboration Technologies. Human and Technology Ecosystems: 7th International Conference, LCT 2020, Held as Part of the 22nd HCI International Conference, HCII 2020, Copenhagen, Denmark, July 19--24, 2020, Proceedings, Part II 22, 13–24.
Fryer, L., & Carpenter, R. (2006). Bots as language learning tools.
Gianvecchio, S., Xie, M., Wu, Z., & Wang, H. (2011). Humans and bots in internet chat: measurement, analysis, and automated classification. IEEE/ACM Transactions On Networking, 19(5), 1557–1571.
Grudin, J., & Jacques, R. (2019). Chatbots, humbots, and the quest for artificial general intelligence. Proceedings of the 2019 CHI conference on human factors in computing systems, 1–11.
Gültekin, M., Karadaug, R., & Yilmaz, F. (2007). Yapılandırmacılık ve ögretim uygulamalarına yansımaları (constructivism and its reflections to teaching applications). Anadolu University Journal of Social Sciences, 7(2).
Guntoro, G., Costaner, L., & Lisnawita, L. (2020). Aplikasi chatbot untuk layanan informasi dan akademik kampus berbasis artificial intelligence markup language (AIML). Digital Zone: Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 11(2), 291–300.
Haenilah, E. Y., Drupadi, R., & Syafrudin, U. (2023). Pelatihan Merancang Desain Pembelajaran Daring Berbasis Experiental Learning Bagi Guru Paud Di Bandar Lampung. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 8(1), 258–264.
Hébert, C., Jenson, J., & Terzopoulos, T. (2021). “Access to technology is the major challengeâ€: Teacher perspectives on barriers to DGBL in K-12 classrooms. E-Learning and Digital Media, 18(3), 307–324.
Hendra, H., & Rijal, A. S. (2022). Penggunaan Media Photography Essay Di MAN 1 Kota Gorontalo. Lamahu: Jurnal Pengabdian Masyarakat Terintegrasi, 1(1), 24–29.
Kaplan, A., & Haenlein, M. (2020). Rulers of the world, unite! The challenges and opportunities of artificial intelligence. Business Horizons, 63(1), 37–50.
Kim, N.-Y. (2019). A Study on the Use of Artificial Intelligence Chatbots for Improving English Grammar Skills. Journal of Digital Convergence, 17(8), 37–46. https://doi.org/10.14400/JDC.2019.17.8.037
Mawardi, V. C., Orlando, F., & Lie, N. N. (2022). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Percakapan Virtual Berbasis Android Untuk Siswa Kelas 1-5 SD Immanuel. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 5, 1–10.
Muhammad, A. F., & Adila, F. (2021). Pengembangan Chatbot Percakapan Bahasa Inggris Menggunakan Dialogflow. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika), 6(1), 25–37.
Munanda, A. (2019). Dunia Pendidikan Menuju Revolusi Industri 5.0. Retrieved Januari, 21, 2019.
Mursyida, L., Dewi, I. P., Lusiana, M., & Marta, R. (2019). Peningkatan Kemampuan Guru Sd Lubuk Alung Dalam Merancang Media Pembelajaran Audio Visual Melalui Aplikasi Camtasia dan Screen O Matic Bagi Guru-Guru Sd 0i Dan Sd 11 Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Pariaman. Journal of Community Service, 1(1), 113–118.
Nurhayati, S. (2018). Pengembangan Model Pelatihan Dengan Pendekatan Experiential Learning Untuk Meningkatkan Kompetensi Asesmen Pembelajaran Bagi Pendidik Paud Di Kota Cimahi. Universitas Pendidikan Indonesia.
Reznik, L. (2009). General Principles and Purposes of Computational Intelligence. Systems Science and Cybernetics-Volume III, 198.
Rifaid, R. (2023). Penerapan Kegiatan Mentoring untuk Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Merancang dan Menggunakan Media Pembelajaran di SMPN 2 Bolo Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 3(1), 40–56.
Sarosa, M., Kusumawardani, M., Suyono, A., & Sari, Z. (2020). Implementasi Chatbot Pembelajaran Bahasa Inggris menggunakan Media Sosial. JEPIN (Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika), 6(3), 317–322.
Stone, P., Brooks, R., Brynjolfsson, E., Calo, R., Etzioni, O., Hager, G., Hirschberg, J., Kalyanakrishnan, S., Kamar, E., Kraus, S., & others. (2022). Artificial intelligence and life in 2030: the one hundred year study on artificial intelligence. arXiv preprint arXiv:2211.06318.
Suhery, L., Asnur, H., Yunita, R., Arimadona, S., & others. (2020). The PELATIHAN PENINGKATAN KOMPETENSI GURU MTsN 1 KOTA PAYAKUMBUH DALAM PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TERINTEGRASI TIK. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 385–395.
Sulaiman, S. (2020). Pelatihan Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Membuat Media Pembelajaran. Jurnal Kependidikan Betara, 1(3), 116–123.
Suteddy, W., Muhammad, R., & Ardimansyah, M. I. (2022). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Online Interaktif Berbasis Chatbot Untuk Guru Sma/Smk Di Kota Bandung. 5(2). https://www.researchgate.net/publication/366190484
Taufik, M., Sutrio, S., Ayub, S., Sahidu, H., & Hikmawati, H. (2018). Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Web Kepada Guru Ipa Smp Kota Mataram. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 1(1). https://doi.org/10.29303/jppm.v1i1.490
Verleger, M., & Pembridge, J. (2018). A pilot study integrating an AI-driven chatbot in an introductory programming course. 2018 IEEE frontiers in education conference (FIE), 1–4.
Xia, Q., Chiu, T. K. F., Chai, C. S., & Xie, K. (2023). The mediating effects of needs satisfaction on the relationships between prior knowledge and self-regulated learning through artificial intelligence chatbot. British Journal of Educational Technology, January, 1–20. https://doi.org/10.1111/bjet.13305
Yuan, C. C., Li, C. H., & Peng, C. C. (2021). Development of mobile interactive courses based on an artificial intelligence chatbot on the communication software LINE. Interactive Learning Environments, 0(0), 1–15. https://doi.org/10.1080/10494820.2021.1937230
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rosita Haerani Putri Rahmi Haerani, Suhartini Erna, Julietta Tsuraya Puspa Rannie, Pramita Sylvia Dewi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by GERVASI prior to the publication.