STRATEGI PENINGKATAN KOMPETENSI BACA AL-QUR’AN DI YTPAI RAUDLATUL MUTA’ALLIMIN LAMONGAN
DOI:
https://doi.org/10.31571/gervasi.v8i2.7539Abstract
Pelaksanaan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi siswa dalam membaca Al-Qur’an dengan kurun waktu tiga bulan di YTPAI Raudlatul Muta’allimin Lamongan. Metode yang digunakan melibatkan kerja sama dengan mitra pendidikan dengan tahapan pengabdian; Pertama, Pertemuan 1 (Pengenalan, Persiapan, dan Perencanaan Program). Kedua, Pertemuan 2 (Implemestasi Program), Ketiga, Pertemuan 3 (Evaluasi). Keempat, Pertemuan 4 (Isigasah, Penutupan, dan Laporan). Kemudian untuk mengetahui ketercapaian target, teknik yang digunakan adalah pemantauan langsung selama tahap implemtasi program dan evaluasi berkala pada setiap pekannya. Hasil dari pengabdian menunjukan bahwa dua strategi yang digunakan untuk meningkatkan kompetensi siswa dalam membaca Al-Qur’an tergolong berhasil. Pertama, Akselerasi Kompetensi Baca Al-Qur’an memiliki tingkat keberhasilan tinggi di mana 110 dari 146 siswa yang mengikuti program ini dinyatakan lulus. Kedua, program Grup Tartil Raudlatul Muta’allimin tampil sukses di acara Haul Muassis dan Masyayikh ke-13 dengan membaca juz 30 surah al-Duha sampai al-Nas dan di acara Nuzulul Qur’an dengan membaca surah al-Kahfi.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Muslich Aljabbar, Khobirul Amru
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by GERVASI prior to the publication.