PELATIHAN PERANCANGAN MODUL AJAR BERBASIS GAME ONLINE DALAM KERANGKA TPACK BAGI GURU IPA
DOI:
https://doi.org/10.31571/gervasi.v8i3.7940Abstract
PKM ini dilatarbelakangi oleh kesulitan guru menyusun modul ajar untuk pemenuhan aset pendukung pembelajaran. Peserta pelatihan adalah 15 guru IPA dari MGMP IPA PPU dan KKG Gugus 2 Sepaku. PKM ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kompetensi guru IPA dalam merancang modul ajar berbasis game online dengan pendekatan Technological, Pedagogical, and Content Knowledge (TPACK). Metode kegiatan pada tahap awal komunikasi dengan mitra menentukan kebutuhan dan pendataan peserta. Tahap pelaksanaan penyampaian materi oleh tiga dosen, sesi praktik langsung, dan pendampingan. Tahap akhir evaluasi dengan pre-post test kepada seluruh peserta serta analisis kesesuaian modul yang dihasilkan. Hasil menunjukkan peningkatan pengetahuan peserta tentang TPACK, dan gamifikasi yakni kemampuan integrasi game dalam pengajaran meningkat dari 50% saat pretest menjadi 76.92% . Persepsi dari 78.85% menjadi 81.54%, pengetahuan gamifikasi meningkat dari 48.08% menjadi 78.85%. Selain itu, peserta pelatihan mampu membuat modul ajar yang memenuhi: kesesuaian format, kerangka TPACK, dan penggunaan game online sebagai teknologi pembelajaran.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rosita Putri Rahmi Haerani, Shelly Efwinda, Erna Suhartini, Milan Nur Familia, Novia Rahmadayanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by GERVASI prior to the publication.