PENDAMPINGAN KEGIATAN BIMBINGAN BELAJAR BERBASIS LITERASI DAN NUMERASI DI SDN SANGANOM 1 DAN 2 KABUPATEN PASURUAN
DOI:
https://doi.org/10.31571/gervasi.v8i3.7735Abstract
Program bimbingan belajar di SDN Sanganom 1 dan SDN Sanganom 2, Kabupaten Pasuruan, dirancang untuk mengatasi tantangan pendidikan di daerah terpencil, khususnya dalam masalah literasi dan numerasi siswa. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk pendampingan kegiatan bimbingan belajar siswa dalam meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi yang terhambat oleh keterbatasan fasilitas dan metode pengajaran yang kurang interaktif. Dengan menggunakan pendekatan Participatory Action Research (PAR), melalui tahapan refleksi, perencanaan, aksi, dan evaluasi. Hasil dari pengabdian ini menunjukkan peningkatan pada kemampuan membaca, menulis, dan berhitung siswa. Siswa kelas rendah mampu mengenal huruf dan kata dasar, sementara siswa kelas tinggi lebih terampil menyusun kalimat dan menyelesaikan soal matematika. Program ini membuktikan bahwa intervensi berbasis komunitas dapat menjadi solusi efektif dalam meningkatkan kualitas pendidikan di wilayah terpencil.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nimatul Fauziyah, Ika Adillah, Luthfia Yunitasari, Vega Putri Varisah, Alif Fikri Renaldy, Nufaisa Nufaisa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by GERVASI prior to the publication.