PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN THINK-TALK-WRITE (TTW) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Authors

  • Ewaldus Odo Ventura PRODI PPKN IKIP PGRI Pontianak
  • Rohani Rohani IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/pkn.v3i1.1099

Keywords:

Hasil Belajar, Metode Think-Talk-Write.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian tindakan dan bentuk penelitiannya penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Terdapat peningkatan hasil belajar setiap siklusnya melalui penerapan metode pembelajaran Think-Talk-Write (TTW). Hasil belajar siklus I terdapat 18 orang siswa yang tuntas dan yang belum tuntas 11 orang siswa, nilai tertinggi 85 dan nilai terendah 55 dengan nilai rata-rata mencapai 71,93 dan ketuntasan klasikal mencapai 62%. Selanjutnya evaluasi hasil belajar siklus II terdapat 25 orang siswa yang tuntas dan yang belum tuntas 4 orang siswa , nilai tertinggi 90 dan nilai terendah 65, dengan nilai rata-rata 77,10 dan ketuntasan klasikal mencapai 86% dengan kategori tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ewaldus Odo Ventura, PRODI PPKN IKIP PGRI Pontianak

Program Studi PPKN Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial IKIP PGRI Pontianak

Rohani Rohani, IKIP PGRI Pontianak

Dosen Program Studi PPKN Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial IKIP PGRI Pontianak

References

Arikunto, S.,dkk, 2014, Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Burn, A. 2010, Doing Action Research In English Language Teaching A Guide For Pratitioners. Australia: Departemen Of Linguistich, Macquarie University.

Darmadi, H 2013. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Bandung: Alfabeta

....................2014. Pengantar Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung:Alfabeta

Gregory, S. C. H. 2013. The Importance Of Action Reseach In Teacher Education Program, Journal Issues In Educational Research. Volume 23 Number 2.p.

Rohani. 2017. Peningkatan Kemampuan Kognitif Mahasiswa Melalui Penerapan Model Course Review Horay Pada Mata Kuliah Pengantar Pendidikan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, Vol. 1, No. 1 Juni 2017, Hal 78-86.

Rohani dan Samsiar. 2017. Upaya Guru dalam Meningkatkan Civic Knowledge Siswa melalui Model Pembelajaran Controversial Issues pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Mujahidin Pontianak. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan. Vol. 7. No. 1. Hal 49-59.

Undang-Undang No. 20 Tahun 2002 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Yamin, M dan Ansari B.I. 20108. Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa. Jakarta. Gaung Persada Press.

Downloads

Published

2019-06-17

How to Cite

Ventura, E. O., & Rohani, R. (2019). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN THINK-TALK-WRITE (TTW) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 3(1), 72–84. https://doi.org/10.31571/pkn.v3i1.1099

Issue

Section

Artikel Penelitian