PELATIHAN ARTIFICAL INTELLIGENCE UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MENGINOVASI PROSES PEMBELAJARAN

Authors

  • Retni S Budiarti Universitas Jambi
  • Harlis Harlis Universitas Jambi
  • Asni Johari Universitas Jambi
  • Lely Mardiyanti Universitas Jambi
  • Danial Mursyd Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v8i3.7981

Abstract

Pengabdian kepada Masyarakat bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam memanfaatkan teknologi Artificial Intelligence (AI) sebagai media pembelajaran, khususnya bagi anggota MGMP Biologi Tanjung Jabung Barat. Program ini menjawab permasalahan rendahnya pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran dan terbatasnya pemahaman guru terhadap pembuatan media pembelajaran berbasis AI. Metode Pengabdian kepada Masyarakat yang diterapkan mengadopsi pendekatan Participatory Action Research, yang menekankan pada kolaborasi aktif antara tim pengabdian dan peserta untuk mengidentifikasi masalah, mencari solusi, dan melakukan tindakan bersama. Evaluasi program dilakukan melalui penyebaran kuesioner untuk mengukur tingkat pemahaman dan kepuasan guru setelah mengikuti pelatihan. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan pemahaman guru tentang pentingnya penggunaan teknologi dalam pembelajaran sebesar 89,33%. Selain itu, hasil survei kepuasan menunjukkan mayoritas guru merasa pelatihan relevan dengan tingkat kepuasan rata-rata 84,1%-90,9%. Kesimpulannya, program ini berhasil meningkatkan kompetensi guru dalam memanfaatkan AI untuk menciptakan pembelajaran yang lebih interaktif dan personal, serta memberikan dampak positif terhadap kualitas pendidikan di Tanjung Jabung Barat.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-12-26

How to Cite

Budiarti, R. S., Harlis, H., Johari, A., Mardiyanti, L., & Mursyd, D. (2024). PELATIHAN ARTIFICAL INTELLIGENCE UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MENGINOVASI PROSES PEMBELAJARAN. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(3), 1074–1088. https://doi.org/10.31571/gervasi.v8i3.7981