OPTIMALISASI PENDAPATAN USAHA MAGGOT MELALUI STRATEGI SCALE-UP BISNIS, MANAJEMEN USAHA, PACKAGING DAN DIGITAL MARKETING

Authors

  • Zaenafi Ariani universitas muhammadiyah mataram
  • Endang Rahmawati universitas muhammadiyah mataram
  • Dina Soes Putri universitas muhammadiyah mataram
  • Safina Safina universitas muhammadiyah mataram
  • Jum’atul Aolia Universitas Muhammdiyah Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v8i3.7977

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas Kelompok Usaha Rumah Maggot Siung Gemilang melalui program pendampingan yang intensif. Menggunakan pendekatan kualitatif, pengabdian ini melibatkan wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan analisis dokumen. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa program pendampingan berhasil meningkatkan pengetahuan dan keterampilan anggota kelompok dalam bidang produksi, manajemen usaha, dan pemasaran. Pelatihan pemasaran digital dan pengembangan produk menjadi faktor kunci dalam meningkatkan daya saing produk maggot. Pengabdian ini memberikan rekomendasi untuk optimalisasi pendapatan kelompok, termasuk strategi scale-up bisnis dan pengembangan produk turunan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-12-28

How to Cite

Ariani, Z., Rahmawati, E., Soes Putri, D., Safina, S., & Aolia, J. (2024). OPTIMALISASI PENDAPATAN USAHA MAGGOT MELALUI STRATEGI SCALE-UP BISNIS, MANAJEMEN USAHA, PACKAGING DAN DIGITAL MARKETING. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(3), 1246–1261. https://doi.org/10.31571/gervasi.v8i3.7977