PELATIHAN PERANCANGAN MODUL AJAR BERBASIS GAME ONLINE DALAM KERANGKA TPACK BAGI GURU IPA

Authors

  • Rosita Putri Rahmi Haerani Universitas Mulawarman
  • Shelly Efwinda
  • Erna Suhartini
  • Milan Nur Familia Universitas Mulawarman
  • Novia Rahmadayanti Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v8i3.7940

Abstract

PKM ini dilatarbelakangi oleh kesulitan guru menyusun modul ajar untuk pemenuhan aset pendukung pembelajaran. Peserta pelatihan adalah 15 guru IPA dari MGMP IPA PPU dan KKG Gugus 2 Sepaku. PKM ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kompetensi guru IPA dalam merancang modul ajar berbasis game online dengan pendekatan Technological, Pedagogical, and Content Knowledge (TPACK). Metode kegiatan pada tahap awal komunikasi dengan mitra menentukan kebutuhan dan pendataan peserta. Tahap pelaksanaan penyampaian materi oleh tiga dosen, sesi praktik langsung, dan pendampingan. Tahap akhir evaluasi  dengan pre-post test kepada seluruh peserta serta analisis kesesuaian modul yang dihasilkan. Hasil menunjukkan peningkatan pengetahuan peserta tentang TPACK, dan gamifikasi yakni kemampuan integrasi game dalam pengajaran meningkat dari 50% saat pretest menjadi 76.92% . Persepsi dari 78.85% menjadi 81.54%, pengetahuan gamifikasi meningkat  dari 48.08% menjadi 78.85%. Selain itu, peserta pelatihan mampu membuat modul ajar yang memenuhi: kesesuaian format, kerangka TPACK, dan penggunaan game online sebagai teknologi pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-12-17

How to Cite

Putri Rahmi Haerani, R., Efwinda, S., Suhartini, E., Familia, M. N., & Rahmadayanti, N. (2024). PELATIHAN PERANCANGAN MODUL AJAR BERBASIS GAME ONLINE DALAM KERANGKA TPACK BAGI GURU IPA. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(3), 768–786. https://doi.org/10.31571/gervasi.v8i3.7940