PENDAMPINGAN BELAJAR BAHASA INGGRIS BAGI SISWA SEKOLAH DI PAROKI ST. MIKAEL PANGKALAN TNI AU ADISUTJIPTO YOGYAKARTA

Authors

  • Ignatius Indra Kristianto Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Lucia Bening Parwita Sukci

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v8i3.7935

Abstract

Program pendampingan Bahasa Inggris di Paroki St. Mikael Pangkalan TNI AU Adisutjipto Yogyakarta bertujuan membantu para siswa meningkatkan rasa nyaman dalam belajar dan mampu menggunakan bahasa asing ini dengan efektif, serta diharapkan akan dapat menerapkan bahasa Inggris dalam kehidupan mereka sehari-hari. Oleh karena itu, tim pendampingan menggunakan pendekatan student-centered learning, disesuaikan dengan kebutuhan dan tingkat kemampuan peserta dari jenjang SD hingga SMA/SMK. Pendampingan belajar Bahasa Inggris diadakan dalam delapan pertemuan dengan melibatkan mahasiswa. Program ini dirancang fleksibel untuk menumbuhkan dan mempertahankan motivasi belajar siswa dan mengurangi rasa takut dan canggung siswa dalam menggunakan Bahasa Inggris. Hasil dari delapan pertemuan menunjukkan peningkatan jumlah kosakata, pemahaman tata bahasa dan kepercayaan diri peserta dalam mengerjakan tugas yang diberikan. Hal ini membuktikan bahwa pendekatan yang diterapkan efektif dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris siswa di Paroki tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-12-17

How to Cite

Kristianto, I. I., & Sukci, L. B. P. (2024). PENDAMPINGAN BELAJAR BAHASA INGGRIS BAGI SISWA SEKOLAH DI PAROKI ST. MIKAEL PANGKALAN TNI AU ADISUTJIPTO YOGYAKARTA. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(3), 753–767. https://doi.org/10.31571/gervasi.v8i3.7935