PELATIHAN MEMAHAMI WACANA DALAM UJIAN NASIONAL PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

Authors

  • Rini Agustina Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia IKIP PGRI Pontianak Jalan Ampera Nomor 88 Pontianak
  • Muhammad Lahir Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia IKIP PGRI Pontianak Jalan Ampera Nomor 88 Pontianak
  • Eti Ramaniyar Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia IKIP PGRI Pontianak Jalan Ampera Nomor 88 Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v2i1.816

Abstract

Tujuan kegiatan pengabdian adalah untuk memberikan pelatihan memahami wacana dalam ujian nasional padapelajaran Bahasa Indonesia. Sasaran kegiatan adalah siswa kelas 3 MAS Sirajul Ulum Pontianak sebanyak 20 siswa. Pelaksanaan pengabdian di dalam Musala MAS Sirajul Ulum. Metode pengabdian yang digunakan adalah demonstrasi. Kegiatan pengabdian mulai dari tahap persiapan yakni observasi dan sosialisai, sedangkan untuk pelaksanaan mulai dari penyajian materi, praktik, refleksi, dan evaluasi. Hasil kegiatan pengabdian adalah: (1) Pelaksanaan kegiatan pengabdian terselenggara dengan baik dan lancar sertapara siswa memiliki antusias yang luar biasa sepanjang kegiatan berlangsung; (2) Siswa aktif dalam bertanya maupun memberikan jawaban yang diajukan; dan (3) Siswa mengetahui trik ataupun strategi dalam memahami wacana soal Bahasa Indonesia sehingga dapat diimplementasikan pada saat ujian nasional nanti berlangsung.

Kata Kunci: pelatihan, memahami, wacana.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-06-18

How to Cite

Agustina, R., Lahir, M., & Ramaniyar, E. (2018). PELATIHAN MEMAHAMI WACANA DALAM UJIAN NASIONAL PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 85–94. https://doi.org/10.31571/gervasi.v2i1.816