KONFLIK ANTAR ETNIS MELALUI PENGUATAN WAWASAN MULTIKULTURAL

Authors

  • Hemafitria Hemafitria IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/pkn.v3i1.1092

Keywords:

konflik multietnis, wawasan multikultural

Abstract

Perbedaan dalam suatu masyarakat baik etnis, budaya,agama dan bahasa adalah suatu realita yang harus disikapi secara arif dan bijaksana. Penyikapan ini tentunya bermuara pada terciptanya tatanan masyarakat yang harmonis, rukun dan damai serta jauh dari konflik. Tujuan penelitian ini. Menggali dan mengkaji bentuk implikasi pemahaman wawasan multikultural dalam penanggulangan konflik antar etnis pada masyarakat mempawah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus di kabupaten mempawah kecamatan Toho. Pendekatan tersebut dianggap tepat untuk kajian penelitian ini, karena fokus penelitian ini adalah kasus yang terjadi dalam kehidupan masyarakat dikecamatan Toho yang disusun dan dibuktikan melalui pengumpulan data yang sistematis, dan analisis data yang berkenaan dengan fenomena itu. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas tiga alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi. Berdasarkan hasil temuan bahwa pengembangan wawasan multikultural dalam masyarakat Mempawah yang melibatkan seluruh komponen yang ada mulai dari masyarakat itu sendiri, tokoh masyarakat dan agama, sekolah serta pihak pemerintah dirasakan pentingnya dalam konteks masyarakat mempawah untuk mencegah terjadinya konflik. Untuk itu perlu dilakukan tiga bentuk penguatan yaitu berorientasi pada pembauran atau interaksi sosial yang ditandai dengan upaya menciptakan komunikasi yang baik, berorientasi kerja sama antar umat beragama dan berorientasi sikap toleransi dan menghormati.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Hemafitria Hemafitria, IKIP PGRI Pontianak

Dosen Program Studi PPKN Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial IKIP PGRI Pontianak

References

Al-qadrie. (2003) Konflik Komunal di Indonesia Saat Ini (Terj. Suaisi Asy’ari) Jakarta: INIS.

Azra, A. (2006). “Pancasila dan Identitas Nasional Indonesia Perspektif Multikulturalismeâ€. Dalam Restorasi Pancasila: Mendamaikan Politik Identitas dan Modernitas. Bogor: Brigten Press.

Bamualim, Chaidir.S. dkk (ed). 2002. Communal Conflicts in Contemporary Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa IAIN Syarif Hidayatullah dan The Konrad Adenaeur Foundation

Budimasyah,D dan Karim Suryadi. (2008) PKn dan Masyarakat Multikultur. Bandung: Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan SPs UPI.

Creswell, W.J (1998). Qualitative Inquiry And Research Design: Choosing Among Five Tradition. California:Thousand Oask.

Faridah (2013). Tolerasi Antarumat beragama Masyarakat Perumahan. Jurnal Komunitas. Vol 5, No 1 (2013).

Fatmawati. 2011. Harmonisasi Antar Etnik di Kalimantan Barat, Studi Ethnografi Melayu-Dayak. Pontianak: STAIN Pontianak Press.

Husain (1993). Fikh Hubungan Antar Agama. Jakarta: Ciputat Press, 1993.

Miles,M.B & Huberman, M. (1992). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber.

Mochtar, Zulfidar Zaidar. 2007. Mediasai Melayu-Madura. Pontianak: Romeo Mitra Grafika.

Muslim (2013). Interaksi Sosial dalam Masyarakat Multietnis Jurnal Diskursus Islam Volume 1 Nomor 3, Desember 2013

Najwan (2009). Konflik Antar Budaya dan Antar Etnis di Indonesia Serta Alternatif Penyelesaiannya. Jurnal Hukum No. Edisi Khusus Vol. 16 Oktober 2009: 195 – 208.

Saad, Munawar M. 2003. Sejarah Konflik antar Suku di Kabupaten Sambas. Pontianak: Kalimantan Persada Press

Sugiono (2011). Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta.

Suparlan, P. (2005). Sukubangsa dan Hubungan Antar Sukubangsa. Jakarta: Yayasan Pengembangan Kajian Ilmu Kepolisian.

Yin, Robert K. (2002). Case Study Research: Desing and Methods (Applied Social Research Methods). Illinois: Sage Publications, Inc.

Zakiyah, (2017). Cendikiwan Muslim dan Wacana Konflik Etnis di Kalimantan Barat. PANANGKARAN, Jurnal Penelitian Agama dan Masyarakat. Volume 1, Nomor 2, Juli-Desember 2017

Downloads

Published

2019-06-17

How to Cite

Hemafitria, H. (2019). KONFLIK ANTAR ETNIS MELALUI PENGUATAN WAWASAN MULTIKULTURAL. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 3(1), 1–11. https://doi.org/10.31571/pkn.v3i1.1092

Issue

Section

Artikel Penelitian