SOSIALISASI KONSEP PEMBELAJARAN BIOLOGI UNTUK MENDUKUNG SDGs DI MTs SINOA

Authors

  • Tita Haidar Universitas Muhammadiyah Bone
  • Romi Adiansyah Universitas Muhammadiyah Bone
  • Muhammad Ali Universitas Muhammadiyah Bone

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v8i3.8074

Abstract

Pendidikan memiliki peran penting dalam pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs). Pendidikan memiliki fungsi dalam memberdayakan individu, membina kesadaran kewarganegaraan global, serta menangani berbagai tantangan dunia yang paling mendesak. Kegiatan sosialisasi konsep pembelajaran biologi untuk mendukung SDGs di MTs Sinoa bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran biologi dalam mendukung SDGs dan membekali siswa mengenai pengetahuan dan keterampilan yang relevan agar siswa mendapatkan pemahaman pembelajaran biologi di tengah maraknya tantangan dalam mencapai SDGs dilingkungan sekolah. Metode yang digunakan dalam pengabdian adalah kualitatif dengan FGD (Focus Group Discussion) yang melibatkan siswa MTs Sinoa sehingga dari hasil kegiatan sosialisasi konsep pembelajaran biologi untuk mendukung SDGs, siswa dapat mengetahui dan memahami materi pembelajaran biologi dengan SDGs yang signifikan sehingga mampu mendorong siswa untuk mewujudkan program SGDs poin 4 yakni pendidikan berkelanjutan. Disimpulkan bahwa kegiatan sosialisasi memiliki peran dalam membentuk generasi terhadap siswa untuk sadar terhadap isu-isu lingkungan yang berkelanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

Haidar, T., Adiansyah, R., & Ali, M. (2024). SOSIALISASI KONSEP PEMBELAJARAN BIOLOGI UNTUK MENDUKUNG SDGs DI MTs SINOA. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(3), 1314–1325. https://doi.org/10.31571/gervasi.v8i3.8074