PENDAMPINGAN PEMANFAATAN LMS MOODLE UNTUK MANAGEMEN PEMBELAJARAN

Authors

  • Akbar Nasrum Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Andi Tenri Sumpala Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Ully Hidayati Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Fadri Febrian Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Iwan Iwan Universitas Sembilanbelas November Kolaka

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v8i3.8070

Abstract

Tujuan pelaksanaan kegiatan Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat (PKM) yang dilaksanakan di SMPN 1 Tinondo adalah untuk meningkatkan kemampuan guru dalam memanfaatkan LMS dan meningkatkan kuantitas produksi bahan ajar. Kegiatan ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Tinondo melalui kegiatan pelatihan secara offline dan juga bimbingan via WhatsApp. Selain itu juga dilakukan sosialisasi untuk memperkenalkan LMS ini kepada seluruh warga sekolah. Mitra dalam penelitian ini adalah Kelompok Belajar di SMP Negeri 1 Tinondo beranggotakan 17 orang. Dalam kegiatan tersebut disertai dengan diskusi dan pengarahan untuk menerapkan hasil pelatihan dalam proses pembelajaran. Ada dua target utama dalam kegiatan ini sesuai dengan tujuan kegiatan. Dari hasil pengukuran, kedua target ini masing-masing tercapai. Kemampuan pemanfaatan LMS Moodle meningkat 51,65% sementara peningkatan produksi bahan ajar meningkat 21,7%. Melalui kegiatan PKM ini guru-guru mampu menggunakan LMS Moodle dalam proses belajar mengajar serta mampu membuat konten digital sebagai bahan ajar.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-12-26

How to Cite

Nasrum, A., Andi Tenri Sumpala, Ully Hidayati, Fadri Febrian, & Iwan, I. (2024). PENDAMPINGAN PEMANFAATAN LMS MOODLE UNTUK MANAGEMEN PEMBELAJARAN. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(3), 1058–1073. https://doi.org/10.31571/gervasi.v8i3.8070