PKM PEMANFAATAN LABORATORIUM VIRTUAL SEBAGAI PENUNJANG PRAKTIKUM DAN P5 BAGI GURU SEKOLAH LUAR BIASA (SLB)

Authors

  • Dwi Oktaviana Universitas PGRI Pontianak
  • Chandra Lesmana Universitas PGRI Pontianak
  • Utin Desy Susiaty Universitas PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v8i3.7948

Abstract

Tujuan pelaksanaan kegiatan pengabdian ini adalah untuk membantu guru Sekolah Luar Biasa (SLB) B/C menjadi kreatif dan terampil dalam merancang dan membuat laboratorium virtual sesuai mata pelajarannya sebagai penunjang pembelajaran praktikum dan P5 siswa berkebutuhan khusus.  Metode yang ditawarkan untuk menyelesaikan masalah mitra adalah dengan menyelenggarakan workshop dan pelatihan serta pendampingan terkait pemanfaatan laboratorium virtual di Lembaga Pendidikan Sekolah Luar Biasa Dharma Asih Pontianak. Selanjutnya, ada fokus grup diskusi yang aktif dan dinamis dan guru yang terlibat dalam program mempresentasikan hasil laboratorium virtual, sehingga layak digunakan dalam pembelajaran praktikum dan P5. Hasil pengabdian ini adalah: 1) peningkatan pengetahuan guru dalam pembuatan laboratorium virtual, 2) peningkatan pengetahuan guru dalam merancang dan menerapkan pembelajaran proyek P5 dengan berbasis digital, 3) peningkatan pengetahuan guru dalam menerapkan pembelajaran praktikum dengan memanfaatkan teknologi melalui penggunaan laboratorium virtual, 4) peningkatan pengetahuan guru dalam melakukan inovasi pembelajaran praktikum yang memanfaatkan teknologi melalui laboratorium virtual.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-12-17

How to Cite

Oktaviana, D., Lesmana, C., & Susiaty, U. D. (2024). PKM PEMANFAATAN LABORATORIUM VIRTUAL SEBAGAI PENUNJANG PRAKTIKUM DAN P5 BAGI GURU SEKOLAH LUAR BIASA (SLB). GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(3), 787–801. https://doi.org/10.31571/gervasi.v8i3.7948