PELATIHAN KETERAMPILAN DASAR LABORATORIUM KIMIA UNTUK SISWA SMA NEGERI 5 KOTA TERNATE

Authors

  • Nurfatimah Sugrah Universitas Khairun
  • Khadijah Universitas Khairun
  • Khusna Arif Rakhman Universitas Khairun
  • Linda Kurnia Mustafa Universitas Khairun

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v8i2.7625

Abstract

Pembelajaran praktikum adalah bagian penting dalam pembelajaran kimia karena dengan praktikum siswa juga mempelajari pengetahuan teoritis melalui aplikasi dengan berbagai alat dan mereka memperoleh pengalaman praktis. Pengetahuan keterampilan laboratorium kimia siswa SMA di Kota Ternate berada pada kategori rendah, sehingga dibutuhkan pelatihan untuk meningkatkan keterampilan laboratorium siswa. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan dasar laboratorium siswa dalam menimbang, memipet, menyiapkan larutan, mengukur pH, keselamatan laboratorium, dan melakukan penyaringan serta memberikan pengetahuan kepada siswa dalam hal mengenali, mengidentifikasi, dan mengatur penggunaan peralatan laboratorium. Metode yang dilakukan adalah pelatihan dan pendampingan.   Peserta PKM adalah siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 5 Kota Ternate yang berjumlah 32 orang. Bentuk evaluasi yang dilakukan untuk mengukur keterampilan laboratorium adalah dalam bentuk observasi. Hasil pengabdian menunjukkan rata-rata keterampilan laboratorium siswa sebesar 82% berada dalam kategiri baik. Sehingga melalui pengabdian ini ada peningkatan keterampilan laboratorium siswa dari kategori rendah menjadi kategori baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-09-04

How to Cite

Sugrah, N., Khadijah, Khusna Arif Rakhman, & Linda Kurnia Mustafa. (2024). PELATIHAN KETERAMPILAN DASAR LABORATORIUM KIMIA UNTUK SISWA SMA NEGERI 5 KOTA TERNATE. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(2), 425–435. https://doi.org/10.31571/gervasi.v8i2.7625