ANALISIS BUKU TEKS KURIKULUM 2013 SEBAGAI SUMBER BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 SAYAN KABUPATEN MELAWI

Dada Suhaida, Ade Suhandra

Abstract


Penelitian ini difokuskan pada “Analisis Buku Teks Kurikulum 2013 sebagai Sumber Belajar Pendidikan Kewarganegaraan pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Syan Kabupaten Melawi”. Tujuan penelitian ini; (1) isi materi buku teks Kurikulum 2013 sebagai sumber belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sayan Kabupaten Melawi (2) manfaat buku teks Kurikulum 2013 sebagai sumber belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sayan Kebupaten Melawi. Metode penelitian menggunakan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpul data yang digunakan teknik komunikasi langsung, teknik observasi tidak langsung, dan teknik dokumenter. Alat pengumpul data yang digunakan yakni, panduan wawancara, panduan observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menujukkan bahwa; (1) isi materi buku teks Kurikulum 2013 sebagai sumber belajar siswa siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sayan Kabupaten Melawi yaitu kesesuaian materi dengan standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD), kesesuaian materi dengan kurikulum, keakuratan materi, mendorong keingintahuan siswa, subtansi keilmuwan dan life skill, serta pengayaan (2) manfaat buku teks Kurikulum 2013 sebagai sumber belajar siswa kelas VII Negeri 2 Sayan Kabupaten Melawi yakni, sebagai bahan belajar yang serius, sebagai bahan ajar yang mudah, bagi guru buku teks berarti keamanan, pentunjuk dan bantuan dalam proses pembelajaran.

Keywords


Buku Teks Kurikulum 2013, Sumber Belajar, Pendidikan Kewarganegaraan

Full Text:

Full text

References


Efendi, A. (2015) Beberapa Catatan Tentang Buku Teks Pelajaran di Sekolah. http://ejournal.iainpurwokerto.ac.id/index.php/insania/article/view/334 [diakses 22 Mei 2019]

Jamaludin, S. (2009) Model-Model, Media dan Strategi Pembelajaran Kontektual Inovatif. : CV. Yrama Widya

Kemendikbud. 2014. Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Mulyasa. (2013). Pengembangan Kurikulum di Indonesia 1947-2013. Jakarta: Prestasi Pustaka

Muslich, M. (2010).Text Book Writing. Dasar-Dasar Pemahaman Penulisan dan Pemakaian Buku Teks. Jakarta ISBN

Peraturan Pemerintah No.20 Tahun 2013 Standar Pendidikan Nasional: Jakarta Depdikbud

Peraturan Pemerintah No.20 Tahun 2013 Standar Pendidikan Nasional: Jakarta Depdikbud

Pramana, Sriasih & Gunatama (2017). Analisis Kesesuaian Materi Buku Teks Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VII dengan Karakteristik Siswa Kelas VII A7 di SMPN 1 Singaraja. E-Journal Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Volume : 7 No:2 Tahun 2017). http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBS/article/download/14985/9131 [diakses 20 Mei 2019]

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Saraswati, Agung & Sudarma. (2016). Analisis Buku Teks Siswa Kurikulum 2013 Ditinjau dari Aspek Desain Pesan Pembelajaran Kelas IV Sekolah Dasar. e-Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Teknologi Pendidikan (Vol: 5 No: 2 Tahun 2016.http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/download/7770/5303 [diaksess 21 Mei 2019]




DOI: http://dx.doi.org/10.31571/pkn.v3i1.1094

Article Metrics

Abstract view : 331 times
Full text - 160 times

Article Metrics

Abstract view : 331 times
Full text - 160 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 IKIP PGRI PONTIANAK

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan


Published by

IKIP PGRI Pontianak,
Jl. Ampera No.88, Sungai Jawi, Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78116
Telp. (0561) 748219
E-mail: hdrianto@yahoo.com


p-ISSN: 2337-8891 | e-ISSN: 2598-9510


View Stats