STRATEGI PENINGKATAN KOMPETENSI BACA AL-QUR’AN DI YTPAI RAUDLATUL MUTA’ALLIMIN LAMONGAN

Authors

  • Muhammad Muslich Aljabbar UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Khobirul Amru Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v8i2.7539

Abstract

Pelaksanaan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi siswa dalam membaca Al-Qur’an dengan kurun waktu tiga bulan di YTPAI Raudlatul Muta’allimin Lamongan. Metode yang digunakan melibatkan kerja sama dengan mitra pendidikan dengan tahapan pengabdian; Pertama, Pertemuan 1 (Pengenalan, Persiapan, dan Perencanaan Program). Kedua, Pertemuan 2 (Implemestasi Program), Ketiga, Pertemuan 3 (Evaluasi). Keempat, Pertemuan 4 (Isigasah, Penutupan, dan Laporan). Kemudian untuk mengetahui ketercapaian target, teknik yang digunakan adalah pemantauan langsung selama tahap implemtasi program dan evaluasi berkala pada setiap pekannya. Hasil dari pengabdian menunjukan bahwa dua strategi yang digunakan untuk meningkatkan kompetensi siswa dalam membaca Al-Qur’an tergolong berhasil. Pertama, Akselerasi Kompetensi Baca Al-Qur’an memiliki tingkat keberhasilan tinggi di mana 110 dari 146 siswa yang mengikuti program ini dinyatakan lulus. Kedua, program Grup Tartil Raudlatul Muta’allimin tampil sukses di acara Haul Muassis dan Masyayikh ke-13 dengan membaca juz 30 surah al-Duha sampai al-Nas dan di acara Nuzulul Qur’an dengan membaca surah al-Kahfi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-09-04

How to Cite

Aljabbar, M. M., & Amru, K. (2024). STRATEGI PENINGKATAN KOMPETENSI BACA AL-QUR’AN DI YTPAI RAUDLATUL MUTA’ALLIMIN LAMONGAN. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(2), 376–388. https://doi.org/10.31571/gervasi.v8i2.7539