PEMBERDAYAAN KELOMPOK KERJA GURU (KKG) GUGUS GAJAH MADA KECAMATAN BANDAR KABUPATEN BATANG SEBAGAI FASILITATOR PENDIDIKAN RAMAH ANAK

Authors

  • Sri Suciati Universitas PGRI Semarang
  • Senowarsito Senowarsito Universitas PGRI Semarang
  • Siti Musarokah Universitas PGRI Semarang
  • Fitri Yulianti Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v8i2.7542

Abstract

Program Kemitraan Masyarakat ini bertujuan untuk memberdayakan guru Gugus Gajah Mada Kecamatan Bandar Kabupaten Batang sebagai fasilitator sekolah ramah anak. Permasalahan yang dihadapi guru adalah kurangnya pemahaman guru terhadap konsep Sekolah Ramah Anak dan rendahnya peran guru sebagai fasilitator pendidikan   dalam mendukung terwujudnya sekolah ramah anak. Peserta pelatihan adalah guru yang tergabung dalam Kelompok Kerja Guru Gugus Gajah Mada Kecamatan bandar kabupaten Batang. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah sosialisasi pendidikan ramah anak, pelatihan pembelajaran partisipatif, dan pendampingan.  Ipteks yang ditransfer kepada mitra pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah pembelajaran ramah anak berbasis partisipatif dengan menerapkan 3Ps (Provisi, Proteksi dan Partisipasi). Luaran yang dihasilkan dari kegiatan ini, yaitu pemahaman guru terhadap pendidikan ramah dan implementasi pembelajaran partisipatif melalui penerapan 3Ps (Provisi, Proteksi dan Partisipasi) dalam proses pembelajaran meningkat secara signifikan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Sri Suciati, Universitas PGRI Semarang

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Senowarsito Senowarsito, Universitas PGRI Semarang

Pendidikan Bahasa Inggris

Fitri Yulianti, Universitas PGRI Semarang

Pendidikan Bahasa Inggris

Downloads

Published

2024-10-04

How to Cite

Suciati, S., Senowarsito, S., Musarokah, S., & Yulianti, F. (2024). PEMBERDAYAAN KELOMPOK KERJA GURU (KKG) GUGUS GAJAH MADA KECAMATAN BANDAR KABUPATEN BATANG SEBAGAI FASILITATOR PENDIDIKAN RAMAH ANAK. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(2), 537–546. https://doi.org/10.31571/gervasi.v8i2.7542