PEMBELAJARAN MENYIMAK DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK WHISPERING GAME DI SMA TRIGUNA UTAMA

Authors

  • Hilma Safitri Universitas Pamulang
  • Dafitri Andri Universitas Pamulang
  • Salim Mustaqim Universitas Pamulang
  • Muhammad Ariq Universitas Pamulang
  • Garin Syahfarezi Universitas Pamulang
  • M Raka Prayoga Universitas Pamulang
  • Sendy Rycatily Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v8i1.7096

Abstract

Tujuan pelaksanaan PKM pada SMA Triguna Ciputat adalah mendapatkan pengalaman dalam pembelajaran menyimak dengan menggunakan permainan berbisik atau whispering game sehingga siswa termotivasi belajar keterampilan menyimak. Dua puluh enam orang siswa diminta untuk melakukan permainan dalam kelompok. Pelaksanaan kegiatan PKM di SMA Triguna Utama merupakan pelaksanaan atas dasar persetujuan antara pihak sekolah dan Universitas Pamulang (UNPAM). Proses kegiatan PKM meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap perencanaan dosen dan mahasiswa merencanakan kegiatan salah satunya adalah membuat perencanaan pembelajaran atau lesson plan. Pada tahap pelaksanan para siswa SMA diberi arahan dan aturan terkait proses pembelajaran dengan menggunakan teknik berbisik. Pada tahap evaluasi para siswa diberi pertanyaan yang perlu mereka jawab dengan cepat dan tepat.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Hilma Safitri, Universitas Pamulang

English Lecturer

Dafitri Andri, Universitas Pamulang

English Lecturer

Salim Mustaqim, Universitas Pamulang

Student

Muhammad Ariq, Universitas Pamulang

Student

Garin Syahfarezi, Universitas Pamulang

Student

M Raka Prayoga, Universitas Pamulang

Student

Sendy Rycatily, Universitas Pamulang

Student

Downloads

Published

2024-07-04

How to Cite

Hilma Safitri, Dafitri Andri, Salim Mustaqim, Muhammad Ariq, Garin Syahfarezi, M Raka Prayoga, & Sendy Rycatily. (2024). PEMBELAJARAN MENYIMAK DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK WHISPERING GAME DI SMA TRIGUNA UTAMA. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(1), 134–146. https://doi.org/10.31571/gervasi.v8i1.7096