PENINGKATAN LITERASI DIGITAL UNTUK MENCEGAH PERUNDUNGAN DAN KEKERASAN SEKSUAL BAGI SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Mashud Syahroni Universitas Tidar
  • Ipung Hananto Universitas Tidar
  • Weni Anggraini Universitas Tidar

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v8i2.7580

Abstract

Tujuan pengabdian masyarakat untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran siswa sekolah dasar terkait literasi digital terutama dalam media sosial sehingga terhindar dari menjadi pelaku dan korban perundungan dan kekerasan seksual. Metode pelaksanaan yang diterapkan dalam program pengabdian ini mengacu pada pendekatan model pelatihan deduktif. Pelaksanaan kegiatan pengabdian meliputi 3 tahapan yaitu observasi dan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Kegiatan pelatihan diikuti 91 siswa sekolah dasar. Pelatihan dilakukan secara klasikal dengan pemberian materi melalui ceramah. Hasil pelatihan menunjukkan 67% peserta mendapatkan pemahaman baru dan lebih mendalam terkait penggunaan media sosial yang baik, bentuk bentuk perundungan dan kekerasan seksual di kehidupan nyata dan siber. Harapan dari pelatihan, siswa dapat mencegah menjadi pelaku maupun menjadi korban dari perundungan dan kekerasan seksual baik di lingkungan sekolah maupun lingkungan masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-09-04

How to Cite

Syahroni, M., Hananto, I., & Anggraini, W. (2024). PENINGKATAN LITERASI DIGITAL UNTUK MENCEGAH PERUNDUNGAN DAN KEKERASAN SEKSUAL BAGI SISWA SEKOLAH DASAR. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(2), 389–400. https://doi.org/10.31571/gervasi.v8i2.7580