MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PPKN MENGGUNAKAN METODE CREATIVE PROBLEM SOLVING DI KELAS XI MIA 2 SMAN 1 KUBU

Heni Widiastuti

Abstract


Tujuan penelitia ini adalah untuk mengetahui penerapan Metode Creative Problem Solving dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas XI MIA 2 SMAN 1 Kubu. Secara khusu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan Model Creative Problem Solving pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di kelas XI MIA 2 SMAN 1 Kubu dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan Metode Creative Problem Solving pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di Kelas XI MIA 2 SMAN 1 Kubu. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel tindakan dan variabel hasil. Variabel tindakan dalam penelitian ini adalah Metode Creative Problem Solving. Menurut Osborn (Miftahul Huda 2013: 297) “Creative Proble Solving adalah metode untuk menyelesaikan masalah secara kreatif sadangkan variabel hasil dalam penelitian ini adalah hasil belajar. Teknik pengupul data yang dilakukan pada penelitian ini adalah teknik observasi langsung, teknik pengukuran dan teknik dokumenter. Secara khusus dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: Pelaksanaan metode creative problem solving pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di kelas XI MIA 2 SMAN 1 Kubu sudah tergolong baik, karena proses pembelajaran berjalan sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), materi yang disajikan guru menarik perhatian siswa, langkah-langkah metode creative problem solving, sehingga aktivitas siswa dalam bertanya dan menjawab mulai terlatih dan siswa berani untuk mengeluarkan pendapatnya dalam menjawab pertanyaan yang diberikan dan hasil belajar siklus I dan siklus II terdapat peningkatan hasil belajar sebesar 83,35 % dengan kategori interpretasi tinggi.

Keywords


Hasil Belajar, Metode Creative Problem Solving

Full Text:

Full text

References


Aris Shoimin (2017). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta. AR-RUZZ MEDIA

Aunurrahman (2012). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Hamid Darmadi (2012). Pengantar Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta

Herlina, (2015). Pengaruh Penerapan Metode Creative Problem Solving Oleh Guru Pendidikan Kewarganegaraan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Sekolah Menengah Atas Negara 1 Sengah Temila Kabupaten Landak. Skripsi Sarjana Pada IKIP-PGRI Pontianak: Tidak diterbitkan

Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajran Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Jakni (2014). Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi. Bandung. Alfabeta.

Karunia Eka Lestari dan Mokhammad Ridwan Yudhanegara (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung. PT Refika Aditama.

Kunandar (2013). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada.

Miftahul Huda (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Paizaluddin dan Ermalinda (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung. Alfabeta

Rochiati Wiriaatmadja (2005). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta. PT. Rineka Cipta.

Sudarwan Danim (2010). Pengantar Kependidikan Bandung: Alfabeta

Sudaryono (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta, Graha Ilmu

Zuldafrial (2012). Evaluasi Pendidikan dan Penelitian Tindakan Kelas. Pontianak: STAIN Pontanak Press




DOI: http://dx.doi.org/10.31571/pkn.v3i1.1095

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan kewarganegaraan

IKIP PGRI Pontianak, Prodi PPKn
Jl. Ampera No.88, Sungai Jawi, Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78116
Telp. (0561) 748219
E-mail: hdrianto@yahoo.com


p-ISSN: 2337-8891 | e-ISSN: 2598-9510


View Stats