PEGARUH JENIS KELAMIN, LATAR BELAKANG PENDIDIKAN DAN PEKERJAAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR PROGRAM STUDI PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN IKIP-PGRI PONTIANAK

Zuldafrial Zuldafrial, Muhammad Anwar Rube'i

Abstract


Penelitian ini, bertujuan untuk mengetahui pengaruh jenis kelamin, latar belakang pendidikan dan pekerjaan orang tua hasil belajar Mahasiswa program studi Pancasila dan Kewarganegaraan IKIP-PGRI Pontianak. Metode penelitian ini metode ex post facto dengan desain factorial 2x2x2. Berdasarkan hasil pengolahan data, maka dapat disimpulkan hasil penelitian ini sesuai dengan rumusan masalah sebagai berikut: (1) Terdapat perbedaan yang signifikan dalam hasil belajar antara Mahasiswa dan mahasiswi. Mahasiswa memiliki hasil belajar lebih baik dari kelompok Mahasiswi, (2) Terdapat perbedaan yang signifikan dalam hasil belajar antara Mahasiswa-mahasiswi yang berasal dari SLTA Negeri dan mahasiswa-mahasiwi yang berasal dari SLTA swasta. Kelompok mahasiswa- mahasiswi yang berasal dari SLTA Negeri hasil belajarnya lebih rendah dari hasil belajar kelompok mahasiswa- mahasiswi yang berasal dari SLTA Swasta, (3) Terdapat perbedaan yang signifikan dalam hasil belajar antara Mahasiswa-mahasiswi yang pekerjaan orang tuanya Pegawai Negeri dan mahasiswa-mahasiwi yang pekerjaan orang tuanya Pegawai Swasta. kelompok mahasiswa-mahasiswi yang pekerjaan orang tuanya Pegawai Negeri hasil belajarnya lebih tinggi dari hasil belajar kelompok mahasiswa-mahasiswi yang pekerjaan orang tuanya Pegawai Swasta, (4) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan dalam hasil belajar mahasiswa-mahasiswi berdasarkan interaksi jenis kelamin dan asal sekolah, (5) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan dalam hasil belajar mahasiswa-maahasiswi berdasarkan interaksi jenis kelamin dan pekerjaan orang tua, (6) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan dalam hasil belajar Mahasiswa-mahasiswi berdasarkan interaksi asal sekolah dan pekerjaan orang tua, (7) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan dalam hasil belajar mahasiswa-mahasiswi berdasarkan interaksi jenis kelamin, asal sekolah dan pekerjaan orang tua.

Keywords


Jenis Kelamin, Latar belakang Pendidikan, Pekerjaan Orang Tua, Hasil Belajar

Full Text:

Full text

References


Anna Marie attie (1996), “ Gender Hak Reproduksi, dan Pelayanan Keluarga Barencana” dalam Agus Dwiyanto, Faturrochman, Marcelinus Molo, Irwan Abdullah, (Ed): Penduduk dan Pembangunan. Yogyakarta: Pusat Penelitian Kependudukan Universitas Gajah Mada.

Depdikbud, (1983) Proyek Normalisasi Kehidupan Kampus, Petunjuk Pelaksanaan Sistem Kridit Semester Untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Dirjen Dikti.

Fudyartanta, (1971), Inti Sari Psikologi Perkembangan I. Yogyakarta: Warawydiarni

Masri Singarimbun dan Sofian Effendi, (1989), Metode Penelitian Survey. Jakarta: LP3ES

Masrun dan Sri Mulyani Martaniah, (1976), Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM

Rudiana, (2012), Karekter Guru Menyenangkan Berbasis Ramah Otak. Bandung: Smaile’s Indonesia Institute(SII) Publishing

Siswaatmadja, (1979), Didaktik Kurikulum. Pontianak: FIP-UNTAN

Zuldafrial, (2011), Startegi Belajar- Mengajar. Pontianak: STAIN Pontianak Press

------------, (2004), “ Hubungan Sosial Ekonomi Orang Tua dengan Kualitas Proses Belajar- Mengajar Siswa di Sekolah, Studi Kasus di Desa Sunga Itik, Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Pontianak “, Edukasi Jurnal Pendidikan, Vol.2 No.2 Oktober, STKIP-PGRI Pontianak.

----------, (2002), “ Hubungan Sosial Ekonomi Orang Tua dengan dengan Kepedulian Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak di Sekolah (Studi Kasus Kecamatan Sukadana) “, Wawasan Majalah Ilmiah Kopertis Wilayah XI Kalimantan, Vol.10 No. 3 Oktober




DOI: http://dx.doi.org/10.31571/pkn.v3i1.1093

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan kewarganegaraan

IKIP PGRI Pontianak, Prodi PPKn
Jl. Ampera No.88, Sungai Jawi, Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78116
Telp. (0561) 748219
E-mail: hdrianto@yahoo.com


p-ISSN: 2337-8891 | e-ISSN: 2598-9510


View Stats