PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA INTERAKTIF WORDWALL GAMES UNTUK MENINGKATKAN LITERASI NUMERASI SISWA MI AHLIYAH 2 PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.31571/gervasi.v8i3.8203Abstract
Literasi numerasi merupakan aspek penting di jenjang pendidikan dasar. Tantangan dalam meningkatkan keterampilan ini dihadapkan pada keterbatasan guru dalam memanfaatkan media pembelajaran inovatif dan interaktif. Kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) bertujuan memberikan peningkatan pengetahuan kepada guru melalui pelatihan tentang pembuatan media pembelajaran interaktif menggunakan Wordwall Games untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini meliputi paparan, demonstrasi dan praktik langsung menggunakan Wordwall. Subjek PPM 30 orang guru. Pretest sebesar 71,17 dan posttest sebesar 74,5 terjadi peningkatan sebesar 3,33 menunjukkan peningkatan pengetahuan dan keterampilan peserta. Respon menunjukkan sebesar 96,69 % aspek isi materi yang disampaikan saat pelatihan sudah sangat baik, 96,55% penyajian yang diberikan oleh tim dalam menyampaikan materi pada kategori sangat baik dan aspek efektivitas kepraktisan sebesar 97,24% kategori sangat baik. Kegiatan PPM berdampak positif terhadap penguasaan guru dalam menggunakan teknologi digital untuk pembelajaran interaktif. Pelatihan serupa diharapkan dapat terus diimplementasikan secara berkelanjutan guna peningkatan kualitas pendidikan di MI Ahliyah 2 Palembang.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dewi Pratita, Yuliana FH, Firmansyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by GERVASI prior to the publication.