DUKUNGAN UNTUK SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS: PELATIHAN PEMBELAJARAN STEM-EDUWISATA UNTUK GURU IPA SMP SAMARINDA
DOI:
https://doi.org/10.31571/gervasi.v8i3.8028Abstract
Salah satu cara mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs) adalah melalui pendidikan. Namun, integrasi konsep SDGs dalam pendidikan masih terbatas dan perlu inovasi pembelajaran yang dapat menarik minat siswa berpartisipasi aktif dalam pembelajaran berbasis SDGs. Tujuan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) adalah meningkatkan pengetahuan guru tentang pendekatan STEM dan potensi STEM-Eduwisata di Kota Samarinda untuk pembelajaran IPA. Tim PkM menginisiasi pelatihan tentang program STEM-Eduwisata untuk mendukung Pendidikan berbasis SDGs. Metode yang digunakan adalah ABCD (Asset Based Community Development). Sebanyak 40 guru IPA mengikuti program pelatihan, mencakup pemberian materi dan pembuatan modul ajar, lembar kerja, serta proyek sederhana STEM-SDGs diintegrasikan dengan konsep eduwisata. Hasil analisis data menunjukkan kegiatan PKM efektif meningkatkan pemahaman guru terhadap penerapan pendekatan STEM dan potensi STEM-Eduwisata untuk Pendidikan berbasis SDGs. Diharapkan kolaborasi antara dosen, guru, dan siswa semakin diperkuat, serta dukungan dan komitmen yang lebih tinggi dari berbagai pihak agar penerapan pembelajaran ini dapat berkelanjutan.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Shelly Efwinda, Nurul Fitriyah Sulaeman, Ruqoyyah Nasution, Saphira Devina Widya Putri Farida, Erna Sari, Muhammad Amiq Zahidsyahtya, Dewi Suffah Anggraeni, Najwa Asri Hyacinta, Rafi Arjuna Kieza
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by GERVASI prior to the publication.