PENDAMPINGAN MATEMATIKA UNTUK DISABILITAS NETRA MELALUI HURUF BRAILLE SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP

Authors

  • Indah Rahayu Panglipur universitas pgri argopuro jember
  • Hersiyati Palayukan Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Septi Triyani Universitas Sebelas Maret
  • Firman Ashadi universitas pgri argopuro jember

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v8i3.7901

Abstract

Tujuan pendampingan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika pada disabilitas netra dengan media pembelajaran berbasis huruf Braille yang komprehensif, menciptakan metode pengajaran matematika yang inklusif dan adaptif, serta menyediakan pelatihan khusus bagi pendidik. Metode pengabdian dilakukan mualai dari analisis permasalahan, pemecahan masalah, pendampingan, hingga tahap evaluasi. Instrumen pendukung yang digunakan berupa soal tes literasi geometri berbasis braille dan media taktil 3D. Braille, alat bantu taktil, dan metode pengajaran yang disesuaikan berhasil mengatasi berbagai kendala yang dihadapi peserta, memberikan mereka kemampuan untuk memahami dan menyelesaikan soal matematika dengan lebih baik. Hasil dari kegiatan ini memberikan wawasan berharga untuk pengembangan kurikulum dan alat bantu yang lebih inklusif, serta metode pengajaran yang lebih efektif bagi penyandang disabilitas netra di masa mendatang. Simpulan dari kegiatan pendampingan matematika ini berhasil mencapai tujuan utama dalam meningkatkan pemahaman konsep peserta dengan disabilitas netra.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-12-17

How to Cite

Panglipur, I. R., Palayukan, H., Triyani, S., & Ashadi, F. (2024). PENDAMPINGAN MATEMATIKA UNTUK DISABILITAS NETRA MELALUI HURUF BRAILLE SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(3), 697–713. https://doi.org/10.31571/gervasi.v8i3.7901