PENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING

Authors

  • Rohani Rohani IKIP PGRI Pontianak
  • Oktavia Erlina Marjani Prodi PPKn IKIP PGRI Pontianak
  • Sulha Sulha IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/pkn.v2i2.954

Keywords:

Model Pembelajaran snowball throwing, hasil belajar, siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata Pendidikan Kewarganegaraan melalui penerapan model pembelajaran snowball throwing. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian tindakan dengan bentuk penelitiannya penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa dengan penerapan snowball throwing mengalami kenaikan setiap siklusnya. Pada siklus I hasil belajar siswa dengan rata-rata 59,48, siklus II hasil belajar siswa dengan rata-rata 61,2 % dan siklus III hasil belajar siswa dengan rata-rata 84,2 %.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Rohani Rohani, IKIP PGRI Pontianak

Dosen Program Studi PPKN, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial, IKIP PGRI Pontianak

Oktavia Erlina Marjani, Prodi PPKn IKIP PGRI Pontianak

Mahasiswa Prodi PPKn IKIP PGRI Pontianak

Sulha Sulha, IKIP PGRI Pontianak

Dosen Program Studi PPKN, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial, IKIP PGRI Pontianak

References

Arikunto, S. ddk. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara

Burns, A. 2010, Doing Action Research In English Language Teaching A Guide For Practitioners. Australia: Departemen Of Linguistich, Macquarie University.

Gregory, S. C. H. 2013. The Importance Of action Research In teacher Education Program, Journal Issues In Educational Research.Volume 23 Number 2,p.

Purwanto. 2010. Metodologi Penelitian Kuatitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rohani. 2017. Peningkatan Kemampuan Kognitif Mahasiswa Melalui Penerapan Model Course Review Horay Pada Mata Kuliah Pengantar Pendidikan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan: Volume 1, No. 1.

Rohani dan Samsiar. 2017. Upaya Guru Dalam Meningkatkan Civic Knowledge Siswa Melalui Model Pembelajaran Controversial Issues Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Mujahidin. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan: Volume 7, No. 1 2017

Suprijono, Agus. (2011). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Tri Wahyuningsih, A. dkk (2017). Model Pembelajaran Snowball Throwing Dan Hasil Belajar Pokok Bahasan Pedosfer Siswa Kelas X Sman 1 Pule Kabupaten Trenggalek. http://jurnal-online.um.ac.id/data/artikel/artikel5B93EBA52B5C3F306A43D72DEDDDEBE9.pdf (akses Oktober 2017)

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Downloads

Published

2019-01-15

How to Cite

Rohani, R., Marjani, O. E., & Sulha, S. (2019). PENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 2(2). https://doi.org/10.31571/pkn.v2i2.954

Issue

Section

Artikel Penelitian