PEGARUH JENIS KELAMIN, LATAR BELAKANG PENDIDIKAN DAN PEKERJAAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR PROGRAM STUDI PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN IKIP-PGRI PONTIANAK

Authors

  • Zuldafrial Zuldafrial IKIP PGRI Pontianak
  • Muhammad Anwar Rube'i IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/pkn.v3i1.1093

Keywords:

Jenis Kelamin, Latar belakang Pendidikan, Pekerjaan Orang Tua, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini, bertujuan untuk mengetahui pengaruh jenis kelamin, latar belakang pendidikan dan pekerjaan orang tua hasil belajar Mahasiswa program studi Pancasila dan Kewarganegaraan IKIP-PGRI Pontianak. Metode penelitian ini metode ex post facto dengan desain factorial 2x2x2. Berdasarkan hasil pengolahan data, maka dapat disimpulkan hasil penelitian ini sesuai dengan rumusan masalah sebagai berikut: (1) Terdapat perbedaan yang signifikan dalam hasil belajar antara Mahasiswa dan mahasiswi. Mahasiswa memiliki hasil belajar lebih baik dari kelompok Mahasiswi, (2) Terdapat perbedaan yang signifikan dalam hasil belajar antara Mahasiswa-mahasiswi yang berasal dari SLTA Negeri dan mahasiswa-mahasiwi yang berasal dari SLTA swasta. Kelompok mahasiswa- mahasiswi yang berasal dari SLTA Negeri hasil belajarnya lebih rendah dari hasil belajar kelompok mahasiswa- mahasiswi yang berasal dari SLTA Swasta, (3) Terdapat perbedaan yang signifikan dalam hasil belajar antara Mahasiswa-mahasiswi yang pekerjaan orang tuanya Pegawai Negeri dan mahasiswa-mahasiwi yang pekerjaan orang tuanya Pegawai Swasta. kelompok mahasiswa-mahasiswi yang pekerjaan orang tuanya Pegawai Negeri hasil belajarnya lebih tinggi dari hasil belajar kelompok mahasiswa-mahasiswi yang pekerjaan orang tuanya Pegawai Swasta, (4) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan dalam hasil belajar mahasiswa-mahasiswi berdasarkan interaksi jenis kelamin dan asal sekolah, (5) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan dalam hasil belajar mahasiswa-maahasiswi berdasarkan interaksi jenis kelamin dan pekerjaan orang tua, (6) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan dalam hasil belajar Mahasiswa-mahasiswi berdasarkan interaksi asal sekolah dan pekerjaan orang tua, (7) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan dalam hasil belajar mahasiswa-mahasiswi berdasarkan interaksi jenis kelamin, asal sekolah dan pekerjaan orang tua.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Zuldafrial Zuldafrial, IKIP PGRI Pontianak

Dosen Program Studi PPKN Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial IKIP PGRI Pontianak

Muhammad Anwar Rube'i, IKIP PGRI Pontianak

Dosen Program Studi PPKN Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial IKIP PGRI Pontianak

References

Anna Marie attie (1996), “ Gender Hak Reproduksi, dan Pelayanan Keluarga Barencana†dalam Agus Dwiyanto, Faturrochman, Marcelinus Molo, Irwan Abdullah, (Ed): Penduduk dan Pembangunan. Yogyakarta: Pusat Penelitian Kependudukan Universitas Gajah Mada.

Depdikbud, (1983) Proyek Normalisasi Kehidupan Kampus, Petunjuk Pelaksanaan Sistem Kridit Semester Untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Dirjen Dikti.

Fudyartanta, (1971), Inti Sari Psikologi Perkembangan I. Yogyakarta: Warawydiarni

Masri Singarimbun dan Sofian Effendi, (1989), Metode Penelitian Survey. Jakarta: LP3ES

Masrun dan Sri Mulyani Martaniah, (1976), Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM

Rudiana, (2012), Karekter Guru Menyenangkan Berbasis Ramah Otak. Bandung: Smaile’s Indonesia Institute(SII) Publishing

Siswaatmadja, (1979), Didaktik Kurikulum. Pontianak: FIP-UNTAN

Zuldafrial, (2011), Startegi Belajar- Mengajar. Pontianak: STAIN Pontianak Press

------------, (2004), “ Hubungan Sosial Ekonomi Orang Tua dengan Kualitas Proses Belajar- Mengajar Siswa di Sekolah, Studi Kasus di Desa Sunga Itik, Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Pontianak “, Edukasi Jurnal Pendidikan, Vol.2 No.2 Oktober, STKIP-PGRI Pontianak.

----------, (2002), “ Hubungan Sosial Ekonomi Orang Tua dengan dengan Kepedulian Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak di Sekolah (Studi Kasus Kecamatan Sukadana) “, Wawasan Majalah Ilmiah Kopertis Wilayah XI Kalimantan, Vol.10 No. 3 Oktober

Downloads

Published

2019-06-17

How to Cite

Zuldafrial, Z., & Rube’i, M. A. (2019). PEGARUH JENIS KELAMIN, LATAR BELAKANG PENDIDIKAN DAN PEKERJAAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR PROGRAM STUDI PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN IKIP-PGRI PONTIANAK. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 3(1), 12–25. https://doi.org/10.31571/pkn.v3i1.1093

Issue

Section

Artikel Penelitian