PEMAKAIAN MEDIA SCRABBLED DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOSAKATA KALIMAT DAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI

Authors

  • Sigit Widiyarto Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
  • Nia Damayanti Program Studi Teknik Informatika Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
  • Aster Pujaning Ati Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v1i1.663

Abstract

Pembelajaran bahasa Indonesia terus diupayakan kemutahirannya. Salah satunya dengan penganekaragaman media pembelajaran di kelas. Guru harus berani untuk mencoba dan mengembangkan media yang akan digunakan di kelas. Salah satu media yang sudah dikenal yaitu scrabbled. Scrabbled merupakan media olah kata dan bisa dibuat sebagai pemecah suasana di kelas agar tidak membosankan siswa. Cara yang digunakan dalam kegiatan pengabdian masyarakat di SMA Tugu Ibu Depok dengan pemberian media scrabbled di kelas X serta ceramah dan demonstrasi pemakian media tersebut. Hasilnya siswa lebih terpacu untuk membuat kata dan kalimat yang benar. Nilai rata- rata megalami  peningkatan sebesar 53 poin, pemakaian media lain yang dapat membantu peningkatan hasil belajar sangat penting. Pengembangan media yang sudah pernah dipakai juga sebagai altrnatif yang patut dicoba. Peran aktif semua pihak dapat membantu kemajuan pendidikan pada umumnya.

 

Kata Kunci: scrabbled, kosakata kalimat, keterampilan menulis narasi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-12-29

How to Cite

Widiyarto, S., Damayanti, N., & Ati, A. P. (2017). PEMAKAIAN MEDIA SCRABBLED DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOSAKATA KALIMAT DAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 71–77. https://doi.org/10.31571/gervasi.v1i1.663