HUBUNGAN KEMAMPUAN MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL DENGAN AKTIVITAS BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DI SMP NEGERI 17 PONTIANAK

Authors

  • Hadi Rianto IKIP PGRI Pontianak
  • Syafrial Nur IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/pkn.v3i1.1098

Keywords:

media visual, aktivitas belajar, PPKN

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh gambaran mengenai hubungan kemampuan menggunakan media visual dengan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila Kewarganegaraan (PPKN) di kelas VIII SMP Negeri 17 Pontianak. Metode yang digunakan adalah studi korelasional, jumlah populasi yang tersedia adalah 205 orang siswa kelas VIII. Sampelnya adalah 30% dari tiap-tiap kelas yaitu 60 siswa. Teknik pengumpul data yang digunakan adalah teknik komunikasi tidak langsung dengan alat pengumpul data angket. Hasil penelitian untuk kemampuan guru dalam menggunakan media visual di kelas sebesar 80,03% dan tergolong baik. Sedangkan hasil penelitian untuk aktivitas belajar siswa diperoleh nilai 81,95% dan tergolong baik. Perhitungan korelasi menunjukkan angka yang signifikan, yaitu 0,58. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan guru menggunakan media visual dengan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PPKN di kelas VIII SMP Negeri 17 Pontianak. Artinya kemampuan guru dalam menggunakan media visual dalam pembelajaran bisa meningkatkan aktivitas belajar siswa. Secara terperinci kesimpulannya adalah sebagai berikut; 1) Kemampuan guru menggunakan media visual tergolong baik; 2) Aktivitas belajar siswa tergolong baik; 3) Terdapat hubungan yang signifikan antara hubungan kemampuan guru dalam menggunakan media visual dengan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PPKN Artinya, semakin baik kemampuan guru menggunakan media visual dalam pembelajaran maka semakin tinggi pula aktivitas belajar siswa. Sebaliknya, apabila guru Pendidikan Kewarganegaraan tidak mampu dalam menggunakan media visual maka aktivitas belajar akan menurun.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Hadi Rianto, IKIP PGRI Pontianak

Dosen Program Studi PPPKN Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial IKIP PGRI Pontianak

Syafrial Nur, IKIP PGRI Pontianak

Dosen Program Studi PPPKN Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial IKIP PGRI Pontianak

References

Abin Syamsuddin Makmun. (2003). Psikologi Pendidikan. PT Rosda Karya Remaja, Bandung. Agustiani, Hendriati. (2006). Psikologi Perkembangan. PT Refika Aditama, Bandung.

Anas Sudijono. (2003). Pengantar Statistika Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Christianto, Nastiti. (2011).Angket Aktivitas Belajar. http://www.slideshare.net (diakses tanggal 2 Mei 2019)

Sadiman, dkk. (2012). MEDIA PENDIDIKAN Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Stephen Isaac dan William B Michael (2010). Handbook in Research and Evaluation. California: Edits Publisher.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Zainal Aqib. (2013). Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Downloads

Published

2019-06-17

How to Cite

Rianto, H., & Nur, S. (2019). HUBUNGAN KEMAMPUAN MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL DENGAN AKTIVITAS BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DI SMP NEGERI 17 PONTIANAK. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 3(1), 65–71. https://doi.org/10.31571/pkn.v3i1.1098

Issue

Section

Artikel Penelitian