PENDAMPINGAN KURIKULUM PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI UNIVERSITAS MULAWARMAN

Authors

  • Febry Maghfirah Universitas Mulawarman
  • Heny Djoehaeni Universitas Pendidikan Indonesia
  • Wilda Isna Kartika Universitas Mulawarman
  • Ayu Aprilia Pangestu Putri Universitas Mulawarman
  • Malpaleni Satriana Universitas Mulawarman
  • Adharina Dian Pertiwi Universitas Mulawarman
  • Hasbi Sjamsir Universitas Mulawarman
  • Tri Wahyuningsih Universitas Mulawarman
  • Evie Palenewen Universitas Mulawarman
  • Fachrul Rozie Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v8i2.7709

Abstract

Kurikulum adalah salah satu komponen penting dari program studi perguruan tinggi. Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat (PkM) ini adalah untuk mendampingi pengembangan dan pemutakhiran kurikulum program studi pendidikan guru pendidikan anak usia dini universitas mulawarman. Program PkM dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, dengan metode daring dan luring. Peserta PkM merupakan dosen program studi. Metode yang digunakan adalah Participatory Action Research (PAR) yang terdiri dari beberapa tahap yaitu tahap to know, tahap to understand, tahap to plan, tahap to act, tahap to change. Hasil PkM diantaranya pemutakhiran profil lulusan, pemutakhiran capaian pembelajaran lulusan, pemutakhiran bahan kajian, dan pemutakhiran struktur kurikulum, serta menambah pemahaman peserta pengabdian terkait konsep kurikulum berbasis outcome-based education.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-09-04

How to Cite

Maghfirah, F., Djoehaeni, H., Kartika, W. I., Putri, A. A. P., Satriana, M., Pertiwi, A. D., … Rozie, F. (2024). PENDAMPINGAN KURIKULUM PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI UNIVERSITAS MULAWARMAN. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(2), 365–375. https://doi.org/10.31571/gervasi.v8i2.7709