PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN THINK-TALK-WRITE (TTW) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
DOI:
https://doi.org/10.31571/pkn.v3i1.1099Keywords:
Hasil Belajar, Metode Think-Talk-Write.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian tindakan dan bentuk penelitiannya penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Terdapat peningkatan hasil belajar setiap siklusnya melalui penerapan metode pembelajaran Think-Talk-Write (TTW). Hasil belajar siklus I terdapat 18 orang siswa yang tuntas dan yang belum tuntas 11 orang siswa, nilai tertinggi 85 dan nilai terendah 55 dengan nilai rata-rata mencapai 71,93 dan ketuntasan klasikal mencapai 62%. Selanjutnya evaluasi hasil belajar siklus II terdapat 25 orang siswa yang tuntas dan yang belum tuntas 4 orang siswa , nilai tertinggi 90 dan nilai terendah 65, dengan nilai rata-rata 77,10 dan ketuntasan klasikal mencapai 86% dengan kategori tinggi.
Downloads
References
Arikunto, S.,dkk, 2014, Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Burn, A. 2010, Doing Action Research In English Language Teaching A Guide For Pratitioners. Australia: Departemen Of Linguistich, Macquarie University.
Darmadi, H 2013. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Bandung: Alfabeta
....................2014. Pengantar Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung:Alfabeta
Gregory, S. C. H. 2013. The Importance Of Action Reseach In Teacher Education Program, Journal Issues In Educational Research. Volume 23 Number 2.p.
Rohani. 2017. Peningkatan Kemampuan Kognitif Mahasiswa Melalui Penerapan Model Course Review Horay Pada Mata Kuliah Pengantar Pendidikan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, Vol. 1, No. 1 Juni 2017, Hal 78-86.
Rohani dan Samsiar. 2017. Upaya Guru dalam Meningkatkan Civic Knowledge Siswa melalui Model Pembelajaran Controversial Issues pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Mujahidin Pontianak. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan. Vol. 7. No. 1. Hal 49-59.
Undang-Undang No. 20 Tahun 2002 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Yamin, M dan Ansari B.I. 20108. Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa. Jakarta. Gaung Persada Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ewaldus Odo Ventura, Rohani Rohani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan prior to the publication.