PELATIHAN MODUL DIGITAL DIFFERENTIATED INSTRUCTION GURU MGMP MATEMATIKA MTs JAWA TENGAH I PADA KURIKULUM MERDEKA
DOI:
https://doi.org/10.31571/gervasi.v8i3.7952Abstract
Kegiatan pengabdian dilatarbelakangi dengan keterbatasan pemahaman guru MGMP Matematika MTs Provinsi Jawa Tengah I terkait penerapan differenitiated instruction dan digitalisasi pembelajaran. Tujuan pengabdian adalah untuk meningkatkan kompetensi guru dalam pengembangan modul digital dan meningkatkan pemahaman differentiated instruction. Permasalahan yang ditemukan diselesaikan melalui layanan pelatihan dan pendampingan. Solusi tersebut dilaksanakan dengan metode Participatory Action Research (PAR) yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat sehingga dapat menjadi aktor perubahan. Kegiatan pengabdian dilaksanakan melalui tahapan koordinasi, penyusunan program, sosialisasi, pelatihan, penerapan teknologi, pendampingan, serta evaluasi dan keberlanjutan program. Luaran kegiatan yaitu peningkatan jumlah modul digital, HKI Modul digital, peningkatan pengetahuan berdasarkan hasil pretest yaitu 43,64 dan posttest yaitu 89,03, publikasi artikel jurnal nasional terakreditasi, publikasi media massa, video kegiatan dan poster. Dari hasil kuisioner didapatkan bahwa persentase respon peserta aspek materi sebesar 87,26%, aspek narasumber 89,63% dan aspek suasana kegiatan sebesar 89,48%. Hasil yang diperoleh yaitu peningkatan kuantitas modul digital dan peningkatan pengetahuan.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rikza Muqtada, Paskalia Pradanti, Restu Rakhmawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by GERVASI prior to the publication.