OPTIMALISASI KOMERSIAL PRODUK OLAHAN RUMAH TANGGA KELOMPOK USAHA WANITA MELATI UNTUK MENINGKATKAN PEREKONOMIAN

Authors

  • Yulvia Nora Marlim Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
  • Wilda Susanti Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
  • Evelyn Wijaya Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v8i3.7974

Abstract

Tujuan pengabdian kemitraan masyarakat ini adalah meningkatkan pengetahuan keterampilan dan mengembangan usaha, sehingga dapat membantu perekonomian keluarga. Kegiatan ini dilaksanakan pada kelompok usaha wanita Melati. Kelompok ini beranggota 15 orang yang terdiri dari ibu-ibu rumah tangga yang mempunyai usaha rumahan. Keterbatasan keterampilan dan pengetahuan menyebabkan  usaha sulit berkembang. Metode pada kegiatan ini adalah workshop dan pendampingan. Kegiatan pertama pelatihan literasi keuangan mencakup manajemen keuangan rumah tangga dan keuangan usaha. yang kedua workshop digital marketing, dengan memanfaatkan sosial media untuk memperluas jangkauan promosi dan pemasaran, pendampingan dan memfasilitasi pelatihan bagi anggota kelompok dengan mendatangkan narasumber yang berkompeten dibidang usaha kuliner untuk meningkatkan kualitas produk, serta pengembangan produk. Evaluasi yang dilakukan dengan mewawancara kekonsumen secara langsung berdasarkan pertayaan-pertanyaan yang diajukan. Kegiatan ini berhasil dilaksanakan dibuktikan dengan adanya peningkatan pengetahuan dan keterampilan literasi keuangan 63%. Keterampilan meningkatkan kualitas produk 67% dan memperluas jangkauan pemasaran 130%.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-12-25

How to Cite

Marlim, Y. N., Susanti, W., & Wijaya, E. (2024). OPTIMALISASI KOMERSIAL PRODUK OLAHAN RUMAH TANGGA KELOMPOK USAHA WANITA MELATI UNTUK MENINGKATKAN PEREKONOMIAN. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(3), 1032–1044. https://doi.org/10.31571/gervasi.v8i3.7974