ANALISIS BUKU TEKS KURIKULUM 2013 SEBAGAI SUMBER BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 SAYAN KABUPATEN MELAWI

Authors

  • Dada Suhaida IKIP PGRI Pontianak
  • Ade Suhandra SMPN 2 Sayan Kab. Melawi

DOI:

https://doi.org/10.31571/pkn.v3i1.1094

Keywords:

Buku Teks Kurikulum 2013, Sumber Belajar, Pendidikan Kewarganegaraan

Abstract

Penelitian ini difokuskan pada “Analisis Buku Teks Kurikulum 2013 sebagai Sumber Belajar Pendidikan Kewarganegaraan pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Syan Kabupaten Melawiâ€. Tujuan penelitian ini; (1) isi materi buku teks Kurikulum 2013 sebagai sumber belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sayan Kabupaten Melawi (2) manfaat buku teks Kurikulum 2013 sebagai sumber belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sayan Kebupaten Melawi. Metode penelitian menggunakan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpul data yang digunakan teknik komunikasi langsung, teknik observasi tidak langsung, dan teknik dokumenter. Alat pengumpul data yang digunakan yakni, panduan wawancara, panduan observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menujukkan bahwa; (1) isi materi buku teks Kurikulum 2013 sebagai sumber belajar siswa siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sayan Kabupaten Melawi yaitu kesesuaian materi dengan standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD), kesesuaian materi dengan kurikulum, keakuratan materi, mendorong keingintahuan siswa, subtansi keilmuwan dan life skill, serta pengayaan (2) manfaat buku teks Kurikulum 2013 sebagai sumber belajar siswa kelas VII Negeri 2 Sayan Kabupaten Melawi yakni, sebagai bahan belajar yang serius, sebagai bahan ajar yang mudah, bagi guru buku teks berarti keamanan, pentunjuk dan bantuan dalam proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Dada Suhaida, IKIP PGRI Pontianak

Dosen Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, IKIP PGRI Pontianak

Ade Suhandra, SMPN 2 Sayan Kab. Melawi

Guru SMPN 2 Sayan Kab. Melawwi

References

Efendi, A. (2015) Beberapa Catatan Tentang Buku Teks Pelajaran di Sekolah. http://ejournal.iainpurwokerto.ac.id/index.php/insania/article/view/334 [diakses 22 Mei 2019]

Jamaludin, S. (2009) Model-Model, Media dan Strategi Pembelajaran Kontektual Inovatif. : CV. Yrama Widya

Kemendikbud. 2014. Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Mulyasa. (2013). Pengembangan Kurikulum di Indonesia 1947-2013. Jakarta: Prestasi Pustaka

Muslich, M. (2010).Text Book Writing. Dasar-Dasar Pemahaman Penulisan dan Pemakaian Buku Teks. Jakarta ISBN

Peraturan Pemerintah No.20 Tahun 2013 Standar Pendidikan Nasional: Jakarta Depdikbud

Peraturan Pemerintah No.20 Tahun 2013 Standar Pendidikan Nasional: Jakarta Depdikbud

Pramana, Sriasih & Gunatama (2017). Analisis Kesesuaian Materi Buku Teks Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VII dengan Karakteristik Siswa Kelas VII A7 di SMPN 1 Singaraja. E-Journal Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Volume : 7 No:2 Tahun 2017). http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBS/article/download/14985/9131 [diakses 20 Mei 2019]

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Saraswati, Agung & Sudarma. (2016). Analisis Buku Teks Siswa Kurikulum 2013 Ditinjau dari Aspek Desain Pesan Pembelajaran Kelas IV Sekolah Dasar. e-Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Teknologi Pendidikan (Vol: 5 No: 2 Tahun 2016.http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/download/7770/5303 [diaksess 21 Mei 2019]

Downloads

Published

2019-06-17

How to Cite

Suhaida, D., & Suhandra, A. (2019). ANALISIS BUKU TEKS KURIKULUM 2013 SEBAGAI SUMBER BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 SAYAN KABUPATEN MELAWI. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 3(1), 26–33. https://doi.org/10.31571/pkn.v3i1.1094

Issue

Section

Artikel Penelitian