PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA INTERAKTIF WORDWALL GAMES UNTUK MENINGKATKAN LITERASI NUMERASI SISWA MI AHLIYAH 2 PALEMBANG

Authors

  • Dewi Pratita Universitas Sriwijaya
  • Yuliana FH Universitas Sriwijaya
  • Firmansyah Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v8i3.8203

Abstract

Literasi numerasi merupakan aspek penting di jenjang pendidikan dasar. Tantangan dalam meningkatkan keterampilan ini dihadapkan pada keterbatasan guru dalam memanfaatkan media pembelajaran inovatif dan interaktif. Kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) bertujuan memberikan peningkatan pengetahuan kepada guru melalui pelatihan tentang pembuatan media pembelajaran interaktif menggunakan Wordwall Games untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini meliputi paparan, demonstrasi dan praktik langsung menggunakan Wordwall. Subjek PPM 30 orang guru. Pretest sebesar 71,17 dan posttest sebesar 74,5 terjadi peningkatan sebesar 3,33 menunjukkan peningkatan pengetahuan dan keterampilan peserta. Respon menunjukkan sebesar 96,69 % aspek isi materi yang disampaikan saat pelatihan sudah sangat baik, 96,55% penyajian yang diberikan oleh tim dalam menyampaikan materi pada kategori sangat baik dan aspek efektivitas kepraktisan sebesar 97,24% kategori sangat baik. Kegiatan PPM berdampak positif terhadap penguasaan guru dalam menggunakan teknologi digital untuk pembelajaran interaktif. Pelatihan serupa diharapkan dapat terus diimplementasikan secara berkelanjutan guna peningkatan kualitas pendidikan di MI Ahliyah 2 Palembang.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

Pratita, D., FH, Y., & Firmansyah. (2024). PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA INTERAKTIF WORDWALL GAMES UNTUK MENINGKATKAN LITERASI NUMERASI SISWA MI AHLIYAH 2 PALEMBANG. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(3), 1326–1340. https://doi.org/10.31571/gervasi.v8i3.8203