PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA MELALUI PENGEMASAN PRODUK EKONOMI DI SMKN 1 BENGKAYANG
DOI:
https://doi.org/10.31571/gervasi.v8i1.6597Keywords:
Pengemasan Produk, Produk Ekonomi, Sumber Daya ManusiaAbstract
SMKN 1 Bengkayang terletak di Jalan Bukit Tinggi, Desa Sebalo, Kecamatan Bengkayang. Wilayah geografis di perbatasan Indonesia-Malaysia, memungkinkan siswa merasakan langsung produk antar negara. Tujaun dari pelaksanaan pengabdian di SMKN 1 Bengkayang adalah untuk memberikan pengembangan pengetahuan kepada siswa dalam melakukan pengemasan produk makanan yang dihasilkan oleh siswa. Proses kegiatan pengabdian dilakukan dalam tahapan observasi, penjadwalan, pelaksanaan dengan metode ceramah, dan evaluasi kegiatan. Pelaksanaannya diikuti oleh siswa kelas X dan kelas XI dengan total 33 siswa serta jumlah 3 kali pertemuan. Kesimpulannya bahwa siswa dapat melakukan pengemasan dan peyegelan produk yang dihasilkan di laboratorium memasak di SMKN 1 Bengkayang. Pengemasan yang baik menjadikan produk lebih mudah dan menarik saat dipasarkan dilingkungan sekolah atau untuk dipasarkan secara luas. Siswa dapat menjamin higienis produknya, kemasan juga dapat memastikan bahwa produk lain yang dipasarkan telah melalui proses yang baik.
Downloads
References
Ahmad, J., Bayu, H., M. Anggiri Jauzy, A., Baiq Yolanda Ika, A., Tapaul, R., & Eka S, P. (2021). Pendampingan Branding Packaging dan Digital Marketing pada Produk UMKM. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan Ipa, 4(3), 162–166.
Basri, I. Y., Faiza, D., Nasir, M., & Nasrun, N. (2019). Implementasi Pembelajaran Berbasis Produk Dalam Rangka Menyiapkan Lulusan SMK Menjadi Wirausahawan Muda. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 19(1), 43–52. https://doi.org/10.24036/invotek.v19i1.433
Cecilia, M., Suhargo, N., Adib, A., Suhartono, A. W., Petra, U. K., Visual, D. K., & Seni, F. (2014). Perancangan Redesain Kemasan dan Promosi Bagiak Pelangi Sari Sebagai Buah Tangan Khas Banyuwangi. Jurnal DKV Adiwarna, 1(4), 1–12.
Hasanah, H. (2017). Teknik-Teknik Observasi (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21–46. https://doi.org/10.21580/at.v8i1.1163
Joehastanti, J. (2012). Strategi Pemasaran Wisata Alam Untuk Meningkatkan Kunjungan Wisatawan di Kawasan Wisata Kabupaten Kediri. Jurnal Ilmu Manajemen, REVITALISASI, 1(2), 61–73.
Listya, A., & Rukiah, Y. (2018). Visual Branding Produk Belimbing Olahan Umkm Depok Melalui Desain Logo. Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain Dan Periklanan (Demandia), 03(02), 55–74. https://doi.org/10.25124/demandia.v3i02.1548
Lutfiyanto, & Ach. Hisyam Rizky Setiawan AB. (2022). Strategi Penjualan Produk Jajanan Lokal Berbahan Ubi Oleh Siswa Ma. Arrahmah Jadddung Pragaan Sumenep Dalam Mempengaruhi Minat Beli Konsumen Menghadapi Persaingan Produk Impor. Revenue : Jurnal Ekonomi Pembangunan Dan Ekonomi Islam, 5(01), 21–29. https://doi.org/10.56998/jr.v5i01.45
Purnasari, P. D., Didik Saputro, T. V., Silvester, & Sadewo, Y. D. (2023). Primary Teacher Working Group Assistance in the Indonesia-Malaysia Border Area to Design the Annual Work Program. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(3 SE-Articles), 636–643. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v7i3.14519
Puspita, R. M., Arini, A., & Masrurah, S. U. (2016). Pengembangan Aplikasi Penjadwalan Kegiatan Pelatihan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dengan Algoritma Genetika (Studi Kasus: Bprtik). Jurnal Online Informatika, 1(2), 76–81. https://doi.org/10.15575/join.v1i2.43
Putri, A. D., Permatasari, B., & Suwarni, E. (2023). Strategi Desain Kemasan Sebagai Upaya Peningkatan Daya Jual Produk Umkm Kelurahan Labuhan Dalam Bandarlampung. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 4(1), 119–123.
Sumiari, N. K., & Ambara, M. P. (2020). Pelatihan dan Penyuluhan Pemanfaatan Teknologi Informasi Untuk Peningkatan SDM pada Usaha Kopi Jelijih Punggang Tabanan. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 6(2), 97–104. https://doi.org/10.21107/pangabdhi.v6i2.7553
Suryana, S. (2018). Peran perguruan tinggi dalam pemberdayaan masyarakat. Jurnal Pendidikan Islam Rabbani, 2(2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Yeremia Niaga Atlantika, Winda Lidia Lumbantobing, Eligia Monixa Salfarini, Sabinus Beni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by GERVASI prior to the publication.