Peningkatan Daya Saing Usaha Kecil dan Menengah Produk Kuliner Kota Banjarmasin Melalui Pendampingan Digital Marketing
DOI:
https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i3.6622Abstract
Tiap daerah di Indonesia memiliki produk kuliner yang khas, dan umumnya didistribusikan langsung oleh produsennya. Meskipun pemerintah memberikan banyak dukungan, Usaha Kecil dan Menengah (UKM) masih menghadapi kesulitan untuk bertumbuh dan berkembang. Digitalisasi dunia bisnis menuntut UKM untuk beradaptasi dengan cepat, termasuk UKM kuliner lokal di Banjarmasin. Dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini, metode FGD, ceramah, dan pelatihan praktis oleh tenaga ahli di bidangnya dilakukan, agar mitra dapat langsung menerapkan strategi pemasaran digital. Kegiatan ini melibatkan 42 mitra. Adapun kontribusi aktivitas PKM ini adalah perluasan pemahaman mitra tentang praktik pemasaran produk yang berbeda. Promosi melalui media sosial dan pembuatan akun baru mencerminkan upaya promosi yang intensif, di mana UKM tidak hanya mengandalkan metode pemasaran tradisional. Secara praktis, kegiatan ini bermanfaat bagi mitra untuk meningkatkan pendapatan melalui strategi pemasaran yang lebih baik, eksistensi secara online yang lebih kuat, dan peningkatan pendapatan yang UKM mitra.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Hastin Umi Anisah, Wimby Wandary
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by GERVASI prior to the publication.