PELATIHAN MODUL DIGITAL DIFFERENTIATED INSTRUCTION GURU MGMP MATEMATIKA MTs JAWA TENGAH I PADA KURIKULUM MERDEKA

Authors

  • Rikza Muqtada Universitas Tidar
  • Paskalia Pradanti
  • Restu Rakhmawati

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v8i3.7952

Abstract

Kegiatan pengabdian dilatarbelakangi dengan keterbatasan pemahaman guru MGMP Matematika MTs Provinsi Jawa Tengah I terkait penerapan differenitiated instruction dan digitalisasi pembelajaran. Tujuan pengabdian adalah untuk meningkatkan kompetensi guru dalam pengembangan modul digital dan meningkatkan pemahaman differentiated instruction. Permasalahan yang ditemukan diselesaikan melalui layanan pelatihan dan pendampingan. Solusi tersebut dilaksanakan dengan metode Participatory Action Research (PAR) yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat sehingga dapat menjadi aktor perubahan. Kegiatan pengabdian dilaksanakan melalui tahapan koordinasi, penyusunan program, sosialisasi, pelatihan, penerapan teknologi, pendampingan, serta evaluasi dan keberlanjutan program. Luaran kegiatan yaitu peningkatan jumlah modul digital, HKI Modul digital, peningkatan pengetahuan berdasarkan hasil pretest yaitu 43,64 dan posttest yaitu 89,03, publikasi artikel jurnal nasional terakreditasi, publikasi media massa, video kegiatan dan poster. Dari hasil kuisioner didapatkan bahwa persentase respon peserta aspek materi sebesar 87,26%, aspek narasumber 89,63% dan aspek suasana kegiatan sebesar 89,48%. Hasil yang diperoleh yaitu peningkatan kuantitas modul digital dan peningkatan pengetahuan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-12-17

How to Cite

Muqtada, R., Pradanti, P., & Rakhmawati, R. (2024). PELATIHAN MODUL DIGITAL DIFFERENTIATED INSTRUCTION GURU MGMP MATEMATIKA MTs JAWA TENGAH I PADA KURIKULUM MERDEKA. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(3), 816–833. https://doi.org/10.31571/gervasi.v8i3.7952