PENERAPAN MODEL-MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • M Tamrin Universitas Bung Hatta
  • Hidayati Azkiya Universitas Bung Hatta

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v3i2.911

Abstract

Kondisi guru-guru di sekolah ini tidak boleh dibiarkan berlarut-larut seperti saat ini. Mereka harus dilatih supaya mampu menggunakan model-model pembelajaran kooperarif. Tujuannya adalah agar pembelajaran menjadi hidup dan siswa termotivasi untuk mengikuti pelajaran. Guru-guru tersebut harus diberi bekal cara mengajar dengan baik, agar mereka kreatif menggunakan berbagai model pembelajaran kooperatif. Program ini bertujuan untuk menghasilkan pengetahuan dan pemahaman tentang kemampuan memilih model-model pembelajaran yang disesuaikan dengan kondisi belajar. Karena pembelajaran yang ideal adalah pembelajaran yang selalu berubah sesusi dengan kondisi yang sedang berlangsung. Sehingga bagaimana pun bentuk kondisi yang dihadapi guru dan siswa ketika belajar akan tetap mempunyai daya tarik terhadap siswa. Hasil akhir yang dapat diperoleh dari program ini adalah peningkatan kreatifitas guru dalam mengajar. Terutama pada penggunaan dan penerapan model-model pembelajaran yang inovatif, seperti model-model pembelajaran kooperatif. Tujuannya adalah untuk menarik minat siswa agar selalu mengikuti pembelajaran dengan kondisi yang menyenangkan. Sehingga hasil akan meningkatkan kualitas pelaksanaan proses pembelajaran serta meningkatkan kinerja guru dalam mengajar.

Kata kunci : pelatihan, guru, model pembelajaran kooperarif

Kondisi guru-guru di sekolah ini tidak boleh dibiarkan berlarut-larut seperti saat ini. Mereka harus dilatih supaya mampu menggunakan model-model pembelajaran kooperarif. Tujuannya adalah agar pembelajaran menjadi hidup dan siswa termotivasi untuk mengikuti pelajaran. Guru-guru tersebut harus diberi bekal cara mengajar dengan baik, agar mereka kreatif menggunakan berbagai model pembelajaran kooperatif. Program ini bertujuan untuk menghasilkan pengetahuan dan pemahaman tentang kemampuan memilih model-model pembelajaran yang disesuaikan dengan kondisi belajar. Karena pembelajaran yang ideal adalah pembelajaran yang selalu berubah sesusi dengan kondisi yang sedang berlangsung. Sehingga bagaimana pun bentuk kondisi yang dihadapi guru dan siswa ketika belajar akan tetap mempunyai daya tarik terhadap siswa. Hasil akhir yang dapat diperoleh dari program ini adalah peningkatan kreatifitas guru dalam mengajar. Terutama pada penggunaan dan penerapan model-model pembelajaran yang inovatif, seperti model-model pembelajaran kooperatif. Tujuannya adalah untuk menarik minat siswa agar selalu mengikuti pembelajaran dengan kondisi yang menyenangkan. Sehingga hasil akan meningkatkan kualitas pelaksanaan proses pembelajaran serta meningkatkan kinerja guru dalam mengajar.

 

Kata kunci : pelatihan, guru, model pembelajaran kooperarif

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

M Tamrin, Universitas Bung Hatta

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

References

Istarani. 2013. 58 Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.

Suprijono. 2010. Cooperative Learling. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Yudhistira, Dadang. 2013. Menulis Penelitian Tindakan Kelas Yang Apik. Jakarta: Grasindo

Sudjana, Nana. 1988. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru

AM, Sardiman. 1986. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers

Wiraatmdja, Rochiati. 2012. Metode Penelitian Tindakan Kelas (Untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen). Bandung: Remaja Rosdakarya

Downloads

Published

2020-01-01

How to Cite

Tamrin, M., & Azkiya, H. (2020). PENERAPAN MODEL-MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DI SEKOLAH DASAR. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 289–298. https://doi.org/10.31571/gervasi.v3i2.911