PENDAMPINGAN KEGIATAN BIMBINGAN BELAJAR BERBASIS LITERASI DAN NUMERASI DI SDN SANGANOM 1 DAN 2 KABUPATEN PASURUAN

Authors

  • Nimatul Fauziyah UIN SUNAN AMPEL SURABAYA
  • Ika Adillah UIN SUNAN AMPEL SURABAYA
  • Luthfia Yunitasari UIN SUNAN AMPEL SURABAYA
  • Vega Putri Varisah UIN SUNAN AMPEL SURABAYA
  • Alif Fikri Renaldy UIN SUNAN AMPEL SURABAYA
  • Nufaisa Nufaisa UIN SUNAN AMPEL SURABAYA

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v8i3.7735

Abstract

Program bimbingan belajar di SDN Sanganom 1 dan SDN Sanganom 2, Kabupaten Pasuruan, dirancang untuk mengatasi tantangan pendidikan di daerah terpencil, khususnya dalam masalah literasi dan numerasi siswa. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk pendampingan kegiatan bimbingan belajar siswa dalam meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi yang terhambat oleh keterbatasan fasilitas dan metode pengajaran yang kurang interaktif. Dengan menggunakan pendekatan Participatory Action Research (PAR), melalui tahapan refleksi, perencanaan, aksi, dan evaluasi. Hasil dari pengabdian ini menunjukkan peningkatan pada kemampuan membaca, menulis, dan berhitung siswa. Siswa kelas rendah mampu mengenal huruf dan kata dasar, sementara siswa kelas tinggi lebih terampil menyusun kalimat dan menyelesaikan soal matematika. Program ini membuktikan bahwa intervensi berbasis komunitas dapat menjadi solusi efektif dalam meningkatkan kualitas pendidikan di wilayah terpencil.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-12-23

How to Cite

Nimatul Fauziyah, Adillah, I., Yunitasari, L., Varisah, V. P., Renaldy, A. F., & Nufaisa, N. (2024). PENDAMPINGAN KEGIATAN BIMBINGAN BELAJAR BERBASIS LITERASI DAN NUMERASI DI SDN SANGANOM 1 DAN 2 KABUPATEN PASURUAN. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(3), 935–949. https://doi.org/10.31571/gervasi.v8i3.7735